Contoh Surat Mutasi Guru Lengkap

karakter guru, amplop, dan surat

Mutasi dalam profesi guru merupakan hal yang biasa terjadi, artinya perpindahan tugas ke daerah lain. Pengajuan mutasi dapat dilakukan oleh pihak atasan ataupun atas permintaan dari guru itu sendiri. Ini berlaku untuk tenaga pendidik honorer maupun non-PNS.

Apabila ingin mengajukan mutasi ke daerah lain, wajib mengajukan surat permohonan mutasi guru atau pindah tugas yang ditujukan ke Dinas Pendidikan terkait supaya segala prosesnya dapat dipertanggung jawabkan. Jika ingin mengajukannya tapi masih belum paham formatnya, beberapa contoh surat mutasi guru ini dapat dijadikan referensi.

Apa itu Surat Mutasi Guru?

Surat mutasi guru adalah surat resmi yang dibutuhkan tenaga pendidik (guru) untuk mengajukan pindah tugas. SK mutasi guru dapat diajukan sendiri oleh tenaga pendidik maupun atasan asalkan mendapatkan persetujuan dari Dinas Pendidikan terkait.

Macam-macam alasan guru mengajukan pindah tugas, antara lain supaya lebih dekat dengan keluarga, tertarik pada daerah tertentu, tempat mengajar saat ini sedang kelebihan pengajar, serta alasan lainnya. Apapun alasannya, tetap harus melampirkan surat permohonan mutasi guru agar keputusan tersebut dapat dipertimbangkan.

Selain itu, guru yang hendak pindah tugas disarankan berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dinas Kepegawaian Daerah terkait karena dikhawatirkan terjadi kekurangan tenaga pengajar di tempat yang ditinggalkan. Maka dari itu, dibutuhkan pengganti guna mengisi kekosongan posisi tersebut.

Mutasi atau pindah tugas dalam profesi guru tentu memiliki pengaruh bagus bagi kemajuan pendidikan. Berikut ini beberapa fungsi mutasi guru yang perlu diketahui:

  • Meningkatkan kinerja tenaga pengajar.
  • Memenuhi tenaga pendidik agar tersebar secara merata di setiap daerah.
  • Mengatasi kesenjangan guru yang ada pada tiap sekolah.
  • Upaya pembinaan terhadap guru selama melaksanakan tugas serta kewajibannya dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Apapun alasan para tenaga pendidik yang mengajukan pindah tugas, tentu harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu supaya surat permohonan mutasi guru dapat disetujui. Inilah syarat mutasi guru yang harus dipenuhi:

  • Surat permohonan mutasi guru
  • Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah 
  • Daftar riwayat hidup (curriculum vitae)
  • Data nominatif serta formasi guru

Contoh Surat Mutasi Guru

Mengetahui formatnya saja tentu tidak cukup. Berikutnya, mari membaca beberapa contoh surat mutasi guru antar sekolah untuk referensi.

1. Contoh surat mutasi guru honorer

contoh surat mutasi

Sumber: Contoh Surat

Dalam contoh surat mutasi guru antar sekolah dengan status honorer ini, tujuan penerimanya adalah Kepala Daerah dan Kepala Dinas Pendidikan. Jangan lupa melampirkan berkas-berkas pendukung sebagai bahan pertimbangan.

2. Contoh surat mutasi guru yayasan

contoh surat mutasi guru yayasan

Sumber: Website Download Gambar Berkualitas Tinggi

Tak hanya guru honorer, guru yayasan pun dapat mengajukan pindah/alih tugas ke daerah atau sekolah lain. Kira-kira seperti di atas contoh format suratnya.

3. Contoh surat mutasi guru PNS

surat mutasi guru PNS

Sumber: Academia.edu

Contoh surat permohonan mutasi guru PNS tidak jauh berbeda dengan honorer. Pada contoh di atas, jabatan atau golongan perlu dicantumkan. Selain itu, lampirkan pula berkas pendukung lainnya, seperti SK (Surat Keputusan) CPNS, kartu pegawai, dan lainnya.

4. Contoh surat mutasi guru non-PNS

surat mutasi guru TK

Sumber: Scribd

Sama seperti profesi guru lainnya, pengajuan alih tugas juga dapat dilakukan oleh guru swasta jika membutuhkan pindah wilayah. Anda dapat menjadikan contoh di atas sebagai referensi.

5. Contoh surat mutasi Dapodik

surat mutasi dapodik

Sumber: Hanapi Bani

Beberapa SK alih tugas guru biasanya formatnya sudah ditentukan dari instansi atau sekolah asal. Sehingga, jika ingin dimutasikan hanya perlu mengisi data sesuai format yang sudah ada.

6. Contoh surat mutasi guru dari kepala sekolah

surat mutasi dari kepala sekolah asal

Sumber: Scribd

Surat alih tugas juga dapat dikeluarkan dari pihak Kepala Sekolah. Jadi, pihak yang mengajukan mutasi tinggal mengisi data sesuai format.

