Tidak dapat dipungkiri bahwasanya pembahasan mengenai warisan di Indonesia masih cukup tabu. Akibatnya, banyak pembagian warisan di negeri ini yang berlangsung di bawah tangan, sehingga berpotensi menyebabkan perselisihan. Padahal, apabila diselesaikan melalui ranah legal, soal menyoal warisan dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan lebih baik. Salah satu langkah pertama untuk menyelesaikan warisan secara legal tersebut […]
Surat-menyurat
Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen dan Cara Membuatnya
Surat pernyataan tentang keabsahan dan kebenaran dokumen adalah dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat saat hendak mengajukan kepentingan tertentu. Contohnya sebagai salah satu syarat saat pendaftaran peserta didik baru, pengajuan beasiswa, dan sebagainya. Adanya pernyataan keabsahan dokumen, fungsinya untuk memberikan pernyataan secara tertulis sekaligus sebagai bukti pengikat yang sah. Oleh karena itu, dokumen tersebut pada umumnya […]
Cara Cek Keaslian e-Meterai (Meterai Elektronik) dengan Mudah
Dulu jika harus menambahkan meterai atau tanda tangan, Anda harus mencetak dokumen yang akan ditandatangani, lalu menempelkan dan menuliskannya secara manual. Namun saat ini, Anda tidak perlu melakukan itu lagi, sebab Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) kini sudah menerbitkan e-Meterai atau meterai elektronik. Masalahnya adalah, seiring dengan perkembangan teknologi ini, berkembang pula meterai […]
Contoh Surat Kontrak Kerja Karyawan dan Tips Membuatnya dengan Lengkap
Dalam surat kontrak kerja, dijelaskan hubungan antara karyawan dan perusahaan secara lengkap. Isi perjanjiannya memuat informasi status karyawan, yang merupakan kesepakatan utama dalam surat perjanjian kontrak kerja seperti job desk, yang merupakan salah satu bagian penting dari contoh surat perjanjian kerja. gaji, cuti, masa kerja, hingga batasan dalam bekerja. Tanpa adanya kontrak kerja, status karyawan […]
Contoh Surat Perjanjian Kerja Sama Usaha
Saat menjalankan usaha, tentu tidak lepas dari bekerja sama. Kerja sama ini dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu salah satunya mengembangkan bisnis Anda supaya terus maju. Ketika melakukan kerja sama, perlu dokumen tertentu yang mendukung supaya hak dan kewajiban kedua belah pihak bisa dilaksanakan. Dokumen tersebut bernama surat perjanjian kerja sama. Surat perjanjian kerja sama penting […]
Non-Disclosure Agreement: Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya
Dalam dunia bisnis, proses perjanjian antar karyawan atau perusahaan lain adalah aktivitas yang umum terjadi. Pada dasarnya, perjanjian mengarah kepada sesuatu yang mengikat antara kedua belah pihak sehingga dibutuhkan sebuah surat atau dokumen perjanjian berupa Non-Disclosure Agreement (NDA). Jika Anda bergerak di bidang bisnis, mungkin dokumen ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, bagi […]
10 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Cepat DiterimaÂ
Saat hendak melamar pekerjaan, tidak hanya CV atau daftar riwayat hidup yang harus dipersiapkan. Anda juga harus mempersiapkan surat lamaran sebagai dokumen tambahan yang berfungsi sebagai pembuka dokumen lain yang dilampirkan. Kebanyakan pelamar berpikir bahwa surat lamaran tidak terlalu penting, padahal surat lamaran kerja adalah surat resmi yang sering digunakan oleh HRD dalam melihat first […]
8 Manfaat e-Procurement untuk Kemajuan Bisnis Anda
Dalam era yang sudah serba digital, manfaat e-Procurement terus menjadi pendorong utama efisiensi dan produktivitas dalam dunia bisnis. Dengan mengadopsi sistem ini, bisnis dapat memanfaatkan berbagai keunggulannya untuk meningkatkan kinerja operasional dan keunggulan kompetitif di pasar. Melalui artikel ini, Privy akan membahas apa itu e-Procurement, bagaimana cara kerjanya, serta manfaat e-Procurement yang dapat diperoleh oleh […]
6 Contoh Surat Pengaduan Berbagai Keperluan dan Formatnya
Surat pengaduan adalah jenis surat resmi yang dibuat oleh seseorang atau kelompok untuk menyampaikan keluhan, keberatan, atau permasalahan terkait suatu hal kepada pihak yang berwenang atau yang dapat memberikan solusi. Fungsi utama surat pengaduan adalah sebagai sarana komunikasi tertulis yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi atau mengungkapkan ketidakpuasan terhadap suatu layanan atau situasi. […]
7 Contoh Memo Resmi untuk Berbagai Keperluan Bisnis
Kesuksesan sebuah perusahaan tidak hanya terletak pada kemampuan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada konsumen atau pelanggan, tetapi juga terletak pada kemampuan perusahaan untuk mengkomunikasikan instruksi, ide dan berbagai keperluan lain kepada karyawan secara efisien. Fungsi Memo Resmi Salah satu alat komunikasi internal perusahaan yang efisien itu adalah memorandum atau memo. Memorandum atau memo adalah tulisan […]