7 Aplikasi Pembuat Invoice Terbaik, Bisa Untuk Desktop dan Mobile

aplikasi pembuat invoice terbaik

Pada zaman serba digital seperti sekarang ini, perusahaan semakin dimudahkan dengan munculnya aplikasi pembuat invoice. Cara manual menggunakan template Words atau Excel sudah tidak relevan lagi karena sudah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi berbasis internet. 

Perusahaan juga bisa mengubah template disesuaikan kebutuhan dan tinggal memasukkan informasi yang diperlukan. Terlihat sangat mudah, bukan? 

Untuk semakin meningkatkan produktivitas perusahaan, berikut ada 7 aplikasi pembuat invoice terbaik yang bisa digunakan untuk desktop dan mobile. Simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini!

1. QuickBooks Online Accounting

laptop dan handphone dengan lembar invoice digital

Aplikasi pertama ini merupakan software invoice dan accounting yang bisa bantu proses pembuatan tanda bukti. QuickBooks dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang dapat optimalkan operasional perusahaan.

Fitur-fitur seperti manajemen keuangan, pelacakan inventaris, melihat cash flow, mencari laporan laba-rugi, dan masih banyak lagi. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan user untuk mengaksesnya dari manapun tanpa batasan waktu. Integrasi dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya pun dapat dilakukan hanya melalui 1 aplikasi ini saja. Sangat efektif, bukan?

Siapa pun juga bisa mengontrol aktivitas di dalam aplikasi selama memiliki akses akun yang sama. QuickBooks tersedia di Apple Store dan Google Play Store serta terdapat versi desktop dan mobile

Untuk menggunakan fitur-fitur di dalamnya, Anda akan diberikan kesempatan 30 hari gratis pemakaian sebagai pengguna baru. Jika ingin melanjutkan penggunaan aplikasi, Anda harus membayar biaya subscription agar semakin maksimal dalam memanfaatkan fitur aplikasi. 

2. Zoho Apps

Aplikasi berikutnya ini merupakan aplikasi invoice gratis yang bisa diakses dan digunakan dengan mudah oleh siapa saja. Zoho apps dilengkapi dengan fitur akuntansi dan template invoice yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. 

Ada beberapa fitur lain yang juga dapat bantu maksimalkan operasional bisnis, seperti pengaturan bank otomatis, jadwal faktur, tanda terima pembayaran beragam, dan masih banyak lagi.  

Pada dasarnya, Zoho apps adalah alat bisnis berbasis web yang memang dikhususkan untuk keperluan perusahaan. Selain untuk keperluan pembuatan invoice, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membuat spreadsheets, blog, presentasi, dan lain sebagainya. 

Aplikasi ini tawarkan kemudahan dalam satu media sehingga perusahaan tidak perlu mengintegrasikan banyak aplikasi yang rumit. 

3. FreshBooks

FreshBooks adalah aplikasi bikin invoice online yang dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti manajemen waktu dan pelacakan pengeluaran. Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di perangkat Android atau iOS Anda.

FreshBooks ini bisa diakses melalui browser desktop maupun aplikasi mobile. Jadi, Anda dapat tetap menjalankan operasional perusahaan walaupun tidak sedang berada di kantor. Selain itu, aplikasi ini juga tawarkan kemudahan untuk mengubah faktur dan mengirimkannya ke klien dengan cepat. 

FreshBooks juga menyediakan integrasi dengan aplikasi bisnis lainnya seperti aplikasi pembayaran. Dengan begitu, metode pembayaran atau penagihan barang terhutang dengan perusahaan luar negeri pun tetap bisa berjalan lancar. 

Keunggulan lainnya dari FreshBooks adalah bisa digunakan secara offline. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika internet sedang buruk atau terputus karena Anda tetap bisa membuat invoice penagihan ke customer atau klien. Invoice yang dibuat secara offline akan disinkronkan secara otomatis setelah terkoneksi kembali dengan internet. 

4. Wave Apps 

Aplikasi invoice gratis selanjutnya adalah Wave apps. Wave apps merupakan software invoice berbasis akuntansi yang bisa diakses melalui aplikasi mobile atau desktop

Wave apps dikhususkan untuk para kontraktor, pemilik usaha kecil, dan freelancer. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan untuk bidang pekerjaan lain menggunakan aplikasi ini.

