7 Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan dan Cara Membuatnya

karakter berdiri dan surat

Surat pernyataan adalah dokumen resmi yang menyatakan bahwa isi dalam surat tersebut dinyatakan benar adanya oleh para pihak yang membubuhkan tanda tangan. Surat ini terdiri dari berbagai jenis sesuai dengan kebutuhannya. Salah satunya adalah surat untuk menyatakan kesanggupan. 

Fungsi Surat Pernyataan Kesanggupan

Fungsi surat pernyataan ini adalah sebagai surat yang menyatakan bahwa individu yang membuat dokumen tersebut menyatakan bahwa dirinya sanggup untuk memenuhi permintaan dari pihak lain, entah itu membayar utang, melakukan suatu pekerjaan dan lain sebagainya. 

Sama seperti jenis lainnya, surat ini juga merupakan dokumen resmi yang dapat dijadikan dasar hukum atas suatu perkara. Oleh sebab itu, para pihak harus menyusunnya dengan hati-hati sebelum kemudian menandatanganinya. 

Meskipun “hanya” sebuah surat, keberadaan dokumen ini mampu untuk membantu meyakinkan pihak lain bahwa Anda menyanggupi segala prasyarat yang mereka perlukan. Maka dari itu, tidak heran jika jenis surat pernyataan ini penting adanya dalam sebuah transaksi. 

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa contoh surat pernyataan kesanggupan untuk berbagai keperluan:

1. Contoh surat pernyataan kesanggupan membayar hutang

Dalam transaksi utang piutang seringkali si peminjam terus berkilah saat ditagih. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa membuat surat pernyataan kemampuan pembayaran utang. Dalam surat ini, harus terdapat nama dan identitas peminjam, nama diri Anda sendiri, tanggal pembayaran terakhir, nominal dana yang dipinjam, serta tanda tangan peminjam. 

Jangan lupa juga untuk memasukkan sanksi yang bisa diterapkan apabila peminjam terus berkelit saat dimintai pertanggung jawaban. Hal ini penting, sebab dengan adanya sanksi yang jelas, si peminjam dituntut untuk bertanggung jawab mengembalikan uang pinjaman tersebut. 

Pada contoh di bawah ini misalnya. Apabila yang bersangkutan tidak bisa membayar utang senilai 180 juta rupiah, maka yang bersangkutan bisa dilaporkan ke polisi. Adanya surat ini bisa dijadikan bukti oleh pihak yang berwajib untuk menuntut peminjam di pengadilan.

surat kesanggupan membayar hutang

2. Contoh surat pernyataan kesanggupan kerja

Surat pernyataan ini juga dibutuhkan dalam dunia kerja. Surat ini seringkali dibutuhkan untuk menyatakan bahwa karyawan atau ASN bersedia untuk dipindah tugaskan atau bersedia untuk tidak menikah selama masa tertentu. Pada contoh di bawah ini, tidak disebutkan sanksi apabila karyawan terkait melakukan pelanggaran. Namun, dalam beberapa kasus, apabila dalam masa tertentu karyawan tersebut keluar (resign), atau menikah, tidak jarang perusahaan membebankan biaya penalti yang cukup besar. 

Selain pada karyawan, surat pernyataan ini juga diberikan kepada mitra. Tujuannya adalah untuk memastikan komitmen mitra tersebut untuk menyelesaikan suatu proyek yang diinginkan oleh perusahaan. 

surat kesanggupan rotasi kerja

3. Contoh surat pernyataan kesanggupan membayar angsuran bank

Saat meminjam di bank, bukan tidak mungkin Anda akan kesusahan untuk membayar lunas pinjaman tepat waktu. Hal ini bisa terjadi misalnya, karena kondisi bisnis yang tidak memungkinkan atau hal lainnya. Anda tidak perlu khawatir, sebab Anda bisa mengajukan restrukturisasi kredit dan bunga ke bank tersebut. Saat mengajukan restrukturisasi tersebut, bisa jadi Anda membutuhkan surat komitmen pembayaran ini untuk meyakinkan bank bahwa sebenarnya Anda memiliki komitmen yang kuat untuk melunasi pinjaman. 

surat komitmen pembayaran

4. Contoh surat pernyataan kesanggupan menaati peraturan

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Setiap lingkungan tentunya memiliki peraturan sendiri, baik itu tertulis maupun tidak tertulis. Tugas anggota baru dalam masyarakat tersebut adalah menaati peraturan tersebut supaya tercipta keharmonisan dan kerukunan dalam bermasyarakat. Berikut ini contoh surat yang menyatakan kesanggupan menaati peraturan.

