10 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Cepat Diterima 

contoh surat lamaran kerja

Saat hendak melamar pekerjaan, tidak hanya CV atau daftar riwayat hidup yang harus dipersiapkan. Anda juga harus mempersiapkan surat lamaran sebagai dokumen tambahan yang berfungsi sebagai pembuka dokumen lain yang dilampirkan.

Kebanyakan pelamar berpikir bahwa surat lamaran tidak terlalu penting, padahal surat lamaran kerja adalah surat resmi yang sering digunakan oleh HRD dalam melihat first impression para kandidat. Sehingga tetap penting dan harus dipersiapkan. Nah, sebagai referensi berikut 10 contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, pasti cepat diterima. Simak selengkapnya berikut ini!

Struktur Surat Lamaran Kerja

Sebelum melihat contohnya, sangat penting untuk memahami struktur surat lamaran pekerjaan yang baik. Membuat struktur surat lamaran pekerjaan yang tepat dan teratur akan mempermudah dalam menyusun surat lamaran pekerjaan.

Berikut adalah struktur dasar dari surat lamaran pekerjaan:

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
  2. Lampiran yang disertakan dan nomor halaman.
  3. Alamat yang dituju.
  4. Salam pembuka yang sopan.
  5. Pembukaan paragraf.
  6. Isi surat.
  7. Pernyataan lampiran (jika ada).
  8. Penutup dan salam penutup surat.
  9. Tanda tangan dan nama penulis surat.

10 Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut ini adalah 11 contoh surat lamaran kerja sesuai dengan tujuan pekerjaan yang dilamar dan bisa Anda jadikan referensi.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK 

Contoh surat lamaran kerja diketik untuk lulusan SMK cukup simpel. Poin pentingnya adalah menjelaskan bahwa Anda merupakan pelamar dengan pendidikan terakhir SMK. Berikut contohnya.

contoh lamaran kerja lulusan SMK

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 

Selanjutnya, adalah contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris. Anda mungkin membutuhkannya untuk melamar pekerjaan di perusahaan multinasional, atau pun perusahaan nasional yang menggunakan basic bahasa Inggris. Contohnya adalah sebagai berikut.

contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Salah dan Perbaikannya

3. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk PT 

Sebagian orang memiliki cita-cita untuk bekerja di PT. Apalagi adanya kesempatan bekerja seluas-luasnya untuk berbagai latar belakang pendidikan, mulai dari SMA/SMK hingga lulusan S1. Supaya Anda tidak bingung berikut referensi surat lamaran kerja di PT.

Contoh lsurat amaran kerja untuk PT

Sumber: Kumparan

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Singkat

Beberapa perusahaan lebih menyukai surat lamaran yang singkat sehingga tidak membuang-buang waktu untuk membacanya. Eits meski singkat, dokumen ini tetap harus bisa menyampaikan maksud dan tujuan Anda untuk perusahaan. Tidak perlu bingung, berikut referensi surat lamaran kerja singkat untuk Anda. 

contoh surat lamaran pekerjaan yang baik

Sumber: Pinterest 

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Tidak terpatok pada perusahaan tertentu,  Anda bisa gunakan referensi satu ini untuk melamar berbagai pekerjaan. Mulai dari melamar menjadi staff hingga manajer, tinggal sesuaikan saja dengan diri Anda. 

contoh surat lamaran kerja umum

Baca Juga: Contoh Dokumen HR yang Butuh E-Meterai & Cara Pasangnya

6.  Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank 

Bekerja di bank mungkin jadi impian sebagian lulusan ekonomi. Potensi karir yang cemerlang dan gaji yang besar jadi pertimbangannya. Supaya cepat diterima, Anda bisa gunakan referensi berikut ini, dijamin lebih maju daripada kandidat lainnya. 

contoh surat lamaran kerja bank

7. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate 

Fresh graduate biasanya belum memiliki banyak pengalaman, tetapi tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa melamar pekerjaan yang diimpikan. Simak referensi surat lamaran kerja untuk fresh graduate berikut ini. 

