Alternatif Menambahkan Tanda Tangan di Excel

tanda tangan di Excel

Tahukah Anda, ternyata penandatanganan suatu dokumen tidak hanya dapat dilakukan melalui format Word atau PDF saja, namun ternyata juga bisa di Excel. Cara melakukannya mungkin sedikit berbeda, namun sebenarnya tak terlalu susah ketika dipraktikkan.

Menandatangani dokumen di Excel, khususnya yang berbasis tabel dapat dilakukan oleh siapa saja, khususnya jika tak memiliki perangkat pendukung seperti scanner, tablet, dan sejenisnya. Cukup lewat komputer atau laptop saja, begini cara menambahkan tanda tangan di Excel dengan mudah tanpa harus scan.

Cara Menambahkan Tanda Tangan di  Excel dengan Signature Line

Cara menambahkan tanda tangan di Excel bisa menggunakan fitur Signature Line. Ini merupakan fitur penandatanganan paling mudah dan praktis, sebab hanya perlu mengunggah dokumennya saja ke file Excel yang membutuhkan.

Tidak perlu scan, Anda hanya perlu upload fotonya saja. Begini cara menambahkan tanda tangan di Excel dengan Signature Line yang sangat mudah.

1. Buka aplikasi Microsoft Excel

Langkah pertama, bukalah aplikasi Microsoft Excel melalui komputer atau laptop sesuai perangkat yang ada, jadi pastikan sudah terpasang software tersebut. Perlu diketahui bahwa proses penandatanganan melalui Excel tidak perlu melakukan scan terlebih dahulu, jadi nantinya Anda dapat memakai foto biasa.

2. Sisipkan gambar ke file

Fitur Insert Picture Excel

Sumber: Nesabamedia

Langkah berikutnya, sisipkanlah gambarnya ke file Excel yang ingin ditambahkan tanda tangan. Anda dapat mengunggahnya dari file foto biasa, asalkan latar belakang gambarnya putih.

Sebelum mengunggah fotonya, gunakanlah latar belakang berwarna putih. Jadi, buatlah di kertas putih terlebih dahulu dan fotolah di tempat dengan pencahayaan cukup bagus. Selain itu, gunakanlah tinta yang kelihatan jelas agar mudah saat memasukkannya ke Excel.

3. Klik fitur Text, lalu Signature Line

Fitur Signature Line Excel

Sumber: Nesabamedia

Selanjutnya, klik fitur Text pada deretan tools, kemudian pilihlah Signature Line untuk memulai proses penandatanganan. Pada Signature Line, terdapat pilihan antara Microsoft Office Signature Line dan Add Signature Services. Dari kedua pilihan tersebut, klik Microsoft Office Signature Line.

4. Lengkapi kolom Suggested Signer

Kolom Suggested Signer Excel

Sumber: Nesabamedia

Setelah meng-klik Microsoft Office Signature Line, tunggulah hingga muncul kotak dialog yang bertuliskan Signature Setup dengan beberapa kolom isian. Isilah kolom tersebut sesuai kebutuhan, yaitu memasukkan nama terang, gelar, dan alamat e-mail apabila diperlukan.

Dalam kotak dialog Signature Setup, Anda juga boleh memilih apakah hendak menuliskan tanggal pembuatan tanda tangan tersebut atau tidak. Caranya adalah dengan memberikan tanda centang pada ‘Show sign date in signature line’. Apabila sudah mengisi kolom-kolomnya sesuai kebutuhan, maka pastikan kembali bahwa semuanya sudah benar.

Data yang diisikan pada kolom Signature Setup sudah benar semuanya? Selanjutnya klik OK untuk melanjutkan proses. Jika ingin membatalkan aksi atau tidak jadi membuatnya, cukup klik Cancel.

5. Klik kanan pada kotak yang muncul, lalu pilih Sign

Fitur Sign Excel

Sumber: Nesabamedia

Apabila prosesnya berhasil, maka akan muncul kotak seperti gambar tersebut, di mana terdapat tanda X di atas nama terang dan gelar. Itu artinya masih belum diunggah. Kemudian cara mengunggah gambar atau foto tanda tangan, lakukan klik kanan pada kotak tersebut dan pilih Sign.

Sebelumnya, Anda dapat mengatur penempatannya maupun ukurannya sesuai kebutuhan. Terdapat beberapa bulatan pada setiap sudut kotak tersebut, tariklah menggunakan kursor untuk menyesuaikannya. 

6. Unggah gambar tanda tangan dengan cara Select Image

Setelah meng-klik Sign, Anda akan dihadapkan dengan kotak dialog untuk memilih gambar. Jadi, klik Select Image lalu pilih gambar tanda tangan pada perangkat yang ingin dimasukkan. Tidak harus berupa hasil scan, bisa juga hanya dengan foto biasa asalkan berlatar belakang putih.

7. Jika gambarnya sudah muncul, maka klik Sign lalu Yes

Fitur Sign Excel

Sumber: Nesabamedia

Jika gambarnya sudah muncul atau berhasil diunggah, kemudian klik Sign. Usahakan gambarnya tidak buram supaya hasilnya terlihat bagus. Ketika muncul dialog pop up bertuliskan ‘Do you want to use this certificate?’, maka langsung klik Yes untuk melanjutkan proses.

