Fleksibilitas Identitas Digital di Berbagai Sektor

Fleksibilitas Identitas Digital di Berbagai Sektor

Teknologi pada dasarnya diciptakan untuk mempermudah setiap pekerjaan manusia. Teknologi tersebut tidak melulu soal mesin produksi suatu pabrik atau perusahaan, tetapi juga teknologi pelayanan masyarakat. Identitas digital adalah salah satu dari teknologi digital yang diciptakan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai pelayanan publik tersebut. 

Beberapa tahun yang lalu, sistem administrasi tidak mengenal istilah digital. Semua masih dilakukan secara konvensional dengan menggunakan kertas dan tanda tangan basah, sehingga prosesnya harus dilakukan secara tatap muka langsung. Kini, manfaat identitas digital tanpa disadari telah Anda rasakan di berbagai sektor, mulai dari perbankan, asuransi, fintech, hospitality, dan bidang kesehatan. 

Berbeda halnya dengan bentuk digital yang tidak memiliki bukti fisik, tetapi proses pembuatannya memiliki efisiensi waktu serta praktis untuk digunakan di dunia yang serba digital seperti sekarang ini. Salah satu keuntungan yang bisa Anda rasakan adalah fleksibilitas di berbagai sektor berikut. 

Wanita karir mengakses layanan perbankan.
Membuka akun bank cepat dan mudah dengan identitas digital

1. Perbankan

Manfaat identitas digital di dunia perbankan berkaitan dengan pelayanan publik. Perkembangan digital juga berpengaruh pada berubahnya sistem pelayanan di bidang perbankan.

Dulu, kita harus melakukan aktivitas tatap muka ketika ingin mengakses layanan-layanan perbankan, seperti pembukaan rekening baru, aplikasi kartu kredit, dan sebagainya. Kini, dengan identitas digital, proses-proses tersebut bisa menjadi lebih mudah.

Dengan teknologi e-KYC (Know Your Customer), identifikasi nasabah bisa dilakukan secara online menggunakan identitas digital. 

Hingga kini, penerapannya terus dikembangkan guna menghindari risiko kejahatan dengan menggunakan teknologi pengenalan wajah (face recognition) sebagai langkah identifikasi. Hal ini dapat mempermudah nasabah dalam melakukan autentikasi.

Dengan demikian, berbagai proses perbankan pun dapat dilakukan dengan lebih praktis.

2. Asuransi

Mungkin Anda pernah mengurus administrasi asuransi dengan sistem konvensional. Menyiapkan berkas administrasi dalam bentuk fisik bisa terasa menjengkelkan akibat banyaknya dokumen fisik yang harus disiapkan, proses verifikasi yang butuh waktu lama, hingga risiko terjadinya maladministrasi. 

Dengan pemanfaatan identitas digital, nasabah bisa mengurus proses registrasi dan administrasi asuransi secara lebih mudah, cepat, dan praktis.

Di sisi lain, pihak penyedia asuransi akan mampu melakukan proses akuisisi dan verifikasi nasabah secara lebih mudah dan cepat. Kejahatan seperti klaim asuransi palsu pun bisa dicegah. Selain itu, risiko penyalahgunaan identitas dan maladministrasi juga dapat diminimalisir, sehingga memberikan layanan lebih baik bagi nasabah.

3. Fintech

Manfaat identitas digital juga ikut dirasakan di bidang finansial, terutama fintech.

Kehadiran identitas digital mempermudah institusi finansial dan startup fintech dalam melakukan proses verifikasi dan identifikasi. Proses identifikasi digital dinilai lebih mempermudah customer karena bisa dilakukan di mana pun sehingga lebih praktis. 

Tak kalah penting, pemanfaatan identitas digital di bidang fintech juga mampu mencegah terjadinya fraud dan identity theft. Dengan menerapkan proses e-KYC, identitas digital dapat menjadi solusi bagi fintech untuk melakukan fraud detection dalam meminimalisir risiko penyalahgunaan identitas untuk kontrak peminjaman.

Terlebih jika ditambah dengan penggunaan tanda tangan digital, bisa dipastikan bahwa nasabah yang mengajukan pinjaman sudah terverifikasi identitasnya sehingga non-repudiation.

4. Hospitality

Manfaat identitas digital juga dirasakan di bidang hospitality, seperti resto, perhotelan, wisata, dan rekreasi.

Tamu atau pengunjung tidak perlu lagi melakukan online booking secara mandiri. Semuanya bisa dilakukan tanpa sentuhan kontak lewat tanda tangan digital atau verifikasi identitas digital. Data-data seperti riwayat vaksinasi bisa ditampilkan hanya melalui scan barcode.

Selain mempermudah, teknologi identitas digital juga mempercepat proses registrasi sehingga lebih praktis, baik dari sisi konsumen maupun penyedia jasa.

Dokter mengecek rekam medis pasien.
Rekam medis lebih mudah diakses melalui satu identitas digital

5. Kesehatan

Sektor kesehatan dinilai masih kurang memanfaatkan teknologi sebagai proses administrasi yang lebih cepat, sebab proses administrasi masih dilakukan dengan cara konvensional. Akan tetapi, beberapa rumah sakit dan pelayanan kesehatan sudah berusaha untuk mengalihkan proses pendaftaran dan reservasi ke ranah digital.Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses penanganan pasien. Pasien juga bisa melakukan proses registrasi atau pendaftaran layanan kesehatan sebelum ia sampai di lokasi rumah sakit. Selain itu, pasien atau keluarga terkait juga tidak perlu mengisi formulir data diri hingga riwayat penyakitnya, sebab semuanya telah tercatat secara digital.

Itulah beberapa manfaat identitas digital di berbagai sektor kehidupan. Pada dasarnya, semua itu dilakukan untuk memperoleh fleksibilitas dan efisiensi pelayanan. Anda jadi bisa melakukan pendaftaran, check-in, dan pemesanan sebelum tiba di tempat tujuan. Untuk memaksimalkan layanan identitas digital, gunakan layanan dari Privy yang telah dipercaya oleh 22 juta pengguna! 

Tinggalkan Balasan