5+ Contoh Surat Referensi Kerja dan Tips Membuatnya

karakter duduk di atas balon pink

Surat referensi kerja adalah salah satu dokumen resmi yang dapat Anda gunakan untuk membuat diri Anda tampak lebih unggul dibandingkan dengan kandidat lain yang melamar untuk posisi yang sama. Hal ini khususnya jika Anda melamar atas rekomendasi dari seorang teman yang bekerja di perusahaan tersebut. 

Tidak hanya itu, kini surat ini juga dibutuhkan ketika Anda melamar sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal ini mengingat bahwasanya untuk posisi ini, pemerintah membutuhkan tenaga kerja yang telah memiliki pengalaman minimal selama 2 tahun di bidangnya. 

Referensi kerja ini bisa ditulis dalam rekomendasi di bagian profil di aplikasi LinkedIn. Namun demikian, hal ini hanya akan berlaku jika Anda melamar pekerjaan melalui aplikasi tersebut atau pihak recruiter membaca profil LinkedIn Anda. 

Adapun jika Anda melamar melalui email, maka berikut ini 5 contoh surat referensi kerja dan tips cara membuatnya:

Contoh Surat Referensi Kerja

1. Contoh surat referensi kerja fresh graduate

Meskipun Anda adalah lulusan baru, namun bukan berarti Anda tidak bisa memiliki surat rekomendasi. Sebaliknya, Anda bisa meminta surat rekomendasi dari dosen pembimbing atau seperti surat di bawah, dosen yang bekerja sama dengan Anda di bidang penelitian. Hal ini khususnya jika pekerjaan yang Anda inginkan sesuai dengan pengalaman penelitian Anda. 

Kalau Anda pernah menjadi asisten akademik dosen (yang menggantikan dosen mengajar atau membantu dosen mengoreksi kinerja mahasiswa), maka Anda juga bisa meminta surat rekomendasi dari beliau. 

Surat ini bermanfaat bagi HRD supaya mereka bisa menilai kapabilitas dan soft skill Anda meskipun Anda belum memiliki banyak pengalaman. Hal ini tentunya juga akan bermanfaat apabila Anda melamar ke perusahaan yang memang direkomendasikan oleh dosen.

surat referensi kerja fresh graduate

2. Contoh surat referensi kerja bahasa inggris

Anda ingin melamar pekerjaan di perusahaan multinasional? Maka, surat referensi atau surat rekomendasi yang Anda buat juga harus menggunakan Bahasa Inggris, supaya bisa dimengerti oleh HRD di instansi terkait. Meskipun demikian, isi dari surat referensi ini tetap harus sama, yaitu berisi jabatan dari penulis surat tersebut dan bagaimana dia berinteraksi dengan Anda, serta alasan mengapa dia merekomendasikan Anda untuk mengisi jabatan terkait.

surat referensi kerja bahasa Inggris

3. Contoh surat referensi kerja untuk visa

Surat rekomendasi kerja juga dibutuhkan untuk mengajukan visa ke luar negeri. Hal ini karena tidak jarang bepergian ke luar negeri untuk kebutuhan bisnis membutuhkan waktu lebih dari satu hari, sehingga kedutaan negara terkait perlu memastikan bahwa pemohon visa tersebut memiliki sumber dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hariannya selama di negara tujuan dan benar-benar memiliki pekerjaan yang legal di Indonesia. 

surat referensi kerja untuk visa

4. Contoh surat referensi kerja dari instansi pemerintah

Surat rekomendasi kerja tidak hanya dibutuhkan oleh karyawan swasta, tetapi juga ASN dan pegawai pemerintah tidak tetap. Hal ini karena surat ini tidak hanya dibutuhkan untuk keperluan mencari pekerjaan, tetapi juga seringkali dibutuhkan untuk mengajukan kredit di bank, entah itu KPR maupun jenis kredit lainnya. Sebab, bank perlu diyakinkan bahwa Anda benar-benar bekerja di instansi terkait dan memiliki kemampuan untuk membayar lunas kredit yang telah diajukan.

