Cara Scan Tanda Tangan yang Mudah dan Cepat, Bisa di HP

hero image untuk artikel "Cara Scan Tanda Tangan"

Keperluan tanda tangan (signature) untuk berbagai jenis berkas perusahaan, institusi, ataupun lainnya sejak dahulu hingga kini pasti diperlukan. Bedanya, saat ini penandatanganan suatu berkas dapat dilakukan secara online hanya bermodalkan HP atau smartphone saja.

Kecanggihan teknologi seperti ini sangat mempermudah berbagai pihak karena proses membuat tanda tangan online hingga scanning dapat dilakukan lebih praktis sekaligus cepat, tidak harus memiliki peralatan mahal apalagi sampai mengantri di tempat fotokopi. Bagaimana cara melakukannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Scan Tanda Tangan di HP

Cara scan tanda tangan di HP atau smartphone sebenarnya sangat mudah sekali dilakukan, sebab tak perlu sampai repot membeli perlengkapan khusus scan ataupun pergi ke tempat tertentu lalu mengeluarkan biaya. Berkat kecanggihan teknologi masa kini, segala proses pembuatan signature hingga membagikannya dapat dilakukan dengan mudah hanya dalam sekali klik saja.

Tidak harus bermodal peralatan ataupun HP yang mahal, begini cara scan tanda tangan di HP dengan mudah.

1. Gunakan aplikasi scanner di smartphone

Cara scan tanda tangan di HP tidak membutuhkan banyak peralatan yang merepotkan. Mulailah dengan menginstall aplikasi scanner di smartphone yang bisa diperoleh melalui Play Store (Android) maupun App Store (iOS).

Pilihlah aplikasi scanner yang dapat diunduh secara gratis, paling populer, dan punya review terbaik. Pastikan memori di HP tidak hampir penuh agar ketika menggunakannya tidak mengalami kendala nantinya. Setelah itu, mulailah menjelajah berbagai fitur yang ada pada aplikasi tersebut supaya tidak kebingungan ketika memulai proses mengambil objek paraf maupun signature

Beberapa aplikasi scanner di HP mungkin memiliki sebagian fitur yang hanya dapat diakses secara premium. Meskipun begitu, tak ada salahnya memakainya secara gratis karena fiturnya pun sebenarnya sudah cukup lengkap untuk membuat serta menyimpan tanda tangan digital.

2. Buat tanda tangan, lalu foto dan edit kontras objek

Selanjutnya, cobalah membuat tanda tangan pada sebuah kertas kosong yang bersih. Usahakan membuatnya pada bidang datar (vertikal atau horizontal) dan pencahayaan yang baik supaya hasilnya bagus serta tidak pecah gambarnya.

Anda dapat menggunakan aplikasi kamera bawaan dari HP saja maupun memotret langsung dari aplikasi scanner. Supaya lebih praktis sebaiknya gunakan aplikasi scanner supaya bisa diedit dengan mudah secara bersamaan.

Posisikan arah kamera ke objek yang sudah dibuat pada bidang datar yang ingin di-scan. Pastikan di sekitar objek tersebut tidak terdapat bayangan benda lain agar tidak merusak kualitasnya nanti.

Seorang pria mengambil foto tanda tangan di kertas.

Setelah gambar objek sudah terambil, nantinya aplikasi akan memproses objek lalu secara otomatis mengeditnya. Supaya hasilnya lebih maksimal, tak ada salahnya jika ingin mengedit gambarnya lagi secara manual, seperti mengatur pencahayaan, kontras, ketajaman/sharpen, dan sebagainya.

Apabila membutuhkan objek berwarna hitam tetapi tintanya malah berwarna, lewat aplikasi tersebut juga bisa mengeditnya menjadi hitam putih. Proses mengedit ini dapat dilakukan langsung di aplikasi maupun di galeri HP setelah menyimpan gambarnya.

3. Pakai aplikasi edit foto untuk menghapus background

Biasanya, tidak semua aplikasi scanner di HP bisa langsung menghapus background objek yang tidak diperlukan, sehingga memerlukan pihak ketiga untuk membantu menghilangkannya. Maka supaya lebih sempurna dan siap ditempel pada berbagai dokumen, sebaiknya hapuslah background yang tidak diperlukan.

Cara menghapus background ketika membuat tanda tangan digital melalui aplikasi scanner di HP, bisa melalui browser ataupun aplikasi photo editor. Di internet banyak sekali platform gratis maupun berbayar untuk menghapus background foto, misalnya Canva, Adobe Photoshop, Vectonator, Background Remover, Remove BG, dan sebagainya.

Unggahlah foto hasil scan (dalam format JPG, JPEG, atau PNG) ke platform photo editor. Selanjutnya, lakukanlah penghapusan background secara otomatis. Jika masih terlihat kurang rapi, lakukanlah pengeditan secara manual menggunakan eraser tool atau sejenisnya pada platform tersebut.