Anda dapat mengirim faktur menggunakan template yang sudah ada secara gratis serta menambahkan metode pembayaran sesuai rekening Anda. Jadi, proses pembayaran dan penagihan pun bisa segera dilakukan karena tersedianya berbagai opsi metode pembayaran.

Selain itu, Wave apps juga memungkinkan pengguna untuk melacak atau memantau pendapatan dan pengeluaran dan mengelola faktur customer/klien.

5. Invoice2go Apps

Invoice2go adalah aplikasi invoice iPhone gratis yang populer. Invoice2go juga bisa diunduh di android ataupun desktop. Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengguna dalam mengelola bisnis mereka. 

Beberapa fitur unggulan dari Invoice2go adalah seperti fitur pengiriman pesan, manajemen customer/klien, dan tentu saja beragam template invoice. Namun, ada fitur unik yang bermanfaat untuk keberjalanan perusahaan, yaitu fitur pelacakan pembayaran. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk melihat status penagihan invoice apakah sudah dibayar oleh customer atau belum. 

Metode pembayaran yang ditawarkan pun cukup mudah dengan adanya fitur QR code. Customer Anda bisa dengan mudah melakukan pembayaran dengan memindai QR code yang terkoneksi dengan aplikasi Invoice2go dan rekening perusahaan.

6. Free Invoice Generator

Aplikasi invoice android berikutnya adalah Free Invoice Generator. Pembuatan tanda bukti berbasis online ini memudahkan pengguna untuk menggunakannya karena tidak perlu mendaftar akun baru. Anda bisa langsung mengaksesnya di situs internet secara gratis. 

Anda bisa langsung mengisi formulir yang tersedia dengan memasukkan informasi seputar nama, alamat, jumlah item yang dipesan, harga item, metode pembayaran, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan logo atau lambang perusahaan ke dalam invoice

Setelah semua informasi sudah dimasukkan dengan sesuai, Anda bisa langsung mencetak atau mengunduh bukti invoice tersebut. 

7. Billdu Apps

Aplikasi pembuat invoice terbaik yang terakhir adalah Billdu apps. Aplikasi ini menawarkan pembuatan dan pengeditan invoice untuk perusahaan Anda. 

Anda juga dapat melakukan manajemen estimasi pesanan agar penagihan biaya produk atau jasa terhutang bisa selesai tepat waktu. Ada juga fitur dasbor bisnis untuk bantu memantau performa perusahaan Anda. 

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Apple Store atau Google Play Store. Setiap pengguna bisa mengakses Billdu dari mana saja termasuk aplikasi mobile dan desktop tanpa batasan jarak dan waktu. 

Semua aplikasi di atas menyediakan fitur-fitur bermanfaat yang dapat membantu Anda membuat invoice dengan mudah dan cepat. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda dan tentunya bantu optimalkan operasional perusahaan.

Nah, jika Anda membuat invoice digital menggunakan beberapa aplikasi di atas untuk transaksi besar atau di atas 5 juta, akan lebih aman jika Anda juga membubuhkan meterai 10.000 di atasnya. Fungsinya adalah sebagai antisipasi jika terjadi sengketa di masa depan. Dengan begitu, invoice tersebut dapat digunakan sebagai bukti di pengadilan.

Untuk mempermudah dan mempercepat proses administrasi invoice digital, Anda dapat sekaligus menggunakan e-meterai dan tanda tangan digital dari Privy. Tidak perlu khawatir seputar keaslian dan keamananya, sebab Privy melakukan sistem enkripsi dan deskripsi pada e-meterai dan tanda tangan digital tersebut seperti halnya cryptocurrency.

Selain itu, nantinya akan muncul sertifikat elektronik yang berisi data pemberi tanda tangan digital dari dokumen yang ditandatangani. Artinya, jika sewaktu-waktu terdapat sengketa, pihak pemberi Ttd digital tersebut tidak akan bisa menyanggahnya.

Tentunya, tanda tangan digital dari Privy juga sudah diakui oleh institusi terkait seperti Kementerian Dalam Negeri, Bank Indonesia, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika. Begitupula dengan e-meterai Privy yang merupakan asli buatan PERURI (Percetakan Uang Republik Indonesia). Jadi, tidak perlu khawatir untuk menggunakannya dalam dokumen-dokumen resmi seperti invoice bermeterai tadi.

Nah untuk mengetahui cara menggunakan tanda tangan digital serta cara membeli e-meterai di Privy, Anda bisa membaca uraiannya di artikel kami sebelumnya. Sekian, semoga informasi di atas bermanfaat!

Tinggalkan Balasan