surat referensi kerja dari instansi pemerintah

5. Contoh surat referensi kerja untuk freelancer

Sebagai individu yang jumlah pendapatannya tergantung pada jumlah klien yang dilayani, tentunya surat rekomendasi kerja menjadi sangat penting untuk freelancer. Dengan mendapatkan surat ini dari klien sebelumnya atau klien-klien besar, tentunya “nilai jual Anda” akan lebih tinggi dibandingkan dengan kandidat vendor lainnya.

surat referensi kerja untuk freelancer

Tips Membuat Surat Referensi Kerja

1. Ketahui informasi lengkap mengenai karyawan terkait

Sebelum membuat surat ini, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu informasi lengkap mengenai karyawan atau mantan karyawan terkait. Hal ini penting supaya Anda dapat mengetahui poin-poin apa dari karyawan tersebut yang bisa direkomendasikan secara jujur. Sebab walau bagaimanapun, rekomendasi dari Anda akan mempengaruhi ekspektasi perusahaan tempat karyawan tersebut berikutnya, sehingga rekomendasi ini tetap harus bisa dipertanggungjawabkan. 

2. Fokus pada kinerja

Tidak ada surat referensi yang bisa cocok untuk semua posisi. Sebab, setiap surat referensi harus disesuaikan dengan posisi yang ingin dilamar oleh karyawan tersebut. Sebab dengan fokus pada posisi yang akan dilamar, Anda telah memberi pernyataan yang jelas mengenai mengapa karyawan tersebut cocok untuk posisi terkait. 

Kalau Anda ingin memberikan rekomendasi kepada karyawan yang disukai karena puas dengan kinerjanya secara umum, Anda bisa memberikan referensi atau rekomendasi di kolom rekomendasi di akun LinkedIn milik karyawan tersebut. 

3. Membuat surat referensi menggunakan template dari Privy

Kini, perusahaan-perusahaan di Indonesia tidak perlu lagi menggunakan jasa desainer grafis untuk membuat template surat menyurat khusus untuk perusahaan. Dengan aplikasi Privy dan akun Privy Enterprise, terdapat ribuan template otomatis yang bisa digunakan untuk surat menyurat, termasuk diantaranya adalah template untuk membuat surat referensi kinerja. Caranya adalah:

  1. Buka akun Privy perusahaan Anda. 
  2. Pilih menu semua dokumen. 
  3. Pilih template dokumen untuk mengetahui desain template dokumen yang sudah tersedia. 
  4. Pilih template sesuai dengan selera.
  5. Beri nama dan isi dokumen sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 
  6. Klik simpan sebagai template untuk menggunakan template tersebut dalam berbagai kegiatan di masa depan. 

Selain praktis, membuat template surat di Privy juga lebih terjamin rapi dibandingkan dengan Anda membuat template ini secara manual. 

4. Menggunakan aplikasi tanda tangan digital

Ketika mendapatkan permohonan pengajuan referensi kerja, bisa jadi karyawan terkait sedang tidak berada di kantor Anda atau bahkan sudah meninggalkan kantor jauh-jauh hari. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membuat surat referensi ini menggunakan aplikasi tanda tangan digital, seperti Privy. 

Sebab, dengan membubuhkan digital signature menggunakan aplikasi khusus, tanda tangan Anda lebih aman dari pemalsuan dan dijamin keabsahannya di dunia internasional. Selain itu dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga tidak perlu mencetak dokumen tersebut dan tinggal mengirimkannya kepada karyawan terkait atau perusahaan yang ditujunya. 

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan Anda untuk membuat template surat untuk keperluan apapun dengan lebih mudah, praktis dan murah. Gunakan template dan tanda tangan digital dari Privy untuk membuat surat rekomendasi kerja yang cantik, rapi dan terjamin keabsahannya. 

Tinggalkan Balasan