10 Contoh Surat Permohonan Magang dan Cara Membuatnya

karakter laki-laki dan dokumen

Pemagangan atau magang adalah kegiatan non-akademis yang umumnya dilakukan oleh siswa maupun mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja di bidangnya masing-masing. Bagi mahasiswa, magang memiliki keuntungan seperti, tambahan pengalaman kerja, potensi menjadi karyawan tetap, memperoleh surat rekomendasi dari atasan hingga mendapatkan uang saku tambahan. 

Bagi perusahaan dan instansi pemerintahan yang dijadikan tempat magang, pemagangan menyediakan supply tenaga kerja yang lebih terjangkau. Selain itu, memberikan kesempatan magang untuk mahasiswa juga bisa meningkatkan brand awareness perusahaan. 

Magang bisa dilakukan baik di perusahaan maupun instansi pemerintahan. Namun seringkali, tidak semua instansi membutuhkan anak magang. Oleh sebab itu, dokumen seperti surat izin magang dibutuhkan. 

Apa itu Surat Permohonan Magang?

Surat permohonan magang adalah dokumen yang menunjukkan ketertarikan siswa atau mahasiswa terkait untuk menjadi tenaga kerja magang di sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan. Surat resmi ini bisa dibuat secara mandiri oleh mahasiswa yang bersangkutan atau dibuat dengan format tertentu oleh pihak kampus. 

Selain identitas diri mahasiswa, dokumen ini biasanya juga berisi keterangan periode magang dan jabatan yang diinginkan. Hal ini karena umumnya magang atau internship memiliki jangka waktu yang terbatas. 

Contoh Surat Magang

1. Contoh surat permohonan magang di instansi pemerintahan

Instansi pemerintahan, seperti Badan Pusat Statistik (BPS), Bank Indonesia atau Kementerian tidak jarang membuka peluang magang dengan durasi tertentu. Surat izin magang untuk instansi seperti ini bisa dibuat secara mandiri maupun sesuai format dari kampus. Hal ini tergantung dengan ketentuan dari masing-masing instansi. 

surat magang ke instansi pemerintahan
surat permintaan magang pemerintahan

2. Contoh surat permohonan magang mahasiswa/fresh graduate

Bagi mahasiswa lulusan baru (fresh graduate), internship adalah peluang untuk mendapatkan pengalaman kerja pertama sekaligus mendapatkan peluang untuk menjadi karyawan tetap. Hanya saja, pada tahap ini umumnya mereka sudah tidak bisa meminta surat izin dan pengantar dari kampus lagi, sehingga harus membuatnya sendiri. Berikut ini contoh surat izin magang untuk mahasiswa yang baru lulus S1 maupun S2:

surat permintaan magang

3. Contoh surat izin magang dari kampus

Saat ini, kampus tidak hanya dituntut untuk mengajarkan teori kepada mahasiswa tetapi juga dituntut untuk menjembatani karir mahasiswa tersebut kedepannya. Maka dari itu, tidak heran jika kini banyak kampus yang bekerjasama dengan industri dan membuat program khusus yang memungkinkan magang dihitung sebagai bagian dari kurikulum. 

contoh surat magang dari kampus

4. Contoh surat permohonan magang kelompok

Anda ingin magang bersama teman-teman Anda, maka contoh surat magang berikut ini cocok untuk Anda jadikan sebagai referensi:

surat permohonan magang kelompok

5. Contoh surat permohonan magang guru

Sebagai tenaga kependidikan, guru seringkali tidak hanya harus memahami bagaimana cara mengajar yang baik, tetapi juga memahami bahan yang diajarkan kepada muridnya. Maka dari itu, tidak heran jika untuk meningkatkan keterampilan, sekolah tidak hanya meminta guru-guru tertentu untuk mendapatkan sertifikasi, tetapi juga untuk menjadi peserta magang. 

surat permohonan magang guru

6. Contoh surat izin magang di rumah sakit

Salah satu tahap yang umumnya harus dilewati oleh tenaga kesehatan, baik itu dokter, perawat maupun ahli gizi adalah tahapan magang di rumah sakit. Untuk lulusan baru, tidak jarang universitas bekerja sama dengan rumah sakit tertentu sehingga lulusan baru dari universitas mereka bisa menjadi tenaga magang di rumah sakit tersebut. 

