Sadarkah Anda bahwa layanan pinjaman online atau yang sering disebut pinjol telah menjadi alternatif utama bagi masyarakat yang memerlukan akses cepat dan mudah untuk mendapatkan dana. Namun, di tengah kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan, terdapat risiko penyalahgunaan dan penipuan yang mengintai. Oleh karena itu, mengenali ciri-ciri pinjol legal sangat penting untuk mengidentifikasi mana saja lembaga […]
Kelebihan Arsip Elektronik: Solusi Efisien untuk Pengelolaan Dokumen Bisnis
Dalam era digital ini, pengelolaan dokumen bisnis menjadi makin penting untuk mendukung efisiensi operasional. Salah satu solusi yang populer adalah penggunaan arsip elektronik. Arsip elektronik memberikan kemudahan akses dan menawarkan sejumlah kelebihan yang dapat meningkatkan produktivitas dan keamanan dalam pengelolaan dokumen bisnis. Lantas, apa saja kelebihan arsip elektronik? Dalam artikel ini, Privy akan membahas secara […]
7 Keuntungan Menggunakan Tanda Tangan Digital untuk Bisnis Anda
Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan penandatanganan dokumen-dokumen bisnis? Berapa besar biaya yang harus Anda keluarkan untuk menyiapkan hingga menyewa jasa kurir untuk mengembalikan dokumen perjanjian? Meski pertanyaan-pertanyaan ini terkesan sepele, namun menandatangani berbagai dokumen sesungguhnya merupakan satu kegiatan esensial dalam keseharian Anda sebagai pelaku bisnis. Sebagaimana disebutkan dalam Hukum Perdata, tanda tangan […]
Rekam Medis Elektronik: Tujuan, Fungsi, serta Aturannya
Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia kesehatan tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah rekam medis. Rekam medis bertujuan menyediakan pandangan lengkap dan akurat mengenai kondisi seseorang sehingga dapat digunakan oleh berbagai pihak dalam melakukan perawatan pasien. Transformasi digital yang hadir di bidang kesehatan ternyata mempermudah segala prosedur kesehatan, termasuk rekam medis. Telah hadir […]
6 Kelebihan Sistem Persuratan Digital bagi Bisnis
Digitalisasi di berbagai sektor kehidupan sekarang ini semakin digencarkan. Mulai dari sektor pendidikan, sektor kesehatan, hingga sektor bisnis. Digitalisasi ini mulai mencakup seluruh aspek operasional, seperti pembuatan jadwal, rapat atau meeting, hingga surat menyurat. Jadi, bisa dibilang sekarang kebanyakan perusahaan menggunakan aplikasi persuratan digital karena berikan banyak keuntungan dan kemudahan. Proses penyampaian informasi pun menjadi […]
4 Contoh Surat Pembatalan Perjanjian beserta Formatnya
Berbicara tentang transaksi yang melibatkan dua pihak atau lebih, tidak lepas dari adanya surat perjanjian. Sesuai dengan namanya, surat perjanjian dibuat untuk mengikat hak dan tanggung jawab setiap pihak agar terlaksana dan tercapai kesepakatan bersama. Namun, seiring berjalannya waktu, mungkin saja salah satu pihak menginginkan perjanjian tersebut dibatalkan. Lantas, apakah bisa surat tersebut dibatalkan? Bagaimana […]
7 Perbedaan Surat Resmi dan Tidak Resmi serta Contohnya
Surat menyurat sejak dahulu sudah menjadi cara masyarakat Indonesia sebagai sarana komunikasi tertulis yang tinggal berjauhan untuk saling bertukar kabar. Bahkan, dulu banyak majalah yang menyelenggarakan semacam kompetisi untuk mendapatkan sahabat pena, orang yang tinggal jauh dari lokasi tempat tinggal Anda namun Anda mengenalnya melalui kegiatan ini. Begitu pun dengan radio yang seringkali membacakan surat […]
Ketahui 6 Cara Membuat Stempel Online dengan Benar
Stempel merupakan salah satu kebutuhan penting dalam berbagai bidang, baik itu bisnis maupun keperluan pribadi. Namun, dengan perkembangan teknologi, kini Anda tidak perlu repot-repot pergi ke toko stempel fisik untuk membuat stempel. Anda bisa membuat stempel secara online dengan mudah dan praktis. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara komprehensif tentang cara membuat stempel online […]
6 Cara Membuat Signature Email dengan Mudah dan Efektif
Dalam era digital seperti sekarang, email menjadi salah satu sarana komunikasi yang paling umum digunakan baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Namun, tahukah Anda bahwa selain sebagai alat komunikasi, email juga bisa digunakan untuk memperkuat citra profesional seseorang? Salah satunya adalah dengan menambahkan signature email yang efektif dan menarik. Signature email bukan sekadar tanda tangan […]
5 Contoh Surat Pernyataan Non PKP, Fungsi, dan Formatnya
Surat pernyataan non PKP (Pemungut Kena Pajak) dibutuhkan bagi pengusaha atau badan usaha agar tidak terkena pemungutan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) meski usaha tersebut melakukan kegiatan penyerahan barang dan jasa. Hal ini karena usaha tersebut memang belum dikukuhkan. Apa sih surat pernyataan non PKP itu? Bagaimana contoh dan formatnya? Simak selengkapnya berikut ini! Fungsi dan […]