surat kesanggupan menaati peraturan

5. Contoh surat pernyataan kesanggupan bermeterai

Meterai merupakan sebuah komponen penting dalam surat resmi. Meskipun meterai tidak berfungsi untuk menyatakan keabsahan sebuah perjanjian, namun meterai dibutuhkan sebagai bukti pembayaran pajak atas penerbitan surat resmi. Ini artinya, apabila surat tersebut hendak dijadikan bukti dalam pengadilan, maka meterai harus tertempel di surat itu. Berikut ini contoh surat pernyataan ini jika dibubuhi meterai:

surat pernyataan kesanggupan

6. Contoh surat pernyataan kesanggupan bertanggung jawab

Dalam banyak kasus, surat pernyataan ini juga dibutuhkan untuk menyatakan kemauan untuk bertanggung jawab atas suatu hal. Contohnya adalah kesanggupan untuk bertanggung jawab membiayai biaya pengobatan atas korban kecelakaan seperti gambar di bawah:

surat pernyataan kesanggupan bertanggung jawab

7. Contoh surat pernyataan kesanggupan mengembalikan uang beasiswa

Ketika menerima sebuah beasiswa, seorang mahasiswa dituntut untuk mempertanggungjawabkan penggunaan dana beasiswa tersebut. Hal ini termasuk apabila mahasiswa itu mengajukan permohonan pendanaan untuk proyek penelitian tesis dan disertasi. 

Contoh di bawah adalah contoh surat yang menyatakan bahwa penerima beasiswa LPDP sanggup untuk mengembalikan uang yang diberikan lembaga ini untuk mengerjakan proyek tesis dan disertasi. Hal ini tercantum pada poin nomor 3. Surat ini dapat Anda unduh dalam tautan berikut:

Buku Panduan Pencairan Dana Beasiswa LPDP 2022

surat pernyataan

Cara Membuat Surat Pernyataan Kesanggupan

Seperti contoh surat pengembalian dana LPDP di atas, tidak jarang pemerintah atau instansi terkait menyediakan format surat pernyataan khusus. Namun apabila tempat Anda bekerja tidak menyediakan format tersebut, Anda bisa membuat surat ini secara mandiri. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Jika atas nama perusahaan atau instansi yang Anda wakili, maka di bagian atas surat wajib Anda beri kop surat. Akan tetapi apabila surat ini atas nama pribadi, di bagian tengah atas cukup diberi judul “surat pernyataan…”
  2. Tuliskan identitas lengkap Anda. Untuk membuat jarak antara keterangan dan titik dua lurus dan rapi, Anda bisa membuat bagian ini di microsoft excel terlebih dahulu atau dengan membuat tabel di words/ Google docs. Caranya:
  1. Klik menu insert.
  2. Pilih tabel. 
  3. Buat tabel yang Anda inginkan. 
  4. Sesuaikan ukuran sel. 
  5. Atur ketebalan batas sel dengan cara mengklik tabel dan icon titik tiga di bagian kanan atas lalu pilih 0pt. 

3.   Jika diperlukan, Anda juga bisa menuliskan nama dan identitas lengkap pihak kedua.  Supaya bisa lebih praktis, Anda bisa copy paste tabel yang telah Anda buat sebelumnya. 

4. Tuliskan isi pernyataan kesanggupan tersebut. 

5. Bubuhkan tanda tangan dan tempelkan meterai. Supaya lebih praktis, Anda bisa menggunakan tanda tangan dan meterai digital dari Privy. 

Privy adalah aplikasi penyedia tanda tangan dan meterai digital yang sudah diakui legalitasnya oleh KOMINFO dan regulator terkait. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu mencetak surat resmi yang Anda buat. 

Cukup unggah dokumen tersebut ke web app Privy, bubuhkan tanda tangan yang sebelumnya Anda simpan, beli dan bubuhkan meterai digital di atas tanda tangan tersebut. Jika Anda membutuhkan tanda tangan pihak lain, maka dokumen tersebut bisa langsung dikirimkan ke akun Privy pihak terkait. Dengan cara praktis ini, tentu membuat dan menandatangani surat menjadi lebih cepat. 

Tinggalkan Balasan