Cara Membuat Tanda Tangan Keren dan Aesthetic + Contoh

Tanda tangan bentuk lettering dan karakter berdiri

Dalam praktiknya, salah satu fungsi tanda tangan adalah untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan keperluan administrasi seperti dokumen perjanjian, transaksi, hingga berbisnis. Adanya TTd menunjukkan bahwa seseorang tersebut bertanggung jawab atas sesuatu dan pembeda antar individu.

Tidak jarang mungkin Anda menemukan TTd dengan berbagai gabungan simbol, guratan, dsb yang menjadi ciri khas seseorang. Maka dari itu, tiap orang diarahkan untuk bisa membuat TTd dengan benar agar tidak berubah lagi di kemudian hari dan tentunya sulit untuk dimanipulasi orang lain. 

Untuk mewujudkannya, mari cari tahu cara membuat tanda tangan keren dan aesthetic beserta contohnya pada penjelasan di bawah ini!

Apakah Penting Memiliki Tanda Tangan Keren?

Pada dasarnya, tidak begitu penting memiliki tanda tangan keren. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena TTd berfungsi untuk mewakili identitas diri sehingga penting untuk mempertimbangkan tingkat kesulitan dalam membuat simbol.

Akan tetapi, tidak ada salahnya juga jika Anda ingin memiliki tanda tangan keren, lho! Apabila Anda mengartikan keren adalah sebagai sesuatu yang tangkas dan unik, TTd bisa digunakan sebagai bentuk ciri khas diri seseorang.

Keren di sini juga bisa merujuk kepada aesthetic atau keindahan. Terutama jika seorang adalah publik figur, tentu mereka ingin menampilkan yang terbaik, bukan? Dengan begitu, tidak ada salahnya jika ingin membuat TTd yang indah untuk dilihat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Maka dari itu, simbol yang dibuat tiap orang pastilah unik dengan ciri khasnya masing-masing. Mulai dari penggabungan simbol-simbol keren, merepresentasikan suatu benda, dan lain sebagainya.

Ditambah lagi jika Anda menggunakan gambar-gambar sederhana seperti kupu-kupu, lambang hati, dan lain sebagainya. Hal ini bisa berdampak baik untuk seseorang karena TTd akan sulit untuk dimanipulasi. 

Cara Membuat Tanda Tangan Keren dan Aesthetic

Penilaian seseorang terhadap tanda tangan keren dan aesthetic umumnya bersifat subjektif. Namun, ada beberapa cara umum yang bisa dilakukan untuk membuat jenis TTd tersebut, yaitu: 

1. Representasikan identitas diri Anda

Cara pertama dan paling penting dalam pembuatan TTd keren dan aesthetic adalah guratan tersebut bisa dan harus merepresentasikan diri seseorang. Representasi di sini bisa berupa penulisan nama lengkap, inisial nama, atau nama panggilan lainnya. 

Seperti yang sudah dibahas di atas, TTd adalah perwakilan diri sehingga penting untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa benar orang bersangkutan tersebut-lah yang membubuhkannya. 

Misalnya, nama seseorang adalah Randy Hermawan. Mereka bisa membuat TTd sesuai nama depan atau belakang saja atau menggabungkan keduanya. Selain itu, inisial nama juga bisa digunakan seperti “R” dan “H” sebagai perwakilan nama lengkap. 

2. Pertimbangkan gaya tulisan tangan 

Sejatinya, pembuatan tanda tangan sangat berkaitan dengan hand lettering atau kaligrafi. Keduanya memiliki pemahaman sebagai seni menulis huruf dengan indah. Jadi, penting untuk mengetahui terlebih dahulu gaya tulisan tangan diri sendiri.

Tanda tangan keren dan aesthetic dengan menggunakan konsep hand lettering atau kaligrafi umumnya bisa mencerminkan ciri khas atau gaya tulis seseorang. Misalnya, Anda membuat TTd dengan huruf kapital di seluruh bagian. 

Orang lain dapat menilai bahwa Anda adalah seseorang yang tegas dan mungkin berjiwa ambisius. Namun, perlu diingat bahwa penilaian ini bersifat subjektif sehingga yang terpenting adalah hand lettering yang dibuat menunjukkan identitas diri dengan jelas. 

3. Tambahkan simbol atau gambar

Untuk membuat tanda tangan keren dan aesthetic menjadi semakin hidup, tidak ada salahnya jika Anda ingin menambahkan simbol atau gambar. Akan tetapi, harus diperhatikan bahwa penambahan simbol ini tidaklah harus sulit agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

Pasalnya, jika menambahkan simbol atau gambar terlalu sulit, ada kemungkinan perbedaan bentuk antar TTd pada dokumen sehingga dapat menimbulkan kecurigaan. 

Maka dari itu, ada beberapa opsi simbol atau gambar yang bisa dipertimbangkan, seperti simbol/gambar bintang, hati, kupu-kupu, lingkaran, dan masih banyak lagi. 

Contoh Tanda Tangan Keren dan Aesthetic

Berikut adalah beberapa contoh tanda tangan keren dan aesthetic yang bisa Anda gunakan sebagai referensi: 

1. Contoh tanda tangan dengan nama lengkap atau inisial

Tanda tangan aesthetic

Sumber: Popbela.

2. Contoh tanda tangan dengan simbol atau gambar

Tanda tangan dengan simbol kupu-kupu dan cinta

Sumber: Facetofeet dan Ilyas Web.

Tanda Tangan Digital yang Keren

Tanda tangan keren dan aesthetic juga bisa dibuat secara digital. Tujuannya tetap sama yaitu sebagai simbol perwakilan diri pada sebuah dokumen berbentuk digital. Hanya saja, TTd digital saat ini sudah difasilitasi melalui aplikasi atau situs yang bisa permudah seseorang untuk membuatnya.

Aplikasi seperti scan TTd, PDF, situs generator tanda tangan bisa dimanfaatkan untuk membuat bentuk yang keren. Aplikasi lain yang bisa digunakan adalah Privy di mana Anda bisa membuat design TTd sesuai keinginan. 

Dengan aplikasi Privy tersebut, TTd Anda sudah dilindungi dengan sistem keamanan terpadu, sudah tersertifikasi, dan diakui oleh Kominfo. Selain itu, TTd seseorang akan diakui dan dipantau penggunaannya jika bukan pemiliknya sendiri yang memberikan akses melalui fitur 2FA (Two Factor Authentication).

Apakah Anda sudah memiliki tanda tangan keren dan aesthetic? Jika belum, ikuti beberapa cara yang sudah disebutkan di atas dengan menggunakan contoh sebagai acuan dan referensi sebelum membuatnya. 

Tinggalkan Balasan