Non-Disclosure Agreement: Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya

karakter menggunakan kaca mata dan surat

Dalam dunia bisnis, proses perjanjian antar karyawan atau perusahaan lain adalah aktivitas yang umum terjadi. Pada dasarnya, perjanjian mengarah kepada sesuatu yang mengikat antara kedua belah pihak sehingga dibutuhkan sebuah surat atau dokumen perjanjian berupa Non-Disclosure Agreement (NDA).  Jika Anda bergerak di bidang bisnis, mungkin dokumen ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, bagi […]

Apa Itu Quotation: Definisi, Komponen, Jenis, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Quotation--Definisi,-Cara-Membuat,-dan-Contoh-Penggunaannya

Sebagai pemilik perusahaan atau pelaku bisnis, tentu sering mendengar istilah “quotation” dalam konteks dunia bisnis. Quotation merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Namun, mungkin masih banyak di antara kita yang belum sepenuhnya memahami apa itu quotation, bagaimana komponennya, jenis-jenisnya, fungsi dalam bisnis, dan bagaimana cara membuatnya dengan tepat. Oleh karena […]

Kelebihan Arsip Elektronik: Solusi Efisien untuk Pengelolaan Dokumen Bisnis

Kelebihan-Arsip-Elektronik--Solusi-Efisien-untuk-Pengelolaan-Dokumen-Bisnis

Dalam era digital ini, pengelolaan dokumen bisnis menjadi makin penting untuk mendukung efisiensi operasional. Salah satu solusi yang populer adalah penggunaan arsip elektronik. Arsip elektronik memberikan kemudahan akses dan menawarkan sejumlah kelebihan yang dapat meningkatkan produktivitas dan keamanan dalam pengelolaan dokumen bisnis. Lantas, apa saja kelebihan arsip elektronik? Dalam artikel ini, Privy akan membahas secara […]

6 Kelebihan Sistem Persuratan Digital bagi Bisnis

karakter menunjukkan smartphone

Digitalisasi di berbagai sektor kehidupan sekarang ini semakin digencarkan. Mulai dari sektor pendidikan, sektor kesehatan, hingga sektor bisnis. Digitalisasi ini mulai mencakup seluruh aspek operasional, seperti pembuatan jadwal, rapat atau meeting, hingga surat menyurat.  Jadi, bisa dibilang sekarang kebanyakan perusahaan menggunakan aplikasi persuratan digital karena berikan banyak keuntungan dan kemudahan. Proses penyampaian informasi pun menjadi […]

4 Contoh Surat Pembatalan Perjanjian beserta Formatnya

orang berdiri berpikir

Berbicara tentang transaksi yang melibatkan dua pihak atau lebih, tidak lepas dari adanya surat perjanjian. Sesuai dengan namanya, surat perjanjian dibuat untuk mengikat hak dan tanggung jawab setiap pihak agar terlaksana dan tercapai kesepakatan bersama.  Namun, seiring berjalannya waktu, mungkin saja salah satu pihak menginginkan perjanjian tersebut dibatalkan. Lantas, apakah bisa surat tersebut dibatalkan? Bagaimana […]

7 Perbedaan Surat Resmi dan Tidak Resmi serta Contohnya

surat resmi dan tidak resmi

Surat menyurat sejak dahulu sudah menjadi cara masyarakat Indonesia sebagai sarana komunikasi tertulis yang tinggal berjauhan untuk saling bertukar kabar. Bahkan, dulu banyak majalah yang menyelenggarakan semacam kompetisi untuk mendapatkan sahabat pena, orang yang tinggal jauh dari lokasi tempat tinggal Anda namun Anda mengenalnya melalui kegiatan ini. Begitu pun dengan radio yang seringkali membacakan surat […]

5 Contoh Surat Pernyataan Non PKP, Fungsi, dan Formatnya

surat dan karakter duduk

Surat pernyataan non PKP (Pemungut Kena Pajak) dibutuhkan bagi pengusaha atau badan usaha agar tidak terkena pemungutan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) meski usaha tersebut melakukan kegiatan penyerahan barang dan jasa. Hal ini karena usaha tersebut memang belum dikukuhkan.  Apa sih surat pernyataan non PKP itu? Bagaimana contoh dan formatnya? Simak selengkapnya berikut ini! Fungsi dan […]

6 Contoh Faktur Penjualan serta Cara Membuatnya

karakter duduk membawa koper dan surat

Sebagai pemilik perusahaan, setiap transaksi jual-beli yang dilakukan pasti memerlukan bukti berupa kwitansi atau faktur (invoice) penjualan. Keduanya memiliki perbedaan karena kwitansi umumnya diminta oleh pembeli, tetapi faktur penjualan diterbitkan oleh perusahaan dengan tujuan menagihkan hutang yang belum dibayarkan. Tentu Anda perlu mengetahui cara membuat jenis dokumen ini agar bisa memberikan informasi akurat kepada pembeli. […]

Contoh Surat Komitmen Kerja serta Cara Membuatnya

surat komitmen kerja

Ada banyak dokumen yang perlu Anda baca dan tanda tangani ketika Anda akan masuk bekerja di sebuah perusahaan. Selain offering (surat penawaran) dan kontrak, ada juga surat pernyataan komitmen kerja.  Meskipun tidak semua perusahaan menerbitkan surat ini kepada karyawan baru mereka, namun sebaiknya Anda memahami dokumen ini supaya ketika mendapatkannya, Anda tidak terkejut dan memahami […]

Surat Perjanjian Investasi: Manfaat, Jenis & Contohnya

karakter berdiri dengan surat

Dalam berinvestasi, seseorang bukan hanya menanamkan modalnya pada suatu perusahaan atau entitas, melainkan juga sebagai bentuk kerja sama kedua belah pihak. Kerja sama ini diikat dalam sebuah surat perjanjian investasi yang di dalamnya mengatur tentang hak, tanggung jawab, dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak investor dan pemilik usaha. Kesepakatan ini dibuat dengan tujuan agar […]