Mengenal Rekam Medis Elektronik, Fungsi & Aturannya

karakter dengan ikon ecg jantung

Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia kesehatan tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah rekam medis. Rekam medis bertujuan menyediakan pandangan lengkap dan akurat mengenai kondisi seseorang sehingga dapat digunakan oleh berbagai pihak dalam melakukan perawatan pasien.

Transformasi digital yang hadir di bidang kesehatan ternyata mempermudah segala prosedur kesehatan, termasuk rekam medis. Telah hadir terobosan baru yaitu rekam medis elektronik yang sudah mulai diterapkan di beberapa rumah sakit besar. Apa itu rekam medis elektronik? Pembahasan lengkapnya bisa Anda simak berikut ini!

Apa Itu Rekam Medis Elektronik?

Rekam medis elektronik adalah bentuk rekam medis yang tersimpan secara digital dan dapat diakses secara elektronik. Rekam medis elektronik atau yang juga disebut electronic health record merupakan evolusi dari pendekatan tradisional berupa catatan kesehatan yang dilakukan secara manual di atas kertas. 

Rekam medis elektronik mencakup sejumlah informasi kesehatan pasien, termasuk riwayat medis, diagnosis, tindakan medis, obat-obatan yang diberikan, hasil laboratorium, dan informasi lainnya terkait perawatan kesehatan.

Tujuan utama dari implementasi rekam medis elektronik adalah untuk meningkatkan efisiensi, koordinasi, dan kualitas perawatan pasien. Dengan adanya EHR, informasi kesehatan pasien dapat diakses secara cepat oleh berbagai penyedia layanan kesehatan yang terlibat dalam perawatan, seperti dokter, perawat, ahli farmasi, dan ahli kesehatan lainnya. Hal ini membantu dalam mengurangi redudansi informasi, meningkatkan keselamatan pasien, dan mendukung pengambilan keputusan klinis yang lebih baik.

Rekam medis elektronik juga memungkinkan pasien untuk mengakses informasi kesehatan mereka sendiri secara online, memberikan keterlibatan pasien yang lebih besar dalam manajemen kesehatan pribadi. 

Fungsi Rekam Medis Elektronik

Setelah memahami mengenai pengertian rekam medis elektronik, selanjutnya adalah pembahasan mengenai fungsinya. Berikut fungsi rekam medis elektronik di bidang kesehatan.

1. Mempercepat pelayanan 

Fungsi rekam medis elektronik yang pertama adalah mempercepat pelayanan. Rekam medis elektronik (RME) adalah suatu sistem yang memungkinkan penyimpanan, manajemen, dan pertukaran informasi kesehatan pasien secara digital. Dengan adopsi RME, proses pelayanan kesehatan dapat dipercepat secara signifikan. 

Dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya dapat dengan mudah mengakses riwayat medis pasien, hasil pemeriksaan, serta rencana perawatan tanpa keterlambatan yang disebabkan oleh pencarian manual atau pengolahan dokumen fisik.

Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dalam pengambilan keputusan medis, tetapi juga meminimalkan risiko kesalahan dan memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tepat kepada pasien. Selain itu, RME juga memfasilitasi kolaborasi antara tim medis, memungkinkan pertukaran informasi yang real-time dan koordinasi yang lebih baik dalam memberikan perawatan holistik kepada pasien.

2. Memudahkan pencarian data pasien 

Rekam Medis Elektronik (RME) memudahkan pencarian data pasien dengan cara menyimpan informasi kesehatan secara digital. Bayangkan jika riwayat medis pasien disimpan dalam buku-buku tebal, pencarian akan menjadi sangat sulit dan memakan banyak waktu. 

Tetapi dengan RME, semua data pasien tersimpan dalam sistem komputer yang dapat dengan cepat dicari dan diakses oleh tenaga medis. Ini seperti memiliki mesin pencari khusus untuk informasi kesehatan setiap pasien, sehingga dokter dan perawat dapat dengan mudah menemukan data yang diperlukan bahwa dalam waktu beberapa detik saja untuk memberikan perawatan yang terbaik.

3. Menjamin kerahasian dan keamanan data pasien

Salah satu fungsi utama dari Rekam Medis Elektronik (RME) adalah menjamin kerahasiaan dan keamanan data pasien. Dengan menyimpan informasi kesehatan dalam format digital, RME memungkinkan penerapan kontrol akses yang ketat untuk memastikan bahwa hanya pihak yang berwenang, seperti dokter dan tenaga kesehatan yang terlibat dalam perawatan pasien, yang dapat mengakses informasi tersebut. 

