Identitas Digital Menjadi Kunci Memajukan Negara

header identitas digital kunci negara

Kredensial identitas adalah kebutuhan penting bagi orang-orang di seluruh dunia, terutama dalam masyarakat modern. Namun, orang-orang yang tinggal di pedesaan dan daerah terpencil sering kali mengalami kesulitan untuk mendapatkan identitas resmi.

Kurangnya identifikasi akan menciptakan hambatan bagi setiap individu yang terkena dampak. Di sinilah sistem identifikasi digital yang inklusif dan terpercaya memainkan perannya. 

Tanpa cara yang aman dan tepercaya untuk membuktikan identitas, individu tidak akan dapat mengakses layanan yang dibutuhkan, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Oleh karena itu, membangun sistem identifikasi digital diperlukan untuk memperkuat transparansi, efisiensi, dan memungkinkan efektivitas tata kelola dan penyampaian layanan serta program publik. Itulah mengapa identitas digital dapat menjadi kunci memajukan negara.

Apa itu identitas digital? 

Identitas digital adalah sistem identifikasi penduduk dalam format digital yang dapat mewakili individu secara unik dan andal. Identitas digital dapat berupa nama, tanggal lahir, kewarganegaraan, domisili, nomor tempat tinggal, atau informasi lainnya—tergantung pada jenis layanan yang diakses. 

Anda mungkin tidak menyadarinya, namun identitas digital banyak digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Mulai dari pergi bekerja, mengakses layanan online, memulai dan menyelesaikan aktivitas rutin seperti transaksi perbankan digital, belanja online, hingga penggunaan tanda tangan digital. Dengan identitas digital, setiap individu maupun organisasi bisa dibedakan saat beraktivitas di ruang digital.  

Selain memajukkan negara, Identitas Digital juga dapat mengurangi emisi karbon.
Identitas Digital dapat mengurangi emisi karbon

Memajukan bangsa lewat identitas digital  

Menjadi alternatif modern dari penandatanganan dokumen dengan kertas dan pena, tanda tangan digital memakai teknik matematika canggih untuk mengecek keaslian dan integritas dokumen digital sehingga dapat menjamin isi pesan tidak diubah. Hal ini membuat tanda tangan digital bisa mengatasi masalah peniruan identitas dan gangguan komunikasi digital.

Selain mendorong modernisasi, identitas digital juga memajukan bangsa karena dampaknya sangat baik bagi lingkungan. Saat ini, industri kertas menyebabkan sekitar 80.000-160.000 pohon ditebang setiap harinya di seluruh dunia. 

Dampak mengkhawatirkan terhadap lingkungan dapat diminimalisasi dengan penggunaan tanda tangan digital yang membuat kegiatan mencetak, menyalin, memindai, atau mengarsipkan kontrak yang ditandatangani tidak diperlukan lagi. Mendigitalisasi seluruh proses, tanda tangan digital mengarah pada penggunaan kertas yang lebih sedikit, melestarikan kayu, dan mengurangi emisi CO2. 

Praktik tersebut telah dilakukan oleh sejumlah negara di dunia, seperti India dan Cina yang menerapkan sistem identitas digital untuk memudahkan penduduknya dalam mendapatkan berbagai layanan, misalnya pembukaan rekening bank dan pendaftaran paspor. 

Pentingnya literasi digital dan identitas digital 

Sebelum membubuhkan tanda tangan, literasi digital perlu dikuatkan. Sebab, literasi digital diperlukan agar masyarakat dapat menjadi jauh lebih bijak dalam menggunakan serta mengakses teknologi. Literasi digital sendiri adalah kemampuan pengguna teknologi, khususnya dalam lingkup informasi dan komunikasi, untuk menggunakan teknologi sebijak mungkin demi menciptakan interaksi dan komunikasi yang positif. 

Jika literasi digital sudah kuat, maka akan ada banyak manfaat yang bisa dirasakan bagi kehidupan masyarakat. Mulai dari mendukung kegiatan mencari dan memahami informasi untuk menambah wawasan individu, meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis berpikir dan memahami informasi, hingga meningkatkan daya fokus serta konsentrasi.

Dengan literasi digital yang baik, maka setiap individu bisa membubuhkan tanda tangan dengan bijak yang mencegah eksploitasi terhadap identitas digital.  

Tak hanya memajukan negara, identitas digital dapat membangun kepercayaan digital.
Kepercayaan digital dapat dibangun dengan identitas digital

Bangun kepercayaan digital lewat identitas digital Privy 

Untuk proses mendapatkan identitas melalui Privy, dibutuhkan berbagai tahapan yang cukup ketat seperti liveness detection. Data dalam KTP dan biometrik calon pengguna akan dicocokkan dengan server Dukcapil. Apabila cocok, maka akan otomatis terverifikasi.

Jika data sudah terverifikasi, Privy akan mengeluarkan sertifikat digital yang dapat digunakan untuk kebutuhan pengesahan dokumen secara sah dan legal. Penting untuk menggunakan tanda tangan digital yang mengandung sertifikat digital untuk kebutuhan pengesahan dokumen secara legal dan sah.  

Tanda tangan digital yang mengandung sertifikat digital juga memastikan semua dokumen dapat dipertanggungjawabkan serta diakui keabsahannya.

Selain identitas digital, Privy juga menyediakan layanan tanda tangan digital bersertifikasi. Dilihat dari perspektif keamanan siber, penggunaan Privy mencegah risiko eksploitasi terhadap identitas digital yang tinggi, sehingga membuat penggunaan teknologi berjalan beriringan dengan regulasi yang berlaku di Indonesia. 

Manfaat menggunakan Privy 

Sebagai penyedia layanan tanda tangan digital bersertifikasi, Privy menawarkan berbagai manfaat, di antaranya:

  • Menurunkan fraud rate 
  • Mempercepat proses registrasi 
  • Menurunkan biaya administrasi dan kurir 
  • Menghemat penggunaan kertas sehingga lebih ramah lingkungan 
  • Menunjukkan identitas penanda tangan sesuai dengan identitas KTP yang terverifikasi 
  • Menunjukkan jika ada perubahan dokumen elektronik setelah dokumen ditandatangani 
  • Menunjukkan kapan, di mana, dan dengan device apa dokumen ditandatangani

Itu tadi informasi tentang mengapa identitas digital dapat menjadi kunci memajukan negara. Sekarang sudah saatnya Anda menggunakan identitas digital dari Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) seperti Privy.

Privy merupakan penyedia tanda tangan digital untuk semua orang yang dapat menyelesaikan pekerjaan Anda lebih cepat dan mudah. Sebagai tanda tangan digital pertama dan terkemuka di Indonesia yang mengikat secara hukum, Privy menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang butuh menggunakan tanda tangan digital.

Tinggalkan Balasan