Manfaat Penggunaan Tanda Tangan Digital di Industri Kreatif

wanita duduk dan icon dokumen

Teknologi berperan penting pada perkembangan industri kreatif di tanah Air karena mempermudah segala aktivitas yang berhubungan dengan bisnis dan profesional. Salah satunya tanda tangan digital yang fleksibel penggunaannya. Tanda tangan fungsinya penting untuk mengesahkan dokumen terkait perjalanan bisnis, kontrak kerja bersama klien, dan sebagainya.

Apabila sedang bergelut dalam bisnis kreatif, ketahuilah manfaat penggunaan tanda tangan digital di industri kreatif berikut. Selain fleksibel, juga lebih aman.

Manfaat Penggunaan Tanda Tangan Digital di Industri Kreatif

Tak hanya pelaku perusahaan konvensional, pelaku industri bidang kreatif pun membutuhkan tanda tangan (TTD) untuk kepentingan bisnisnya. Hampir semua industri kreatif sudah beradaptasi dengan teknologi, sehingga tanda tangan digital merupakan solusi terbaik.

Manfaat tanda tangan digital di industri kreatif ini sebaiknya dipahami, terutama bagi Anda yang bergelut dalam bidang ini. Selain perihal keamanan, juga dapat melindungi HaKI.

1. Melindungi HaKI

Tanda tangan digital merupakan karya seni yang diadaptasi dengan bantuan teknologi, sehingga penggunaannya lebih praktis. Bisa dibilang, setiap individu mempunyai cara unik memberikan ‘signature’ pada setiap karyanya, entah itu dokumen ataupun dalam bentuk lain.

TTD digital dapat dimanfaatkan untuk melindungi HaKI atau Hak Kekayaan Intelektual supaya tak mudah dipalsukan oleh pihak tak bertanggung jawab. Bagi pelaku bidang kreatif, mematenkan HaKI melalui TTD digital diperlukan untuk melindungi setiap karya seni. Apalagi saat ini teknologi semakin canggih, bukannya tidak mungkin terjadi pencurian karya menggunakan berbagai cara.

Tidak hanya berisiko pemalsuan, adapun masalah penyebarluasan dan modifikasi dokumen maupun karya tanpa seizin pemilik aslinya. Itulah sebabnya, TTD elektronik/digital berperan penting untuk melindungi Hak Kekayaan Intelektual setiap penggunanya. Sehingga dokumen maupun karya terhindar dari risiko pemalsuan, modifikasi, serta penyebarluasan secara tak bertanggung jawab.

2. Efisiensi waktu maupun biaya

Sudah banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang kreatif beradaptasi dengan kecanggihan teknologi untuk mempermudah aktivitas bisnisnya. Penerapan teknologi tersebut salah satunya melalui penggunaan tanda tangan elektronik, menggantikan TTD konvensional (cap basah) di atas kertas.

Manfaat penggunaan tanda tangan digital di industri kreatif, yaitu lebih efisien dari segi waktu maupun biaya. Dari segi biaya, pemilik tanda tangan bisa langsung mengirimkan dokumen secara online tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih untuk transportasi maupun membayar jasa kurir yang mengantar dokumen. Hanya bermodalkan koneksi internet, dokumen akan lebih cepat sampai ke tujuannya.

Sedangkan dari segi waktu, penerapan TTD berbasis teknologi tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkannya karena bisa langsung dikirimkan dokumennya ke penerima melalui jaringan internet dalam hitungan detik. Ini sangat berguna bagi pelaku industri kreatif yang pergerakannya dinamis, di mana efisiensi waktu sangat dibutuhkan agar semakin cepat mengejar target.

3. Menjamin kerahasiaan sekaligus keamanan data

Manfaat penggunaan TTD elektronik atau TTE pada bisnis bidang kreatif adalah mampu menjamin kerahasiaan sekaligus keamanan data penggunanya. Menggunakan TTD konvensional atau dalam bentuk cap basah belum tentu menjamin keamanannya, sebab banyak kasus pemalsuan hingga penyebarluasan secara tak bertanggung jawab.

Bagi yang bergelut dalam bidang industri kreatif, sudah sebaiknya mulai menerapkan kecanggihan teknologi pada bisnisnya, yakni dengan menerapkan penggunaan TTD elektronik tersertifikasi. TTD elektronik sama kuatnya dengan konvensional di mata hukum, sehingga ketika sewaktu-waktu dibutuhkan tetap dapat dipertanggungjawabkan.

Pada tanda tangan elektronik tersertifikasi, data pengguna disimpan secara aman oleh sistem. Siapapun tak dapat memodifikasi apalagi memalsukannya tanpa sepengetahuan pemilik. Berbeda dengan TTE tidak tersertifikasi, tetap rawan dipalsukan. 