Sistem keamanan yang baik juga dapat mencakup enkripsi data dan tindakan perlindungan lainnya untuk mencegah akses yang tidak sah atau potensi risiko kebocoran informasi. Dengan demikian, RME membantu menjaga privasi pasien dan memastikan bahwa data kesehatan mereka aman dari penggunaan yang tidak sesuai.

4. Efisiensi tempat 

Terakhir, RME berfungsi sebagai efisiensi tempat. Dengan adanya catatan data pasien secara digital, tak perlu lagi ada dokumen fisik yang bertumpuk menghabiskan banyak tempat penyimpanan.

Aturan Resmi Terkait Rekam Medis Elektronik

Rekam Medis Elektronik (RME) di Indonesia telah memiliki aturan resmi yang jelas. Pada tahun 2014, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan telah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269/MENKES/PER/III/2008 tentang Rekam Medis, yang mencakup pedoman pelaksanaan rekam medis di fasilitas pelayanan kesehatan. Meskipun peraturan tersebut tidak secara spesifik membahas rekam medis elektronik (RME), namun memberikan dasar bagi implementasi dan pengelolaan rekam medis, termasuk potensi pemanfaatan teknologi informasi.

Selanjutnya, terdapat Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2016 tentang Pelayanan Kefarmasian di Apotek yang mengamanatkan pemanfaatan teknologi informasi, termasuk RME, untuk mendukung pelayanan di apotek.

Penting untuk dicatat bahwa regulasi terkait dengan rekam medis elektronik dapat mengalami perubahan dari waktu ke waktu, dan karenanya, disarankan untuk selalu merujuk pada peraturan-peraturan terbaru yang dikeluarkan oleh pihak berwenang, seperti Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, atau mendiskusikan implementasi RME dengan pihak yang berkompeten di bidang kesehatan dan hukum.

Manfaat Rekam Medis Elektronik

Rekam Medis Elektronik (RME) memberikan berbagai manfaat yang signifikan bagi penyedia layanan kesehatan, pasien, dan sistem kesehatan secara keseluruhan. Berikut beberapa manfaat dari Rekam Medis Elektronik. 

1. Koordinasi perawatan yang lebih baik: RME mendukung kolaborasi antara berbagai tim medis dan penyedia layanan kesehatan. Informasi medis yang terintegrasi memungkinkan komunikasi yang lebih baik antar spesialis, dokter, perawat, dan profesional kesehatan lainnya untuk memberikan perawatan yang terkoordinasi.

2. Mengurangi kesalahan medis: RME dapat membantu mengurangi risiko kesalahan medis karena penggunaan catatan medis yang lebih akurat, terstruktur, dan mudah diakses. Ini mencakup pencegahan duplikasi tes, pemantauan alergi, dan peringatan interaksi obat.

3. Efisiensi administratif: Menggantikan dokumen fisik dengan RME dapat mengurangi biaya administratif, ruang penyimpanan, dan pekerjaan yang terkait dengan pengelolaan rekam medis tradisional.

4. Peningkatan kualitas pelayanan: Dengan akses yang lebih cepat dan informasi yang lebih akurat, pelayanan kesehatan dapat ditingkatkan secara keseluruhan, membantu meningkatkan kualitas perawatan pasien.

Nah, berikut di atas merupakan penjelasan lengkap mengenai pengertian, fungsi, aturan resmi dan manfaat dari Rekam Medis Elektronik. Supaya lebih praktis lagi Anda bisa integrasikan RME dengan tanda tangan digital dari Privy. Tanda tangan digital dari Privy sangat praktis digunakan, hanya beberapa menit saja prosesnya. 

Penggunaan Rekam Medis Elektronik (RME) yang terintegrasi dengan layanan Tanda Tangan (TTD) elektronik, seperti yang disediakan oleh Privy, dapat membawa manfaat besar dalam pengurusan administrasi, terutama di bidang kesehatan. Integrasi ini dapat mempercepat proses administratif, meningkatkan keamanan dokumen, dan meningkatkan efisiensi operasional di berbagai aspek.

Selain itu, Privy juga memastikan bahwa setiap transaksi tanda tangan digital dilakukan secara aman dan rahasia. Sistem keamanan Privy memenuhi standar industri tertinggi, melibatkan pengamanan data pada setiap tahap, mulai dari saat dokumen diunggah hingga proses tanda tangan digital. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan instansi Anda bergabung ke Privy Enterprise sekarang juga!

Tinggalkan Balasan