Format Surat Mutasi Guru

Pengajuan pindah tugas dapat dilakukan oleh atasan ataupun pihak guru itu sendiri. Apabila hendak mengajukannya, ketahuilah format surat mutasi guru lengkap berikut ini. Karena termasuk dokumen resmi, maka harus menggunakan bahasa formal yang sopan.

1. Kop surat

Komponen dalam SK mutasi guru adalah kepala atau kepala/kop surat, yang meliputi logo instansi, nama instansi, alamat lengkap, serta kontak. Kop wajib ada apabila pihak yang mengajukan mutasi adalah instansi atau atasan.

Sedangkan apabila yang mengajukan langsung dari guru, tak harus menggunakan kop surat lengkap. Tetapi cukup mencantumkan judul, yaitu ‘SURAT PERMOHONAN PINDAH TUGAS’ atau bisa juga ditulis ‘SURAT PERMOHONAN’ saja. Tuliskan dalam huruf cetak tebal.

Selain itu, tuliskan pula tanggal berapa dokumen tersebut dibuat. Letakkan pada bagian kanan atas. Format penulisannya ‘Tempat, (tanggal) (bulan) (tahun)’. Ini contohnya, ‘Pontianak, 1 Juni 2023’.

2. Tujuan dibuatnya

Meskipun sudah dituliskan dalam judul, Anda juga perlu mencantumkan tujuan dibuatnya dokumen tersebut. Dalam hal ini berarti harus menuliskan, ‘Perihal: permohonan pindah/alih tugas’.

3. Penerima surat

Format SK mutasi guru yang perlu diperhatikan lainnya, yakni pada bagian penerima. Tidak perlu menuliskan nama penerima, tetapi harus mencantumkan jabatannya (dalam hal ini pemerintah daerah terkait). Begini contohnya, ‘Yth. Bupati Kabupaten X (enter) Cq. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten X (enter) di tempat’

Pada tujuan penerima terdapat tulisan Cq. atau Casu Quo. Dalam bahasa Latin artinya ‘dalam hal ini’ atau ‘lebih spesifik lagi’. Gunanya untuk menunjukkan hubungan yang sifatnya hierarkis.

4. Salam pembuka

Komponen yang harus ada pada surat permohonan mutasi guru, yaitu salam pembuka. Tak perlu menuliskannya panjang lebar, cukup satu baris singkat saja, yaitu ‘Dengan hormat, ’.

Salam pembuka fungsinya bukan hanya untuk membuka topik pembicaraan pada sebuah surat resmi. Tetapi juga sebagai bentuk penghormatan kepada penerima. 

5. Isi 

Setelah menuliskan salam pembuka, tuliskan isi SK pindah tugas tenaga pendidik secara lengkap dan jelas. Mulailah dengan menuliskan data diri, yang meliputi nama lengkap, NIP (Nomor Induk Pegawai), pangkat/jabatan/golongan, serta asal sekolah (unit kerja). 

Selanjutnya, tuliskan pula pernyataan permohonan untuk pindah area tugas dari daerah satu ke daerah yang direncanakan. Begini contohnya, ‘Bersama surat ini saya mengajukan permohonan alih tugas/mutasi dari Dinas Pendidikan A (nama sekolah A) ke Dinas Pendidikan B (nama sekolah B)’. 

Tak ada salahnya pula menambahkan alasan Anda ingin melakukan alih tugas. Misalnya, supaya lebih dekat dengan keluarga, izin dari keluarga, tertarik pada suatu daerah, dan sebagainya.

Lampirkan berkas-berkas pendukung lainnya sebagai pertimbangan. Berkas tersebut, antara lain ijazah terakhir, surat rekomendasi, daftar riwayat hidup, dan sebagainya tergantung kebutuhan.

6. Penutup

Apabila di awal terdapat salam pembuka, maka jangan lewatkan salam penutup. Anda dapat menuliskannya kira-kira seperti ini, ‘Demikian surat permohonan ini saya ajukan. Atas perhatian Bapak/ibu saya ucapkan terimakasih’.

7. Tanda tangan dan nama terang

Terakhir, tambahkan tanda tangan dan nama terang. Jika membuat dokumennya secara digital, gunakan Privy untuk membuat tanda tangan digital dengan mudah dan aman.

Dibandingkan lainnya, menggunakan layanan tanda tangan digital dari Privy jauh lebih aman karena dokumen yang ditandatangani terjaga kerahasiaannya, sehingga dapat mengurangi risiko kehilangan maupun pemalsuan dokumen

Mengikat secara hukum, fasilitas e-sign ini memiliki validitas hukum serta keabsahan yang setara dengan tanda tangan manual di kertas. Anda pun dapat mengelola serta melacak dokumen dalam satu platform terintegrasi, sehingga jadi lebih praktis penggunaannya.

Itulah beberapa contoh surat mutasi guru antar sekolah yang lengkap serta format penyusunannya. Jika dokumen tersebut dibuat dalam bentuk digital, maka tanda tangannya pun sebaiknya digital.

Semakin mudah jika menggunakan layanan tanda tangan digital dari Privy karena lebih efisien dari segi waktu maupun tenaga. Apalagi untuk menjangkau guru dan kepala sekolah yang lokasinya berada di luar jangkauan. 

Tinggalkan Balasan