Identitas Digital Cegah Konsumen Daftar Berulang

header cegah daftar ulang

Identitas digital adalah serangkaian informasi mengenai diri Anda dalam format digital. Dalam hal ini, identitas digital merujuk pada segala jenis informasi yang dicantumkan saat mendaftar ke layanan online, mulai dari nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon, NIK, NPWP, hingga rekam medis dan riwayat pendidikan. 

Dalam transaksi digital, identitas semacam ini memiliki banyak manfaat bagi para konsumen seperti Anda. Contoh paling sederhana adalah saat Anda akan mengajukan pembuatan kartu kredit atau membuka rekening secara online. Identitas digital yang telah tersimpan seperti alamat email akan membuat sistem untuk mencegah Anda mendaftar berulang kali dengan informasi yang sama. 

Selain itu, identitas digital juga mendatangkan banyak manfaat bagi konsumen saat melakukan transaksi digital. Apa saja? 

Proses login yang aman.
Daftar ke Sebuah Layanan Lebih Singkat

1. Daftar ke sebuah layanan dengan mudah

Dengan adanya identitas digital, Anda tidak perlu repot lagi untuk menyiapkan berbagai dokumen identitas seperti KTP atau paspor. Kembali lagi pada contoh pendaftaran kartu kredit online atau pembukaan rekening online.

Penggunaan identitas digital memungkinkan calon nasabah untuk masuk dengan email dan password tanpa harus mengisi ulang informasi seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat secara berulang. 

Hal yang sama terjadi saat Anda ingin registrasi atau login ke situs-situs tertentu. Anda tak perlu lagi punya berbagai username dan password berbeda. Cukup masukkan identitas digital, nantinya data akan diautentikasi melalui aplikasi masing-masing pengguna.

2. Praktis digunakan

Tidak seperti identitas atau tanda pengenal konvensional, identitas digital tidak memiliki bentuk fisik. Sebab, identitas tersebut tersimpan dalam suatu server yang ada di dunia maya. Lalu, bagaimana caranya agar identitas tersebut bisa digunakan? Untuk bisa menggunakan identitas digital sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengetikkan informasi yang dibutuhkan.  

3. Aman dan terpercaya

Lalu, apakah identitas digital aman dan bisa dipercaya? Pertanyaan ini sering kali ditanyakan oleh para konsumen. Mereka takut data akan disalahgunakan untuk hal-hal negatif. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda tak perlu merasa khawatir.

Pasalnya, identitas ini telah dilindungi sistem keamanan canggih. Pada dasarnya, keamanan tersebut memang bergantung pada tempat Anda menyimpan data tersebut.

Namun, untuk sekarang, kebanyakan lokasi sudah menerapkan sistem keamanan canggih dan modern yang memungkinkan konsumen melacak status identitas mereka. Apabila memang terjadi penyalahgunaan, maka konsumen akan mendapatkan pemberitahuan.

Terjaganya privasi individu adalah salah satu manfaat identitas digital selain praktis.
Privasi Lebih Terjaga dengan Identitas Digital

4. Privasi tetap terlindungi

“Jika informasi saya berada di internet, itu artinya semua orang bisa mengaksesnya?”. Anda mungkin pernah memikirkan hal yang sama. Ada suatu anggapan bahwa setiap hal yang masuk ke internet pasti akan menjadi milik bersama dan tidak ada lagi privasi. Benarkah demikian? Hal tersebut berbeda pada kasus identitas digital, seperti yang disediakan Privy. Ini karena tiap identitas yang ada sebenarnya dilindungi oleh suatu sistem yang unik.

Ibaratnya, identitas tersebut dilindungi oleh suatu gembok rahasia. Gembok dipegang oleh sistem dan kunci dipegang oleh Anda sebagai konsumen. Hanya Anda dan sistem yang tahu mana kombinasi gembok dan sistem yang pas untuk mengakses identitas.

Dengan kata lain, identitas digital Privy mengedepankan adanya consent dari pengguna ketika akan membagikan data ke merchant tertentu. Saat pengguna setuju berbagi data yang dibutuhkan merchant, Privy akan mengirimkan 2-factor authentication sebagai pengamanan lapis kedua agar keamanan semakin terjamin.

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa identitas digital tak sekadar mencegah Anda membuat akun ganda, tapi juga membantu meningkatkan keamanan pribadi dan bahkan membantu dalam hal efisiensi waktu. Salah satu bentuk aplikasi identitas digital adalah tanda tangan elektronik. 

Dengan tanda tangan elektronik, Anda tidak perlu lagi membubuhkan tanda tangan basah pada tiap dokumen. Anda bisa langsung menandatangani dokumen digital sehingga lebih hemat waktu. Validitas pemilik identitas digital pun pasti terverifikasi kebenaran datanya karena telah melalui proses verifikasi ke database Ditjen Dukcapil, termasuk data biometrik wajahnya.

Tertarik untuk mencoba identitas digital dan tanda tangan digital? Cukup download Privy di Google Play atau iOS App Store. Gratis! 

Tinggalkan Balasan