/Privy Distribusikan e-Meterai yang Praktis dan Efisien

Privy Distribusikan e-Meterai yang Praktis dan Efisien

Bisakah Anda membubuhkan meterai di atas dokumen elektronik berbentuk PDF? Tentu saja! Bahkan, caranya terbilang praktis. Mari berkenalan dengan meterai elektronik atau e-meterai, produk terbaru dari Privy yang dapat meningkatkan efisiensi waktu dan membantu pertumbuhan bisnis Anda. 

Apa yang Dimaksud dengan Privy Meterai Elektronik? 

Sejatinya, meterai elektronik memiliki fungsi yang sama dengan meterai tempel. Hanya saja, bentuknya tidak berwujud alias digital. Pemakaian meterai elektronik telah disahkan oleh Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan pada 1 Oktober 2021. Meski eksistensinya terbilang baru, publik menyambut meterai dalam bentuk digital ini dengan sangat antusias.

Gaya hidup yang serba paperless dan popularitas konsep work from anywhere (WFA) yang memuncak pada pertengahan tahun 2020 menjadikan meterai elektronik sangat diperlukan, terutama bagi perusahaan yang harus menangani ratusan dokumen penting setiap harinya. Meski kini sudah lebih mudah dengan adanya tanda tangan elektronik (TTE), dokumen yang bersifat perdata haruslah dikenakan pajak dalam bentuk bubuhan meterai. 

Namun, tetaplah waspada karena meterai elektronik tidak dijual sembarangan. Untuk bisa membedakan mana e-meterai yang asli dan palsu, kenali ciri-cirinya berikut ini: 

  • Adanya kode unik berupa nomor seri 
  • Terlihat gambar Garuda Pancasila dan tulisan “METERAI ELEKTRONIK” 
  • Terdapat tarif bea meterai yang ditulis dalam angka dan huruf (sebesar 10000) 

Meski begitu, meterai elektronik akan sulit untuk dipalsukan karena proses verifikasi yang ketat dari Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri). 

Dokumen yang Membutuhkan E-Meterai 

Sama seperti meterai tempel, ada tiga golongan objek bea meterai elektronik. Pertama, dokumen yang bersifat perdata. Contohnya seperti surat perjanjian, akta notaris, dan dokumen berharga lainnya. Kedua, dokumen yang berperan sebagai alat bukti pengadilan. Terakhir, dokumen yang di dalamnya menyatakan penerimaan uang di atas Rp 5 juta 

Kelebihan E-Meterai 

Keberadaan meterai elektronik meningkatkan efisiensi waktu di bidang administrasi dan keuangan. Banyak orang yang pernah merasa repot karena lupa membeli meterai pada saat genting. Masalah seperti ini bisa teratasi dengan mudah karena sudah ada e-meterai yang bisa dibeli secara online juga. Beberapa keuntungan dari e-meterai adalah sebagai berikut: 

  1. Memperluas akses pembelian meterai

    Tidak perlu lagi mencari tempat fotokopi atau toko peralatan kantor untuk membeli meterai. Anda juga tidak perlu khawatir meterai yang Anda miliki robek atau hilang.

    Anda bisa mendapatkan e-meterai melalui ponsel dan dekstop. Selain melalui https://pos.e-meterai.co.id, Anda pun bisa membelinya melalui distributor resmi seperti Privy. Dengan begitu, Anda dapat lebih leluasa membubuhkan e-meterai ke dokumen yang ada di Web App Privy dan langsung menandatanganinya secara virtual.

    Baca juga: Tingkatkan Layanan, Privy Luncurkan E-Meterai dan Lulus Akreditasi Webtrust For CA

  2. Mencegah pemalsuan

    E-meterai memiliki teknologi digital signature X.509 SHA 512 dan tiga fitur keamanan.

    Setidaknya, 70% dari desain meterai elektronik di Indonesia terdiri dari barcode unik. Ada juga segel khusus Peruri yang hanya bisa terbaca oleh aplikasi khusus. Selanjutnya, Peruri juga akan melakukan proses verifikasi untuk membuktikan keaslian meterai elektronik 

  3. Menambah pendapatan negara

    Pemerintah sadar akan perubahan kegiatan ekonomi yang terjadi beberapa tahun belakangan ini. Masyarakat bergerak menuju era ekonomi digital, sehingga pemerintah juga perlu memfasilitasi kemajuan ini.  

    Dengan adanya e-meterai, harapannya masyarakat jadi lebih sadar akan perlunya pemakaian meterai sebagai pembayaran pajak. Menurut Marshall Pribadi, CEO Privy, e-meterai dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi negara. “Saat ini, Privy memproses hingga 400.000 tanda tangan setiap harinya. Apabila separuhnya saja menggunakan e-meterai, maka Privy dapat memfasilitasi pendapatan negara sebesar Rp2 miliar per hari.” 

Cara Pemakaian Meterai Elektronik yang Benar 

Tanpa perlu lem, Anda bisa langsung membubuhkan e-meterai ke atas dokumen. Akan tetapi, langkah-langkahnya sedikit berbeda dari pemakaian meterai tempel. Mungkin Anda sudah terbiasa untuk membubuhkan tanda tangan di atas meterai. Namun, jika menggunakan e-meterai, sebaiknya Anda membubuhkan tanda tangan di samping e-meterai tanpa tumpang tindih. Hal tersebut terjadi karena e-meterai berfungsi seperti QR code. Apabila tanda tangan Anda menutupi sebagian dari e-meterai, khawatir aplikasi Peruri tidak dapat mendeteksi barcode meterai.  

Itu dia informasi lengkap mengenai meterai elektronik, kelebihan, serta cara pemakaiannya. Pengguna Privy semakin dimudahkan untuk mengelola dokumen secara jarak jauh. Saat ini, e-meterai tersedia untuk akun Enterprise dan dapatkan melalui Web App Privy. 

Be Sociable, Share!