Tanda tangan di e-Meterai menjadi salah satu aspek penting dalam proses administrasi digital saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan e-Meterai makin umum digunakan dalam berbagai transaksi bisnis. Namun, masih banyak yang bertanya-tanya tentang cara yang tepat untuk menandatangani dokumen menggunakan e-Meterai. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai 5 cara […]
6 Jenis Autentikasi yang Perlu Anda Ketahui
Dalam dunia digital yang makin maju, keamanan informasi menjadi makin penting. Salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan dalam upaya menjaga keamanan adalah memahami berbagai jenis autentikasi. Melalui autentikasi, upaya percobaan login akan melalui proses verifikasi identitas pengguna terlebih dahulu untuk memastikan bahwa mereka benar-benar adalah orang yang seharusnya. Melalui artikel ini, Privy akan menjelaskan […]
6 Contoh Surat Pengaduan Berbagai Keperluan dan Formatnya
Surat pengaduan adalah jenis surat resmi yang dibuat oleh seseorang atau kelompok untuk menyampaikan keluhan, keberatan, atau permasalahan terkait suatu hal kepada pihak yang berwenang atau yang dapat memberikan solusi. Fungsi utama surat pengaduan adalah sebagai sarana komunikasi tertulis yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi atau mengungkapkan ketidakpuasan terhadap suatu layanan atau situasi. […]
5 Keuntungan Tanda Tangan Digital bagi Bisnis UMKM
Dalam era digital ini, transformasi bisnis menjadi suatu keharusan, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tanda tangan digital adalah salah satu inovasi yang semakin diterima dan diadopsi oleh UMKM untuk meningkatkan efisiensi operasional dan keamanan transaksi. Apa saja sih manfaatnya? Berikut 5 keuntungan tanda tangan digital bagi bisnis UMKM Anda. Selengkapnya simak dibawah […]
Pasal Penipuan Online untuk Perlindungan Transaksi Digital
Tidak dapat dipungkiri kalau saat ini penipuan online sudah sangat meresahkan. Modusnya bisa bermacam-macam, mulai dari mengaku sudah transfer tapi ternyata belum, hingga mengirimkan pesan yang menyebutkan akan memberi hadiah, padahal justru menyusupkan malware. Untuk melindungi masyarakat Indonesia dari tindak pidana ini, pemerintah sudah menyiapkan paket undang-undang yang bisa dimanfaatkan konsumen maupun produsen untuk menjerat […]
7 Contoh Memo Resmi untuk Berbagai Keperluan Bisnis
Kesuksesan sebuah perusahaan tidak hanya terletak pada kemampuan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada konsumen atau pelanggan, tetapi juga terletak pada kemampuan perusahaan untuk mengkomunikasikan instruksi, ide dan berbagai keperluan lain kepada karyawan secara efisien. Fungsi Memo Resmi Salah satu alat komunikasi internal perusahaan yang efisien itu adalah memorandum atau memo. Memorandum atau memo adalah tulisan […]
Perbedaan SPT Masa dan SPT Tahunan
Bagi Anda yang merupakan wajib pajak baru, mungkin masih asing dengan yang namanya SPT masa dan SPT tahunan. Padahal pengetahuan ini penting bagi wajib pajak agar pelaporan pajak sukses dan lancar juga terhindar dari denda pajak. Artikel kali ini akan membahas apa itu SPT masa, SPT tahunan sekaligus perbedaan antara keduanya. Simak selengkapnya berikut ini! […]
8 Cara membuat Kwitansi Pembayaran & Contohnya
Kwitansi adalah salah satu dokumen jual beli yang penting untuk dimiliki sebuah perusahaan. Dokumen ini menjadi bukti pembayaran yang sah atas transaksi yang dilakukan oleh konsumen atas barang atau jasa tertentu, sehingga dokumen ini bisa menjadi alat bukti yang diajukan di pengadilan apabila terjadi kesalahan transaksi. Oleh sebab itu, pembuatan dan pengisian kwitansi tidak boleh […]
Apa itu Verifikasi Identitas Digital dan Pentingnya dalam Transaksi Elektronik
Adanya transaksi elektronik, seperti belanja di e-commerce atau menggunakan QRIS memang memudahkan masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun tidak dapat dipungkiri kalau transaksi seperti ini memiliki risiko tersendiri. Risiko tersebut, seperti kebocoran dan penyalahgunaan data hingga tindak pidana pencucian uang (TPPA). Solusi utama dalam menanggulangi risiko ini adalah dengan melakukan verifikasi identitas pengguna terkait […]
Cara Meningkatkan Efisiensi Proses Customer Onboarding pada Bisnis
Meningkatkan efisiensi proses customer onboarding dalam bisnis menjadi salah satu hal yang penting sebab bisa memberikan pengalaman kepada pelanggan yang lebih baik. Hal ini baik untuk kelangsungan usaha Anda. Bagaimana cara meningkatkannya? Berikut penjelasan lengkap mengenai cara meningkatkan efisiensi customer onboarding pada bisnis. Simak artikel ini sampai akhir! Pengertian Customer Onboarding Customer onboarding adalah proses […]