8. Selesai

Sudah jadi. Hasil yang mulanya bertanda X secara otomatis berganti dengan gambar tanda tangan yang diunggah. Sesuaikanlah ukuran gambar serta penempatannya pada dokumen supaya lebih rapi. Gambar tersebut juga boleh dihapus jika masih kurang sesuai.

Apabila sudah sesuai penempatan dan ukurannya, jangan lupa menyimpan file tersebut. Tak hanya ditempel pada Microsoft Excel saja, sewaktu-waktu jika membutuhkan juga dapat di-copy paste ke Microsoft Word dengan mudah.

Cara Menambahkan Tanda Tangan di Excel dengan Shape

Selain menggunakan fitur Signature Line, cara buat tanda tangan di Excel juga bisa memanfaatkan fitur Shape. Kebanyakan orang mungkin menggunakannya untuk membuat diagram atau panah, namun ternyata dapat difungsikan untuk menandatangani suatu dokumen.

Baru pertama kali ingin mencoba fitur Shape untuk menandatangani dokumen? Pelajari cara menambahkan tanda tangan lewat Microsoft Excel dengan Shape berikut ini, tak kalah mudah dari metode sebelumnya!

1. Buka aplikasi Microsoft Excel

Pertama-tama, bukalah aplikasi Microsoft Excel yang sudah terpasang pada perangkat laptop, komputer, maupun perangkat digital lainnya. Siapkan pula gambar tanda tangan yang akan digunakan nantinya.

2. Pilih menu Insert, pilih Shape lalu Curve

Fitur Insert Shape Excel

Sumber: Cara Prima

Setelah aplikasi Excel terbuka sempurna, pilihlah menu Insert kemudian pilih Shape. Dalam fitur Shape terlihat beberapa macam bentuk garis, bangun datar, hingga anak panah. Pilihlah Lines kemudian ambil yang bentuknya Curve.

Bentuk Curve pada Shape cenderung fleksibel, sehingga ukuran maupun bentuknya dapat disesuaikan kebutuhan. Misalnya ingin membentuk lengkungan, memanjangkan ukurannya, dan sebagainya tergantung kebutuhan masing-masing.

Jika ingin lebih mudah menggambarnya, siapkan foto tanda tangan pada perangkat Anda. Bisa berupa foto biasa dengan latar belakang putih. 

3. Mulai menggambar tanda tangan dengan fitur Curve

Mulailah menggambarnya menggunakan Line Curve tersebut. Tarik sambil bentuk garis Curve perlahan hingga membentuk yang diinginkan. Jika terdapat kesalahan, ulang prosesnya dengan meng-klik Ctrl+Z (Windows) atau Command+Z (untuk macOS).

Proses menggambarnya bisa menggunakan mouse maupun touchpad di laptop. Namun supaya lebih mudah, lebih nyaman menggunakan mouse.

4. Tekan tombol Esc pada keyboard untuk melihat hasilnya

Ragu dengan bentuknya dan ingin melihat hasil jadinya? Tekanlah tombol Esc pada keyboard untuk melihat hasilnya! Apabila sudah selesai membuatnya, lepaskan tangan dari touchpad laptop atau mouse.

5. Selesai, lakukan copy paste jika membutuhkan

Tanda tangan di Excel

Sumber: Kumparan

Cara buat tanda tangan di Excel dengan Shape sudah selesai. Jangan lupa menambahkan tanggal serta nama terang pada dokumen supaya kesannya lebih formal atau resmi. 

Setelah selesai dibuat, gambar tanda tangan tersebut dapat disimpan dalam format gambar tanpa latar belakang. Sehingga, nantinya dapat digunakan ke dokumen lain, misalnya Microsoft Word, PDF, dan sebagainya.

Kekurangan Tanda Tangan Digital di Excel

Cara menambahkan tanda tangan di Excel tanpa scan memang mudah dilakukan, yaitu hanya dengan memanfaatkan fitur Signature Line dan Shape. Meskipun begitu, terdapat limitasi penggunaannya.

Limitasi atau kekurangan tanda tangan digital di Excel tidak disarankan untuk dipakai pada semua dokumen. Terutama pada dokumen berisi tentang transaksi dalam jumlah besar karena harus menggunakan platform resmi dari pemerintah supaya dapat dipertanggung jawabkan.

Platform resmi sekaligus aman untuk penandatanganan dokumen digital, salah satunya adalah Privy. Selain aman, melalui Privy pada fitur PrivySign juga dapat ditandatangani oleh beberapa pihak sekaligus dengan sangat mudah.

Seperti itulah cara buat tanda tangan melalui Microsoft Excel dengan mudah tanpa scan. Meskipun begitu, sebaiknya tidak diterapkan pada transaksi resmi atau penting dengan nominal besar karena dikhawatirkan menimbulkan risiko-risiko yang bisa fatal akibatnya. Sehingga, sebaiknya gunakan yang resmi dari pemerintah.

Penambahan Tanda Tangan yang Aman dan Terverifikasi

Supaya tanda tangan digital lebih aman dan terverifikasi, Anda bisa menggunakan layanan dari Privy karena sudah pasti aman. Sebagai referensi, Anda dapat mempelajari cara melakukan tanda tangan elektronik terlebih dahulu.

Penandatanganan dokumen melalui Privy jauh lebih aman dibandingkan langsung melakukannya di Excel. Sebab, tanda tangan yang dibuat di Privy dapat dipertanggung jawabkan secara hukum serta terhindar dari segala bentuk pemalsuan.

Tinggalkan Balasan