Contoh Surat Komitmen Kerja dan Cara Membuatnya

surat komitmen kerja

Ada banyak dokumen yang perlu Anda baca dan tanda tangani ketika Anda akan masuk bekerja di sebuah perusahaan. Selain offering (surat penawaran) dan kontrak, ada juga surat pernyataan komitmen kerja. 

Meskipun tidak semua perusahaan menerbitkan surat ini kepada karyawan baru mereka, namun sebaiknya Anda memahami dokumen ini supaya ketika mendapatkannya, Anda tidak terkejut. Simak pembahasannya berikut ini:

Pengertian Surat Komitmen Kerja

Surat pernyataan komitmen kerja adalah surat yang berisi pernyataan bahwa individu yang menandatangani dokumen tersebut bersedia untuk menjalankan program atau prosedur kerja yang tertera di dalamnya. 

Sedikit berbeda dengan kontrak, tidak jarang surat ini hanya terdiri dari satu halaman kertas. Meskipun demikian, sebaiknya Anda tetap membaca dokumen ini dengan hati-hati, sebab tidak mungkin jika isi surat tersebut dilanggar, Anda akan kehilangan pekerjaan terkait atau dikenai denda sejumlah tertentu. 

Sama seperti surat resmi lainnya, surat pernyataan komitmen kerja juga harus dibubuhi tanda tangan dan meterai. Tujuannya adalah untuk menunjukkan integritas dan komitmen kerja karyawan terkait. Supaya membubuhkan tanda tangan dan meterai lebih praktis dengan tanpa mencetak dokumen, Anda bisa menggunakan fitur tanda tangan digital PrivySign dan e-Meterai dari Privy. 

Format Surat Komitmen Kerja

Biasanya, format surat pernyataan ini diberikan secara langsung oleh perusahaan, sementara karyawan terkait tinggal mengisi data dan menandatangani dokumen tersebut. Namun, adakalanya perusahaan hanya menyediakan kontrak dan meminta calon tenaga kerja tersebut untuk membuat surat komitmen kerja secara mandiri. 

Terdapat setidaknya 6 komponen yang harus ada dalam sebuah surat komitmen kerja, yaitu:

  1. Judul surat
  2. Biodata karyawan terkait, mulai dari nama, alamat, email dan nomor handphone hingga posisi. 
  3. Klausul yang berisi ketersediaan untuk melaksanakan pekerjaan terkait
  4. Rincian pekerjaan tersebut
  5. Titimangsa.
  6. Tanda tangan dan meterai

Contoh Surat Komitmen Kerja

Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa contoh format surat komitmen kerja.

1. Surat pernyataan komitmen penempatan

surat pernyataan komitmen penempatan

Sumber: IDDev Website

Salah satu hal yang paling sering membutuhkan surat pernyataan komitmen kerja adalah kesanggupan untuk ditempatkan di daerah manapun. Hal ini berlaku baik untuk karyawan swasta maupun PNS dan PPPK. Biasanya, hal ini berlaku selama beberapa tahun awal setelah penandatanganan kontrak kerja. Baru setelah beberapa tahun tersebut selesai, karyawan terkait bisa mengajukan perpindahan lokasi kerja yang lebih dekat dengan rumah. 

2. Surat pernyataan komitmen tidak menikah

surat pernyataan tidak menikah

Sumber: Finansialku

Selain kesanggupan untuk ditempatkan dimanapun, beberapa perusahaan juga meminta karyawan baru untuk posisi tertentu untuk tidak menikah terlebih dahulu. Contohnya adalah posisi management trainee. Biasanya posisi management trainee dipegang oleh karyawan terkait selama kurang lebih 2 tahun dan selama waktu 2 tahun tersebut, karyawan terkait tidak diperkenankan untuk menikah. 

3. Surat komitmen untuk tidak mengundurkan diri

Dalam sebuah kontrak kerja, biasanya seorang karyawan baru terikat kontrak dengan sebuah perusahaan selama beberapa waktu. Umumnya karyawan yang masih harus melewati masa probation (percobaan) membutuhkan waktu selama 3 bulan, sementara karyawan tetap membutuhkan waktu selama 1 tahun. 