contoh surat lamaran kerja fresh graduate

Sumber: Scribd

8.  Contoh Surat Lamaran Kerja Bidang Kreatif

Saat ini banyak sekali lowongan pekerjaan di bidang kreatif, meski mengedepankan portofolio dalam penilaiannya. Anda juga wajib membuat surat lamaran pekerjaan sebagai pembuka lho. Berikut contohnya untuk referensi Anda.

contoh surat lamaran kerja bidang kreatif

Baca Juga: 10 Contoh Surat Permohonan Magang dan Cara Membuatnya

9.  Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko 

Kemudian, adalah untuk posisi karyawan toko. Anda bisa memberikan surat lamaran singkat namun tetap jelas maksud serta tujuannya. Berikut contoh surat lamaran kerja di Toko yang wajib Anda tahu!

contoh surat lamaran kerja di toko

10. Surat Lamaran Kerja Guru

Selanjutnya, bagi Anda yang berprofesi sebagai guru dan hendak melamar pekerjaan ke sebuah sekolah, Anda perlu memerhatikan format surat lamaran kerja guru seperti berikut ini.

contoh surat lamaran kerja guru

Sumber: Pinterest

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Proses penulisan surat lamaran kerja harus memperhatikan berbagai aturan terkait dengan fisik surat, struktur, tampilan, serta memiliki esensi yang terkait dengan cara penulisan, pilihan kata, dan tujuan yang ingin disampaikan.

Surat lamaran kerja yang baik dan sesuai dapat disampaikan melalui email atau pos dengan menggunakan amplop yang ditujukan untuk lamaran kerja.

Setelah melihat contoh surat lamaran kerja, penting untuk memperhatikan tips utama dalam menyusunnya. Berikut adalah beberapa tips dan panduan dalam menyusun surat lamaran kerja yang baik dan sesuai:

  1. Gunakan bahasa yang sopan dan tepat.
  2. Susun dengan format penulisan yang terstruktur dan jelas, tanpa kelebihan kata.
  3. Sertakan informasi yang diperlukan oleh perusahaan yang Anda lamar.
  4. Lampirkan dokumen pendukung lainnya, misalnya seperti sertifikat yang relevan.
  5. Pastikan tidak ada yang terlewat dalam format penulisan.

Kemudian, berikut adalah struktur dasar dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan sesuai:

  1. Tempat dan tanggal penulisan.
  2. Nama perusahaan yang dituju.
  3. Salam pembuka yang sopan.
  4. Pengantar singkat.
  5. Rincian tentang diri Anda (meliputi nama, tempat tanggal lahir, pendidikan, dan alamat).
  6. Pengalaman kerja (bisa dilampirkan dengan fotokopi surat pengalaman kerja) dan keterampilan yang dimiliki.
  7. Penutup yang sopan (misalnya dengan ucapkan banyak terima kasih).

Itulah 11 contoh surat lamaran yang baik dan benar. Dengan penulisan yang tepat, tentunya HRD akan menilai Anda lebih baik sebagai bahan pertimbangan dan membuat Anda lebih mudah diterima di perusahaan maupun lembaga lainnya. Jangan lupa untuk melampirkan ucapkan terima kasih dan nama Anda di akhir menulis surat lamaran kerja.

Nah, jika Anda berencana untuk membuat dan mengirimkan surat lamaran secara digital, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan tanda tangan digital dalam menandatanganinya. Anda dapat menggunakan aplikasi tanda tangan digital yang telah tersertifikasi seperti Privy untuk menjamin keamanan identitas digital Anda.

Jadi, tidak hanya membantu Anda menandatangani dokumen secara digital, Privy juga membantu memastikan bahwa dokumen tersebut absah dengan adanya sertifikat digital dari pemilik tanda tangan. Tentunya, menggunakan tanda tangan digital di surat lamaran Anda akan menambah kesan profesionalitas dan impresi baik di mata HRD.

Tertarik mencoba? Yuk unduh aplikasi Privy di AppStore atau PlayStore, dan mulai registrasi sekarang!

Tinggalkan Balasan