Oleh karena itu, perlu platform terpercaya untuk membuat tanda tangan elektronik tersertifikasi. Sebaiknya platform tersebut juga sudah dipercaya oleh banyak perusahaan maupun instansi pemerintah. 

4. Penggunaannya cenderung fleksibel

Berbeda dengan TTD cap basah, TTD digital penggunaannya cenderung fleksibel karena tidak terbatas waktu maupun tempat. Anda dapat menggunakannya kapan saja dan di mana saja sesuai kebutuhan. Apalagi pada industri kreatif yang aktivitasnya cenderung dinamis, penerapan teknologi seperti ini berdampak baik pada profesionalitas.

Anda tidak perlu menunggu kurir untuk menyampaikan dokumen kepada pihak penerima, sebab dapat dikirimkan langsung kepada penerimanya secara online. Tidak harus di jam kerja, mengirimkannya di akhir pekan pun semakin mudah. Sehingga tak perlu terburu-buru mengejar tanda tangan karena dapat diselesaikan sebelum tenggat waktu.

Pada platform digital seperti Privy, akan muncul notifikasi apabila ada dokumen masuk yang perlu ditandatangani. Pemantauan proses penandatangannya pun dapat dilakukan secara real time.

5. Mudah disimpan dan eco-friendly

Manfaat lainnya yang dapat dirasakan ketika menggunakan TTD digital untuk kepentingan dokumen maupun karya, yaitu mudah disimpan dan eco-friendly (ramah lingkungan). TTD digital sudah menerapkan teknologi paperless, artinya sudah tidak membutuhkan kertas lagi sehingga lebih ramah lingkungan.

TTD paperless termasuk praktis dalam penggunaan maupun penyimpanannya. Menggunakannya berulang-kali sesuai kebutuhan pun sangat mudah, tidak perlu membuat ulang, melainkan hanya perlu menempelkannya pada dokumen yang ingin ditandatangani. Anda cukup menyediakan koneksi internet untuk mengirimkan serta menerima dokumen dengan mudah.

Penerapan teknologi paperless bermanfaat pula bagi lingkungan. Sebab ketika dokumen tersebut sudah tidak lagi dibutuhkan, tak akan menambah tumpukan sampah. Selain itu, adanya teknologi seperti ini secara efektif berperan mengurangi limbah kertas dan plastik di lingkungan. 

Pada industri kreatif, teknologi TTD yang paperless tentu dibutuhkan untuk menunjang produktivitas. Meskipun mudah diaplikasikan, TTD digital termasuk aman asalkan sudah  tersertifikasi keamanannya. 

6. Lebih aman, tidak mudah dipalsukan

Menggunakan TTE yang telah tersertifikasi lebih aman dan tidak mudah disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab. Sebaliknya, TTE tidak tersertifikasi tidak aman diaplikasikan karena kekuatan hukumnya cenderung lemah. 

Sebagai informasi, TTE tersertifikasi kekuatan hukumnya sama kuatnya dengan TTD dalam bentuk cap basah. Anda dapat menempelkannya tanda tangan elektronik di atas e-meterai untuk menguatkan legalitas dokumen tersebut.

Terutama pada industri digital, TTE tersertifikasi diperlukan untuk melindungi hak kekayaan intelektual perusahaan maupun individu. Tak hanya itu, risiko kerusakan maupun kehilangan dokumen pun dapat diminimalisir karena sudah paperless.

Pentingnya Menggunakan Tanda Tangan Digital Tersertifikasi

Penggunaan tanda tangan digital bagi industri kreatif sangat penting demi fleksibilitas, keamanan, sekaligus efisiensi. TTD digital ada yang tersertifikasi dan tidak tersertifikasi, namun sebaiknya pilih TTD digital tersertifikasi karena lebih menjamin kerahasiaan sekaligus keamanan data pengguna.

Mengaplikasikan TTD digital/elektronik, kekuatan hukumnya sama kuatnya dengan yang cap basah. Sehingga ketika terjadi hal tidak diinginkan ataupun dibutuhkan sewaktu-waktu, masih dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

Privy merupakan rekomendasi platform TTD digital tersertifikasi terbaik yang telah dipercaya oleh banyak perusahaan maupun instansi pemerintahan. Sebab Privy merupakan Perusahaan Penyelenggara Sertifikat Elektronik Tersertifikasi (PSrE) sekaligus layanan TTD digital dengan sistem keamanan berstandar internasional sejak tahun 2016.

Privy telah diakui oleh KEMKOMINFO, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta Bank Indonesia. Bahkan termasuk rekan kerjasama resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, sehingga sudah dipastikan aman digunakan oleh perusahaan maupun individu.

Tinggalkan Balasan