Selama waktu tersebut, ada perusahaan yang memungkinkan karyawannya  untuk mengundurkan diri, tetapi ada juga yang tidak. Biasanya, perusahaan yang tidak mengizinkan karyawannya untuk mengundurkan diri selama kontrak berlangsung tersebut akan meminta sang karyawan terkait untuk membuat  pernyataan untuk tidak mengundurkan diri. Berikut ini contoh formatnya:

surat pernyataan tidak mengundurkan diri

Sumber: Made Blog

4. Surat komitmen untuk menyelesaikan proyek

Contoh selanjutnya adalah surat komitmen untuk menyelesaikan proyek atau pesanan. Dokumen ini dibuat oleh mitra atau supplier kepada pelanggan mereka supaya mereka yakin bahwa mereka memesan produk barang dan jasa dari perusahaan yang bertanggungjawab. Berikut ini contohnya:

surat komitmen menyelesaikan proyek

Sumber: Scribd

5. Surat pernyataan CPNS

Bagi Anda yang tertarik menjadi abdi negara, maka wajib bagi Anda untuk melampirkan surat pernyataan kesanggupan bekerja, bersih dari narkoba dan tindakan kriminal lainnya, serta diberhentikan secara tidak hormat dari instansi lainnya. 

Umumnya, format surat pernyataan ini  sudah disediakan di instansi pemerintah tempat Anda mendaftar. Contoh di bawah ini hanyalah sebagai gambaran umumnya saja.

surat pernyataan CPNS

6. Surat pernyataan komitmen kembali ke Indonesia

Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah Indonesia saat memberikan beasiswa kuliah ke luar negeri adalah menarik kembali mahasiswa yang belajar di luar negeri tersebut untuk bekerja di Indonesia. Hal ini karena banyak mahasiswa yang enggan kembali ke Indonesia setelah kuliah di luar negeri karena menemukan banyak peluang yang lebih menarik dan menggiurkan. 

Surat pernyataan komitmen untuk kembali ke Indonesia ini adalah salah satu di antara sekian banyak upaya pemerintah untuk mendorong para mahasiswa penerima beasiswa tersebut untuk kembali ke dalam negeri. 

surat pernyatan komitmen kembali ke Indonesia

Sumber: Pubhtml5

Cara Membuat Surat Komitmen Kerja yang Baik

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwasanya terkadang perusahaan mengirimkan format surat pernyataan komitmen kerja karyawan yang tinggal ditandatangani dan diberi meterai oleh karyawan yang bersangkutan. Namun jika Anda diharuskan untuk membuat surat komitmen kerja karyawan secara mandiri, berikut ini beberapa langkah membuat surat komitmen kerja yang baik:

1. Tentukan tujuan

Apabila tujuan penulisan surat tersebut lebih dari satu, pastikan Anda menyampaikannya menggunakan bullet point sebagaimana contoh di atas.

2. Pastikan format surat tersebut sesuai dengan kaidah surat resmi

Surat pernyataan merupakan salah satu jenis surat resmi, oleh sebab itu, pastikan format surat tersebut sesuai dengan kaidah penulisan surat formal. Misalnya, jika Anda mewakili perusahaan, maka pastikan ada kop yang berisi data perusahaan di bagian atas surat tersebut. 

3. Penulisan dan isi

Tidak hanya format, pastikan sebelum Anda menandatangani dan membubuhkan meterai ke atas dokumen tersebut, Anda telah memastikan kalau tidak ada typo dalam dokumen tersebut dan isinya benar-benar sesuai dengan keinginan Anda. Sebab, kesalahan penulisan pada teks bisa mengakibatkan perusahaan menilai Anda kurang profesional, sementara Anda juga harus mempertanggungjawabkan keseluruhan isi surat tersebut. 

4. Tandatangani dengan benar

Biasanya, orang Indonesia membuat tanda tangan seribet mungkin supaya tidak bisa ditiru oleh orang lain. Namun hal ini bisa juga berakibat mereka kesulitan untuk membuat tanda tangan mereka sendiri, khususnya untuk dokumen digital. 

Nah, jika Anda mengalami masalah ini, Anda bisa menggunakan PrivySign. Sebab di aplikasi ini, Anda hanya perlu sekali menggambar tanda tangan Anda dan menyimpannya supaya bisa digunakan kembali dengan cara menempelkannya pada bagian surat yang diinginkan. Anda tidak perlu khawatir soal legalisasi surat ini, karena PrivySign dilengkapi dengan sertifikat elektronik, sehingga Anda dan penerima surat tersebut dapat melihat kapan Anda menandatanganinya. 

Tinggalkan Balasan