Penggunaan Tanda Tangan Elektronik dalam Perjanjian E-Commerce

karakter laki-laki berdiri

Tanda tangan elektronik mulai marak digunakan saat ini. Tak hanya untuk penggunaan pribadi saja, tetapi juga sudah banyak digunakan oleh perusahaan secara resmi maupun perjanjian e-commerce

Bagaimana sih pentingnya tanda tangan elektronik dalam perjanjian e-commerce? Berikut pentingnya, peraturan serta keunggulan penggunaan tanda tangan elektronik pada perjanjian di e-commerce. Simak selengkapnya!

Pentingnya Tanda Tangan dalam Transaksi Online

Tanda tangan dalam transaksi online memiliki beberapa kepentingan, baca sampai akhir berikut ini. 

1. Sebagai otorisasi dan persetujuan 

Pentingnya tanda tangan dalam transaksi online adalah sebagai otoritas dan persetujuan. Hal ini menunjukkan bahwa pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut telah memberikan persetujuan secara sukarela.

Ini membantu mencegah kesalahpahaman atau klaim bahwa mereka tidak mengetahui atau pun tidak setuju dengan transaksi online tersebut. Seperti kejahatan yang terjadi belakangan ini. 

2. Merupakan bukti hukum yang sah 

Pentingnya tanda tangan dalam transaksi online juga merupakan bukti hukum yang sah. terutama jika dibuktikan bahwa proses otentikasi dan keamanannya memenuhi standar hukum yang berlaku. 

Sehingga ketika suatu saat terjadi perseteruan, maka bukti hukum yang sah ini lah menjadi kunci menyelesaikan permasalahan yang ada. Seperti kekurangan pembayaran, penipuan, dan lain sebagainya. 

3. Sebagai keamanan dan otentikasi 

Pada zaman yang serba canggih, penipuan dan kejahatan marak dilakukan. Tanda tangan dalam transaksi online merupakan pencegahan supaya tidak terjadi pemalsuan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Pasalnya, dalam penggunaan tanda tangan digital biasanya seseorang diminta untuk melibatkan proses otentikasi tambahan seperti kata sandi atau verifikasi dua faktor sehingga sulit disalahgunakan oleh pihak lain. 

4. Meningkatkan efektifitas 

Tanda tangan digital dalam transaksi online dapat meningkatkan efektifitas. Seperti yang diketahui bersama, dalam transaksi online semua kesepakatan dilakukan tanpa kontak fisik langsung. Semua dokumen dibuat online sehingga tanda tangan pun diubah menjadi digital sehingga lebih efektif.

5. Rekam jejak digital 

Terakhir, pentingnya tanda tangan dalam transaksi online adalah sebagai rekam jejak digital. Tanda tangan digital dapat memberikan rekam jejak yang lebih lengkap dan terdokumentasi daripada tanda tangan manual. Ini dapat membantu dalam audit, pelacakan transaksi, dan memecahkan sengketa jika diperlukan.

Peraturan dan Hukum terkait Tanda Tangan Elektronik dalam E-Commerce

Negara Indonesia merupakan hukum, sehingga segala sesuatu tentunya diatur oleh hukum dan peraturan yang berlaku termasuk jua soal tanda tangan elektronik dalam e-commerce

Indonesia mengaturnya dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (UU ITE) pasal 5 hingga 9. Mulai dari keberlakuan, kriteria, pengakuan hingga perlindungan. 

Keberlakukan tanda tangan elektronik sama kuatnya dengan tanda tangan konvensional. Tak hanya itu, tanda tangan elektronik dapat berlaku di pengadilan apabila memenuhi regulasi proses pembuatan yang berlaku. Penggunaan juga dilindungi sehingga kebasahannya merupakan sesuatu yang penting untuk dipastikan. 

Keunggulan Penggunaan Tanda Tangan Elektronik dalam E-Commerce

Ternyata penggunaan tanda tangan elektronik dalam e-commerce memiliki banyak keunggulan lho. Berikut keunggulannya simak sampai akhir!

1. Efisiensi proses transaksi 

Keunggulan penggunaan ttd elektronik dalam transaksi online adalah efisiensi proses transaksi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam transaksi online sebisa mungkin untuk tidak terjadi kontak langsung. 