4. Simpan hasil scan e-signature dalam format PNG

Langkah selanjutnya setelah berhasil menghapus background yang tidak diperlukan, yaitu jangan lupa menyimpan hasil scan dalam format PNG. Mengapa harus disimpan dalam format PNG?

Format PNG termasuk yang paling umum digunakan untuk menyimpan berbagai macam gambar, sebab kompresinya lebih kecil serta hasilnya lebih jernih dibandingkan format lainnya. Selain warna gambarnya cenderung lebih tajam dan jelas, format PNG juga paling fleksibel karena dapat digabungkan dengan format dokumen lainnya.

Hindari menyimpan dalam bentuk PDF karena justru kurang fleksibel dan tidak bisa ditumpuk dalam satu halaman dengan dokumen lainnya. Itulah mengapa format PNG sangat direkomendasikan karena lebih tajam meskipun dibuat dalam ukuran kecil.

Simpanlah hasil scan di galeri smartphone, jika perlu buatlah folder khusus agar tidak tercampur dengan gambar lainnya. Selesai, gambar tanda tangan tersebut sudah siap ditempelkan di berbagai berkas dokumen melalui berbagai aplikasi tanda tangan berbasis online yang tersedia.

Cara Mudah dan Aman Tanda Tangan di HP 

Mudah sekali, kan melakukan scan tanda tangan di HP? Sebenarnya, cara membuat tanda tangan di smartphone caranya tidak harus difoto melalui aplikasi scanner saja. Anda pun dapat membuatnya melalui situs Privy.id dengan mudah.

Tidak perlu mengunduh aplikasi apapun, cukup mengaksesnya lewat website resmi Privy.id saja. Begini cara mudah melakukannya.

  1. Daftarkan diri di website Privy.id, jika sudah punya akun silakan langsung log in.
  2. Pilih menu Upload pada sebelah kiri atas. Pada menu Upload, akan ada pilihan Sign, Share, dan Sign and Share. 
  3. Pilih Sign and Share supaya dokumen tak hanya bisa ditandatangani saja, tetapi juga bisa dibagikan ke pihak lain.
  4. Unggah dokumen yang ingin dibubuhkan tanda tangan digital. Tunggu sampai dokumen tersebut muncul.
  5. Klik Sign pada bagian bawah. Pilihlah lokasi untuk menambahkan tanda tangan digital.
  6. Klik konfirmasi untuk persetujuan apabila tanda tangan selesai dibuat.
  7. Dokumen siap dibagikan ke pihak lain yang berkepentingan. Pengguna akan memperoleh QR code setelah berkas ditandatangani oleh semua pihak.

Itulah cara menambahkan tanda tangan di Privy melalui HP. Di Privy, tersedia tiga cara penandatangan digital, antara lain Self Sign, Multiple Signing, serta Bulk Signing. Berikut ini penjelasan lengkapnya masing-masing.

  • Self Sign. Self Sign adalah cara penandatanganan berkas secara mandiri. Melalui Self Sign, Anda dapat menyimpan bahkan membagikan e-signature dengan mudah ke pihak lain.
  • Multiple Signing. Multiple Signing memungkinkan lebih banyak pengguna untuk melakukan penandatanganan dalam satu dokumen yang sama. Batas maksimal pengguna untuk menggunakan fitur Multiple Signing adalah sebanyak 10 pengguna.
  • Bulk Signing. Fitur Bulk Signing memungkinkan para penggunanya dapat menandatangani lebih dari satu berkas dalam waktu bersamaan. Fitur ini hanya bisa digunakan dalam aplikasi Privy, juga yang hanya dibagikan melalui satu EnterpriseID yang sama.

Cara membuat serta scan tanda tangan di HP dapat dilakukan dengan mudah, kan? Melalui Privy saja, Anda sudah dapat membuat lalu membagikannya kepada pihak yang bersangkutan!

Cara tanda tangan dokumen digital melalui Privy berbeda dengan lainnya, namun sangat aman digunakan. Hal ini karena tanda tangan digital yang telah dibuat dapat terikat serta dapat dipertanggung jawabkan secara hukum. Data pengguna Privy juga dicocokkan sesuai database Dukcapil, sehingga terjamin keamanan sekaligus keasliannya.

Sebagai informasi tambahan bahwa setiap pengguna Privy pasti melewati proses registrasi melalui teknologi Liveness Detection yang dilengkapi biometric authentication. Jadi, proses registrasinya dilakukan dengan cara selfie sambil berpose menggerakkan wajah. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kecurangan, seperti duplikasi ataupun penyalahgunaan data oleh pihak tak bertanggung jawab. 

Tak hanya itu, Privy juga menerapkan sistem two-factor authentication saat pengguna membuat tanda tangan digital supaya lebih aman, bahkan terdapat fitur melacak history pengeditan tanda tangan yang pernah dibuat. Jadi, tidak perlu khawatir melakukannya di Privy!

Tinggalkan Balasan