/E-Meterai: Definisi, Fungsi, dan Kegunaan
laptop dengan dokumen yang dibubuhi meterai elektronik di dalamnya.

E-Meterai: Definisi, Fungsi, dan Kegunaan

Seiring dengan perubahan zaman, dokumen fisik mulai ditinggalkan dan tergantikan oleh dokumen digital. Kecanggihan teknologi mendorong berkurangnya penggunaan kertas dalam kehidupan sehari-hari, termasuk pada bisnis. 

Sekarang ini, dokumen bisnis lebih banyak dalam bentuk elektronik daripada fisik. Alhasil, penggunaan meterai fisik pun bergeser ke e-meterai. E-meterai adalah meterai elektronik yang dibubuhkan pada dokumen digital. Untuk tahu lebih lanjut mengenai fungsi, kegunaan, dan cara menggunakan e-meterai, simak ulasan berikut ini.  

Mengenal Apa Itu e-Meterai 

Penggunaan dokumen fisik berupa kertas dalam bisnis sekarang ini sudah semakin berkurang. Dokumen bisnis seperti surat perjanjian, data nasabah, hingga surat persetujuan kerja sama sekarang sudah banyak dalam bentuk digital. Alhasil, penggunaan meterai dalam dokumen penting pun bergeser ke meterai digital.  

Meterai menurut Undang-Undang No. 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai, merupakan label atau carik dalam bentuk tempel, elektronik, atau bentuk lainnya yang memiliki ciri dan mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang digunakan untuk membayar pajak atas dokumen.

E-meterai merupakan meterai digital yang khusus digunakan pada dokumen elektronik. Dokumen elektronik merupakan alat bukti hukum yang sah, berdasarkan Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 (UU ITE) pada Pasal 5 Ayat (1). Dengan adanya dasar hukum tersebut, maka kedudukan dokumen elektronik sejajar dengan dokumen kertas.

Fungsi e-Meterai 

Salah satu fungsi utama e-meterai adalah membayar pajak atas dokumen elektronik, sekaligus terhubung dengan sistem yang membuat dokumen tersebut. Di samping itu, e-meterai berfungsi sebagai suatu dokumen elektronik yang dapat digunakan sebagai alat bukti di pengadilan. E-meterai ini dapat digunakan pada:

  1. Dokumen yang dibuat sebagai alat untuk menerangkan tentang suatu kejadian yang bersifat perdata seperti surat perjanjian, dokumen transaksi surat berharga, akta pejabat pembuat akta tanah akta notaris, surat berharga, dan dokumen lelang.

  2. Dokumen yang menyatakan jumlah uang lebih dari Rp5 juta, dengan ketentuan menjelaskan penerimaan uang dan berisi pernyataan bahwa utang (baik sebagian maupun seluruhnya) telah dilunasi.

Baca Juga: Tingkatkan Layanan, Privy Luncurkan E-Meterai dan Lulus Akreditasi Webtrust For CA

 

meterai elektronik tidak hanya efisien tapi juga memiliki manfaat lainnya.
Meterai elektronik menjadi inovasi untuk memfasilitasi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia

Manfaat e-Meterai 

Manfaat meterai elektronik adalah untuk memudahkan masyarakat dalam membubuhkan meterai pada dokumen digital. Dengan adanya meterai digital ini, Anda tidak perlu lagi mencetak dokumen elektronik menjadi bentuk fisik, kemudian ditempel meterai, lalu dipindai ulang agar menjadi bentuk digital. Anda hanya perlu membubuhkan e-meterai ke dokumen digital. Berikut manfaat lebih lanjut dari meterai elektronik.

  1. Mempermudah Penggunaan Meterai

    E-meterai membuat proses pembelian hingga penggunaan meterai pada dokumen semakin efisien. Alih-alih harus membeli meterai fisik kemudian menempelnya pada dokumen, Anda bisa membelinya secara online melalui mitra resmi e-meterai, seperti Privy. Bahkan dengan menggunakan Privy, Anda juga dapat sekaligus melakukan pembubuhan e-meterai pada dokumen elektronik.

  2. Meminimalkan Pemalsuan Meterai

    Meterai digital bermanfaat dalam meminimalisasi pemalsuan dokumen. Ada fitur validasi untuk melakukan pembuktian secara forensik oleh Perum Peruri. Tujuannya untuk menjaga meterai dari tindak pemalsuan. Pada e-meterai, terdapat code generator dari sistem dan disebarkan lewat sistem saluran atau channeling. Di dalam sistem tersebut, dibuat sebuah akun dompet digital berisi total nilai meterai yang dibayar.

  3. Menambah Sumber Pendapatan Negara

    Di sisi lain, manfaat dari meterai digital adalah menambah pendapatan negara. Berkat biaya yang dibayarkan untuk tiap e-meterai, negara memiliki sumber pendapatan baru yang nantinya akan difungsikan juga untuk masyarakat. Bahkan bukan tidak mungkin jika pendapatan negara dari meterai fisik akan berganti dengan meterai digital.

Terbukti bahwa e-meterai adalah dokumen elektronik yang amat penting dalam bisnis. Oleh karena itu, sekarang Anda bisa mulai gunakan meterai elektronik untuk dokumen digital melalui Privy. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan registrasi akun enterprise Privy terlebih dulu. Ingin menggunakan e-Meterai pada bisnis Anda? Klik di sini untuk register akun enterprise Privy sekarang juga!

Be Sociable, Share!