Namun tidak jarang juga, tenaga kesehatan yang sudah berstatus sebagai karyawan tetap diminta untuk magang lagi demi meningkatkan kompetensi. Magang kali ini umumnya di rumah sakit dengan skala yang lebih besar. Pada contoh di bawah ini misalnya, perawat dari rumah sakit di daerah diminta magang ke RSUP. Dr. Cipto Mangunkusumo yang notabene merupakan salah satu rumah sakit terbaik di Indonesia. 

surat permohonan magang di rumah sakit

7. Contoh surat permohonan magang dalam Bahasa Inggris

Saat ini, kemampuan Bahasa Inggris telah menjadi nilai tambah penting untuk diterima bekerja di sebuah perusahaan, khususnya di beberapa posisi tertentu. Agar lamaran magang Anda lebih mudah diterima, Anda bisa menunjukkan kemampuan Bahasa Inggris Anda di surat ini. Pastikan gramatikal surat ini sudah sesuai dengan tata bahasa yang berlaku, sebab surat resmi tentu harus disusun dalam bahasa yang formal. Sertakan juga dokumen sertifikat, seperti IELTS atau TOEFL sebagai bukti kalau Anda memang mampu menulis dalam Bahasa Inggris. 

surat permohonan magang bahasa inggriss

8. Contoh surat izin magang di Hotel

Industri lain yang seringkali membutuhkan “anak magang” adalah industri perhotelan, khususnya di masa peak season, seperti tahun baru, liburan sekolah dan lain sebagainya. Tenaga para intern ini dibutuhkan sebagai tenaga tambahan seiring dengan membludaknya jumlah pengunjung. Jika Anda tertarik untuk melamar menjadi intern di perusahaan hospitality ini, maka berikut contoh surat magang yang cocok untuk Anda:

surat permohonan magang di hotel

9. Contoh surat permohonan magang di Kantor Advokat

contoh surat permohonan magang di advokat

10. Contoh surat izin magang smk

surat permohonan magang di SMK

Tidak hanya mahasiswa dan praktisi, magang seringkali juga dilakukan oleh anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal ini karena, fokus SMK memang untuk menyiapkan individu yang siap bekerja, sehingga mau tidak mau harus praktik langsung dengan industri. 

Cara Membuat Surat Permohonan Magang

Sekolah atau kampus Anda tidak memiliki format surat izin magang sendiri? Maka, Anda bisa membuatnya secara manual dengan menggunakan aplikasi microsoft word atau Google docs. Caranya adalah:

1. Buat kop surat

Tulis nama, alamat, nomor telepon dan alamat email sekolah atau kampus Anda di bagian tengah halaman. Lalu beri garis dua di bagian bawah tulisan tersebut. Pastikan garis dua tersebut cukup tebal dan Anda memiliki ruang yang cukup untuk meletakkan logo di bagian kiri kop. 

2. Tuliskan Tanggal Penulisan Surat

Jangan lupa tuliskan tanggal, perihal dan nama perusahaan atau instansi tujuan. 

3. Masukkan Data Diri

Untuk bagian data diri, Anda bisa membuat tabel yang berisi data diri di excel terlebih dahulu supaya rapi. Hilangkan garis-garis tepi tabel tersebut dengan mengklik kanan tabel dan memilih icon “no border”, lalu salin dan tempelkan ke file word. 

4. Beri Tanda Tangan

Siapkan lokasi tanda tangan. Jika surat ini hanya membutuhkan tanda tangan Anda saja, maka siapkan lokasi tanda tangan di bagian kanan bawah lembar, sementara jika Anda membutuhkan tanda tangan orang lain juga, maka tempat tanda tangan Anda tetap di kanan, sementara orang lain tersebut di kiri. 

Untuk mempermudah proses pembuatan surat izin magang Anda, Anda bisa menggunakan e-sign dari Privy. Dengan fitur ini, Anda bisa menempelkan tanda tangan dan meterai secara langsung ke dokumen digital dan mengirimkan dokumen digital tersebut ke pihak lain yang Anda butuhkan tanda tangannya. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu mencetak dokumen dan mengantarkan dokumen tersebut ke rumah pihak lain atau bahkan ke instansi tujuan Anda secara offline. Mudah bukan?

Tinggalkan Balasan