Kalaupun iya, hanya pengiriman barang saja. Tentu akan sangat tidak efisien apabila tanda tangan pada dokumen yang dikirimkan melalui internet harus dicetak terlebih dahulu, kemudian ditandatangani dan di scan. Sehingga munculah solusi permasalahn tersebut, yaitu penggunaan ttd digital. 

2. Mencegah pemalsuan tanda tangan 

Tanda tangan elektronik mencegah pemalsuan tanda tangan. Zaman yang serba canggih ternyata tak hanya memberikan manfaat tetapi juga memunculkan risiko pemalsuan yang berakibat pada kerugian untuk diri sendiri, perusahaan atau organisasi tertentu.

Tanda tangan digital memiliki keamanan yang tinggi sebab penggunaannya harus melibatkan proses otentikasi, baik itu menggunakan kata sandi, sidik jari dan lain sebagainya. Sehingga penggunaan tidak bisa sembarangan. 

Tentu untuk mendapatkan ttd digital yang terpercaya, maka Anda harus bisa memilih pihak penyedia layanan yang sudah terjamin. Pilih yang canggih dan sesuai dengan budget Anda ataupun perusahaan. 

3. Melipat kendala geografis dan kehadiran fisik 

Transaksi e-commerce biasanya terjadi oleh kedua belah pihak yang berbeda geografis sehingga kehadiran fisik merupakan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Dengan adanya ttd digital, kendala geografis tersebut dapat teratasi. 

Tentu hal ini sangat menguntungkan karena dapat mengurangi biaya pengiriman dokumen untuk ditandatangani dan biaya pengembaliannya. Efektifitas meningkat, dan pekerjaan menjadi lebih mudah untuk dijalankan. 

4. Terdapat audit yang terperinci 

Setiap ttd digital memiliki jejak elektronik yang kuat dan dapat diverifikasi. Ini mencakup informasi tentang waktu, tanggal, lokasi, dan pihak yang terlibat dalam transaksi. Jejak ini dapat memberikan bukti kuat tentang siapa yang terlibat dalam transaksi tersebut.

Ttd digital seringkali memerlukan metode otentikasi tambahan, seperti kata sandi atau verifikasi dua faktor, yang mencatat setiap langkah otentikasi yang dilakukan oleh pihak terkait. Hal ini meningkatkan tingkat keamanan dan memberikan lebih banyak informasi untuk audit.

Ttd digital tercatat dalam bentuk data elektronik yang dapat diakses dan dianalisis secara lebih mudah daripada tanda tangan fisik pada kertas. Ini memungkinkan untuk memeriksa transaksi secara rinci dan mendokumentasikan setiap langkah proses.

5. Reduksi penggunaan kertas untuk lingkungan 

Ttd dalam transaksi online bermakna tidak ada dokumen yang dicetak. Sehingga reduksi penggunaan kertas menurun. Hal ini berdampak baik pada lingkungan. Pasalnya, pembuatan kertas harus menebang banyak pohon yang dampaknya kurang baik untuk lingkungan.

Nah, berikut di atas merupakan penjelasan penggunaan tanda tangan digital pada perjanjian e-commerce. Anda yang memiliki usaha kini tidak perlu repot lagi untuk melakukan tanda tangan manual untuk dokumen apapun.

Untuk membuat tanda tangan digital, bisa gunakan Privy. Tanda tangan digital dari Privy memiliki tingkat keabsahan hukum yang setara dengan tanda tangan manual. Privy mematuhi peraturan undang-undang di Indonesia seperti Pasal 11 UU ITE, serta memiliki sertifikasi CA dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pengakuan dari OJK dan BI juga menjadi bukti kehandalannya. 

Proses penandatanganan dan pengiriman dokumen menjadi lebih mudah dan ekonomis bersama Privy. Anda tidak perlu lagi membeli kertas, cukup dengan memiliki ponsel pintar atau komputer beserta koneksi internet, semuanya bisa dilakukan dengan biaya yang lebih rendah.

Selain itu, dokumen yang ditandatangani digital dengan Privy mendapatkan perlindungan yang sangat baik. Keamanan dokumen dan tanda tangan terjamin, sehingga risiko pemalsuan atau kerusakan dokumen menjadi minim, dan dokumen tidak akan hilang. Anda juga bisa melihat rekam jejak penggunaan dan audit dokumen tanda tangan Anda sendiri.

Jadi tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan ttd Anda ke privy sekarang juga, dan dapatkan manfaat efisiensi yang lebih baik berkali-kali lipat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan