5+ Contoh Surat Rekomendasi Atasan untuk Berbagai Keperluan

karakter duduk

Bagi Anda yang sudah malang melintang di dunia kerja, tentu sudah asing dengan surat resmi bernama surat rekomendasi. Surat rekomendasi biasa diperlukan ketika Anda hendak melamar ke perusahaan yang besar atau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Bagaimana sih format surat rekomendasi atasan yang baik dan benar? Berikan 5+ contoh surat rekomendasi atasan untuk berbagai keperluan. Simak selengkapnya berikut ini. 

Fungsi Surat Rekomendasi Atasan

Surat rekomendasi memiliki beberapa keperluan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya fungsi dari surat rekomendasi bisa untuk melamar pekerjaan atau pun melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Simak fungsi selengkapnya berikut ini. 

1. Membantu dalam proses rekrutmen

Surat rekomendasi berfungsi sebagai alat yang sangat berharga dalam proses rekrutmen. Apalagi jika Anda mengincar perusahaan nasional/multinasional. Rekomendasi atasan yang positif bisa menunjukkan bahwa Anda merupakan kandidat pekerja yang memiliki integritas dan kinerja baik. 

Tak jarang, perusahaan besar menjadikan surat rekomendasi ini sebagai nilai plus. Pasalnya ini merupakan kejujuran dari atasan Anda. Perusahaan bisa mengeceknya melalui nomor yang Anda cantumkan saat proses rekrutmen. 

2. Mendukung pengajuan beasiswa dan program pendidikan lainnya 

Surat rekomendasi juga berfungsi dalam mendukung pengajuan beasiswa dan program pendidikan lainnya. ketika Anda melamar beasiswa atau mendaftar ke jenjang yang lebih tinggi seperti S2 biasanya diperlukan dokumen ini sebagai bukti bahwa Anda memang memiliki kredibilitas serta kemampuan akademik dan profesionalisme. 

3. Mendukung permohonan kenaikan jabatan 

Ternyata, tak hanya untuk melamar pekerjaan baru dan melamar beasiswa pendidikan saja. Surat rekomendasi juga berfungsi untuk mendukung permohonan kenaikan jabatan yang diajukan. 

Hal ini karena dokumen satu ini, bisa menunjukkan kepada pemilik perusahaan atau CEO bahwa Anda memang memberikan kinerja terbaik dan layak untuk dipromosikan memiliki jabatan yang lebih tinggi. 

4. Memberikan rekomendasi dalam proses bisnis atau kolaborasi

Biasanya, saat melakukan kerjasama atau kolaborasi, maka surat rekomendasi berfungsi meyakinkan klien supaya benar-benar menandatangani kontrak kerjasama antara tim atau pihak tertentu. 

Contoh Surat Rekomendasi Atasan untuk Berbagai Keperluan

Setelah mengetahui berbagai fungsi surat rekomendasi, simak contohnya dibawah ini sebagai referensi untuk Anda. 

1. Contoh surat rekomendasi resmi untuk melamar pekerjaan  

surat rekomendasi resmi untuk melamar pekerjaan

2. Contoh surat rekomendasi semi-formal untuk melamar pekerjaan

surat rekomendasi semi formal untuk melamar pekerjaan

3. Contoh surat rekomendasi atasan untuk melamar beasiswa

surat rekomendasi melamar beasiswa

4. Contoh surat rekomendasi untuk melanjutkan ke jenjang S2

surat rekomendasi studi s2

5. Contoh surat rekomendasi atasan untuk kenaikan jabatan

surat rekomendasi kenaikan jabatan

6. Contoh surat rekomendasi atasan untuk kolaborasi

surat rekomendasi kolaborasi proyek

Cara Membuat Surat Rekomendasi Atasan

Setelah mengetahui beberapa contoh untuk referensi, kini sebagai atasan Anda bisa membuatnya untuk staf atau karyawan. Berikut cara membuat surat rekomendasi atasan dengan format yang tepat.

Tentu, berikut adalah empat cara untuk membuat surat rekomendasi atasan:

1. Identifikasi tujuan rekomendasi

Tentukan tujuan dari surat rekomendasi, apakah untuk melamar pekerjaan baru, mengajukan beasiswa, kenaikan jabatan, atau tujuan lainnya. Tujuan yang jelas akan membantu menentukan konten surat.

2. Pilih format surat yang tepat

Gunakan format surat resmi atau format yang sesuai dengan keperluan dan standar yang berlaku. Termasuk informasi seperti alamat pengirim, tanggal, alamat penerima, salam awal, konten surat, salam penutup, tanda tangan, dan identitas penulis.

3. Tuliskan poin-poin kunci

Jelaskan mengapa orang yang Anda rekomendasikan layak mendapatkan rekomendasi. Fokuskan pada kualitas, keterampilan, dan pencapaian yang relevan dengan tujuan rekomendasi. Berikan contoh konkret untuk mendukung pernyataan Anda.

4. Sertakan informasi kontak dan identitas

Pastikan untuk menyertakan informasi kontak Anda seperti nomor telepon dan alamat email, sehingga penerima dapat menghubungi Anda jika diperlukan. Tambahkan tanda tangan fisik pada surat, jika memungkinkan, serta identitas lengkap Anda, termasuk nama, jabatan, dan nama perusahaan.

Nah, berikut di atas merupakan fungsi, contoh surat rekomendasi atasan dan cara membuatnya. Kini Anda tidak perlu lagi bingung saat hendak membuatnya. Supaya lebih mudah, Anda bisa lho membuat template surat rekomendasi untuk berbagai keperluan di Privy. Fitur ini bisa digunakan apabila Anda menggunakan akun enterprise.

Tak hanya itu, Anda juga bisa sekalian membubuhkan tanda tangan digital pada surat rekomendasi menggunakan Privy. Sehingga lebih efektif dan efisien waktu saat membuatnya. Jadi tunggu apalagi? Yuk segera buat template surat rekomendasi dan tanda tangani di Privy!

Tinggalkan Balasan