/Manfaat Identitas Digital Untuk Keamanan Data Pribadi
Manfaat Identitas Digital untuk Perlindungan Data Pribadi

Manfaat Identitas Digital Untuk Keamanan Data Pribadi

Memasuki zaman digital yang sudah semakin maju, kejahatan siber kerap kali menghampiri berbagai kalangan. Transformasi digital memunculkan bentuk identitas digital untuk mempermudah kegiatan administrasi pengguna. Ada beberapa manfaat identitas digital untuk melindungi data pribadi, tetapi sebelumnya, mari kita ketahui apa definisi dari identitas digital tersebut. 

Pengertian Identitas Digital

Identitas digital adalah sekumpulan catatan digital yang mewakili identitas seseorang. Semua identitas yang tercatat ini membentuk sebuah sistem identitas digital. Catatan kemudian disimpan oleh sebuah institusi yang juga berperan sebagai provider. Dengan sistem digital seperti ini, proses dokumentasi seseorang menjadi jauh lebih mudah. 

Sebagai warga negara, sebaiknya identitas yang dimiliki pun juga harus lengkap. Anda tak perlu khawatir lagi dalam membawa atau menyimpan identitas yang rawan hilang, pencurian, dan sebagainya, sebab sistem identitas digital memiliki autentikasi dan keamanan yang canggih. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir akan pemalsuan, pencurian, atau kehilangan identitas.

Baca juga: Tren Identitas Digital Indonesia

Manfaat Identitas Digital untuk Data Pribadi 

Menurut Lembaga Riset Deloitte, ada lima manfaat sistem identitas digital. Simak kelima manfaat tersebut berikut ini! 

  1. Privasi

    Manfaat pertama dari identitas digital adalah perlindungan data pribadi akan terjamin karena pengguna dapat mengontrol siapa saja yang dapat mengakses identitas pribadi yang tersimpan secara digital. 

  2. Keamanan

    Kedua, ruang digital yang berfungsi untuk menyimpan seluruh catatan identitas terjamin mampu melindungi data pribadi Anda dari kejahatan siber, sehingga terbukti aman dan tak perlu takut pencurian data. 

  3. Transparan

    Kelebihan yang ketiga adalah transparan. Maksudnya adalah berkat transparansinya, semua orang dapat mengetahui segala jenis perubahan yang terjadi pada data tersebut serta siapa saja yang telah mengaksesnya melalui riwayat digital.

  4. Praktis

    Keempat, manfaat yang dapat Anda rasakan dari identitas digital adalah sistem perlindungan data pribadi yang memungkinkan adanya integrasi dengan platform lain. Jadi, Anda dapat bertransaksi dengan langkah-langkah yang jauh lebih efisien.

  5. Membangun Ekonomi Digital

    Manfaat terakhir dari identitas digital memiliki dampak yang lebih luas. Berkat efisiensi transaksi digital, sistem perekonomian pun akan mengalami peningkatan yang drastis karena jumlah transaksi yang jauh lebih tinggi.

Contoh Penerapan Identitas Digital dalam Kehidupan  

Salah satu contoh penerapan identitas secara digital dalam kehidupan adalah dengan menggunakan tanda tangan digital. Secara garis besar, tanda tangan digital memiliki fungsi yang sama dengan tanda tangan basah, sebab memiliki kekuatan di mata hukum. 

Penggunaan tanda tangan digital sebagai perlindungan data pribadi sudah mulai digunakan dalam berbagai sektor industri. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan tanda tangan digital yang bisa Anda temui. 

  1. Industri Kesehatan

    Sektor kesehatan dan medis mulai memanfaatkan tanda tangan digital karena sangat efisien. Mendapatkan tanda tangan dari dokter, pasien, atau pihak asuransi, bisa secepat mungkin sehingga hemat waktu dan tenaga. Dengan alur yang terstruktur, proses legalitas rumah sakit juga dapat selesai dengan cepat. Tak hanya itu, proses tanda tangan digital juga dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun, sehingga pasien tidak perlu antre di rumah sakit untuk menebus obat atau mendapatkan layanan medis lainnya.

  2. Industri Keuangan

    Industri keuangan dapat merasakan berbagai keuntungan berkat adanya tanda tangan digital. Mulai dari proses transaksi, pengajuan formulir kartu kredit, hingga pengajuan pinjaman dapat selesai dengan menggunakan tanda tangan digital. Dari yang semula membutuhkan waktu beberapa hari untuk memproses berbagai keperluan tersebut, penggunaan tanda tangan digital membuat transaksi bisa selesai dalam hitungan jam saja. Anda pun akan jauh lebih mudah untuk mendaftar dan mendapatkan pinjaman.

  3. UMKM

    Bisnis UMKM yang berada dalam ranah bisnis kecil dan menengah juga mengalami peningkatan siklus penjualan dengan adanya tanda tangan digital. Insight produk akan meningkat dan layanan pelanggan akan menjadi jauh lebih responsif. Proses tanda tangan kontrak juga menjadi lebih mudah dan singkat.

  4. Pemerintahan

    Anda pasti sudah tak asing dengan petisi online yang sering muncul dalam pemerintahan. Petisi publik secara online dapat mengumpulkan ribuan hingga jutaan tanda tangan hanya dalam waktu hitungan hari saja. Sebab tanda tangan digital mampu tersebar dengan cepat dan prosesnya pun mudah.

  5. Bidang Hukum

    Karena memiliki kekuatan hukum yang sah, tanda tangan digital juga mulai digunakan oleh pihak-pihak hukum itu sendiri, sebagai ganti dari tanda tangan basah.

    Di Indonesia, keabsahan tanda tangan digital (disebut juga tanda tangan elektronik) telah diakui dalam Pasal 11 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan Pasal 59 Ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE).

    Terkait penggunaan tanda tangan digital untuk notaris, kebijakannya merujuk pada Pasal 15 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris (UU Notaris), yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris.

    Kebijakan tersebut menyebutkan bahwa selain yang dimaksud dalam ayat (1) dan (2), notaris memiliki kewenangan lain yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Kewenangan yang dimaksud adalah membuat akta ikrar wakaf, mensertifikasi transaksi yang dilakukan secara elektronik, serta membuat hipotek pesawat terbang.

Itu dia manfaat identitas digital untuk mencegah kejahatan siber yang semakin marak melanda. Untuk perlindungan data pribadi Anda, Privy menyediakan layanan PrivySign, yaitu tanda tangan digital yang tersertifikasi dan sah secara hukum. Tanda tangan jadi semakin mudah, cepat, dan praktis hanya dengan satu aplikasi. Dapatkan segera aplikasi Privy di Google Play Store dan App Store sekarang juga! 

Be Sociable, Share!