/Ingin Melestarikan Lingkungan? Tanda Tangan Digital Dapat Membantu Anda

Ingin Melestarikan Lingkungan? Tanda Tangan Digital Dapat Membantu Anda

Kepraktisan yang ditawarkan teknologi tanda tangan digital memang sudah tidak diragukan lagi. Tanda tangan digital terbukti mampu meningkatkan efisiensi bisnis para penggunanya. Tanda tangan digital juga dinilai lebih aman dari tanda tangan konvensional karena sulit untuk dipalsukan. Namun, keamanan dan kepraktisan bukan satu-satunya nilai lebih tanda tangan digital. Tahukah Anda bahwa tanda tangan digital juga lebih ramah lingkungan? Simak artikel ini untuk mengetahui bagaimana tanda tangan digital dapat membantu Anda melestarikan lingkungan.

 

Menggunakan tanda tangan digital berarti mengurangi penggunaan kertas
Sejak dulu hingga sekarang, manusia tidak bisa terlepas dari penggunaan kertas dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya untuk kebutuhan pribadi, penggunaan kertas pada organisasi, institusi, maupun organisasi berbagai skala juga kerap sulit dilepaskan. Semakin besar suatu lembaga, semakin banyak kertas yang dibutuhkan. Sebuah perusahaan besar bisa jadi menghabiskan puluhan hingga ratusan ribu lembar kertas setiap bulannya.

Namun, tahukah Anda jika semakin banyak kertas yang dibutuhkan, maka akan berdampak pula pada populasi pohon-pohon yang ada di dunia? Sebagaimana kita tahu, pohon merupakan penyangga terbesar paru-paru dunia. Sedangkan, bahan baku utama kertas adalah batang kayu yang kemudian diolah menjadi bubur kertas untuk selajutnya dijadikan lembaran-lembaran kertas.

Dampaknya adalah jika penggunaan kertas semakin meningkat, bukan tidak mungkin penebangan hutan akan semakin marak. Data yang dimiliki oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia mengungkapkan bahwa seorang warga Indonesia rata-rata menggunakan sebanyak 32.6 kilogram kertas per tahunnya. Jumlah yang tidak sedikit, bukan?

Beralih menggunakan tanda tangan digital bisa membantu mengurangi ketergantungan kita terhadap kertas, utamanya di lingkungan pekerjaan. Bila Anda memiliki dokumen yang harus ditanda tangani kemudian dikirimkan ke banyak pihak, beralih ke tanda tangan digital akan mengurangi jumlah kertas yang akan Anda habiskan. Tanda tangan digital bisa digunakan pada dokumen elektronik sehingga cukup dikirimkan melalui surel tanpa perlu dicetak. Semakin sering Anda menggunakan tanda tangan digital pada pekerjaan sehari-hari, semakin sedikit kertas yang harus terbuang dan semakin sedikit pula pohon yang mesti ditebang.

Baca juga: Ingin Kantor Lebih Ramah Lingkungan? Lakukan 5 Hal ini!

 

Tanda tangan digital bantu kurangi emisi karbon
Selain untuk kebutuhan antar-departemen internal di kantor, tanda tangan digital juga bisa Anda gunakan pada klien ataupun rekanan perusahaan Anda. Manfaat yang dimiliki teknologi tanda tangan digital paling terasa berguna terutama pada saat Anda membutuhkan tanda tangan dari klien atau rekanan perusahaan yang berlokasi jauh dari kantor.

Proses penandatanganan dokumen secara konvensional membutuhkan Anda untuk mencetak kemudian mengirimkan dokumen tersebut ke pihak yang tertuju. Proses pengiriman bisa memakan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari bila pihak yang dituju ada di luar kota. Proses pengiriman yang Anda laksanakan memiliki kontribusi langsung terhadap tingkat emisi karbon di Indonesia, utamanya di kota besar. Bahan bakar fosil yang terpakai saat proses ekspedisi berlangsung menghasilkan emisi karbon dioksida yang cukup tinggi. Akibatnya, udara semakin tercemar dan terasa panas.

Hal ini bertolak belakang dengan dokumen yang ditanda tangani secara digital. Dokumen yang ditanda tangani secara digital cukup dikirimkan lewat surat elektronik melalui internet. Tidak ada emisi karbon yang dihasilkan dari proses pengiriman ini. Jika Anda ingin mengurangi emisi karbon Anda sehari-hari, mulai lah menggunakan tanda tangan digital.

Baca juga: Percepat Proses Registrasi dengan Tanda Tangan Digital

 

Tanda tangan digital mengurangi jumlah sampah
Dampak positif lainnya dari penggunaan tanda tangan digital terhadap lingkungan hidup adalah kemampuannya untuk mengurangi jumlah sampah. Meski dokumen yang Anda tanda tangani kerap disimpan dalam jangka waktu lama, mencetak dokumen membutuhkan sebuah printer.

Perangkat printer tentu membutuhkan tinta untuk dapat beroperasi. Semakin banyak dokumen kertas yang dicetak, tinta yang digunakan pun cukup banyak. Tinta printer yang terbuat dari bahan baku plastik tidak bisa terurai secara organik oleh lingkungan. Bila Anda menggunakan tanda tangan digital, Anda bisa mengurangi ketergantungan Anda terhadap printer. Pada akhirnya, semakin sedikit pula sampah plastik yang Anda hasilkan dari kegiatan mencetak kertas.

Baca juga: 6 Keuntungan Menggunakan Tanda Tangan Digital

Kini Anda telah mengetahui manfaat tanda tangan digital bagi kelestarian lingkungan. Ingin segera menggunakan tanda tangan digital pada kehidupan sehari-hari Anda? Unduh aplikasi tanda tangan digital PrivyID di App Store dan Play Store sekarang juga!

Meta Tags: n.

Be Sociable, Share!
    Summary
    Ingin Melestarikan Lingkungan? Tanda Tangan Digital Dapat Membantu Anda
    Article Name
    Ingin Melestarikan Lingkungan? Tanda Tangan Digital Dapat Membantu Anda
    Description
    Tak hanya praktis, tanda tangan digital juga berdampak baik terhadap lingkungan. Bagaimana bisa?
    PrivyID
    PrivyID
    PrivyID
    http://blog.privy.id/wp-content/uploads/2018/04/cropped-180207_privyid_logos_logo-without-tagline-colored-h.jpg