Identitas Digital Sebagai Teknologi Ramah Lingkungan

Hero image untuk artikel "Identitas Digital Sebagai Teknologi Ramah Lingkungan"

Berkembangnya era digitalisasi telah mempengaruhi rutinitas manusia sehari-hari. Teknologi ini pun kini dinilai sebagai teknologi ramah lingkungan. Jika Anda ingin berkontribusi terhadap keselamatan lingkungan, maka teknologi ini dapat menjadi solusi Anda. Salah satu bentuk teknologi ini adalah i​​dentitas digital yang dapat memudahkan pelayanan kepada pengguna saat mendaftar online serta ​mempersingkat proses registrasi.  

Tanda tangan digital, seperti yang terlihat dari namanya adalah solusi efektif untuk efisiensi bisnis. Kepraktisannya yang tanpa kertas dan tanda tangan basah, tingkat keamanan yang tinggi, serta mengandung sertifikat digital menjadikan tanda tangan digital tidak hanya efisien, tetapi juga sebuah teknologi yang ramah lingkungan. 

Lantas, seberapa besar pengaruh tanda tangan digital serta identitas digital untuk keselamatan lingkungan alam? Berikut informasinya! 

Apa itu Identitas Digital? 

Konsep identitas digital mungkin terdengar rumit, tetapi sebenarnya cukup mudah untuk dipahami. Identitas digital pada dasarnya adalah semua data pribadi yang terekam secara online dan dapat mewakili individu secara unik dan andal. 

​​Identitas digital merupakan gabungan antara berbagai informasi personal seperti nama, tanggal lahir, nomor kependudukan (NIK), hingga data biometrik. Dengan identitas digital, setiap individu maupun organisasi dapat dibedakan saat beraktivitas di ruang digital.

Identitas Digital: Teknologi Ramah Lingkungan 

Industri kertas menyebabkan sekitar 80.000-160.000 pohon berkurang setiap harinya di seluruh dunia, yang berakibat kepada isu-isu mengkhawatirkan terhadap lingkungan, seperti deforestasi, kebakaran hutan, hingga hilangnya habitat hewan liar.  

Nah, penggunaan identitas digital tidak hanya dapat meringkas registrasi layanan yang rumit, tetapi juga berperan penting dalam mengurangi permasalahan lingkungan.  

​​​Dengan menurunnya jumlah formulir kertas setiap akan melakukan registrasi on-site, maka kita dapat membantu melestarikan kayu yang dipakai untuk memproduksi kertas. Menurut data, memerlukan sekitar 3 ton kayu dan 98 ton bahan baku lain untuk memproduksi 1 ton kertas.  

Hal ini sejalan dengan perayaan Earth Day yang jatuh setiap tanggal 22 April setiap tahunnya. Earth Day pertama dirayakan pada 1970 di Amerika Serikat dan sejak tahun 1990 menjadi event yang dirayakan oleh lebih dari 140 negara di seluruh dunia. 

Kini, bayangkan ketika Anda mulai beralih ke penggunaan identitas digital dan tanda tangan digital yang bebas dari kertas? Anda bisa menghemat ratusan bahkan ribuan kertas dan mengurangi penebangan pohon secara bersamaan. Inilah mengapa identitas digital adalah sebuah bentuk teknologi ramah lingkungan. 

Saatnya Pakai Tanda Tangan Digital 

Tanda tangan digital adalah alternatif modern dari penandatanganan dokumen dengan kertas dan pena. Sebagai teknologi ramah lingkungan yang juga mengedepankan keefisiensian, tanda tangan digital menggunakan teknik matematika canggih untuk memastikan keaslian dan integritas pesan dan dokumen digital sehingga menjamin isi pesan tidak berubah.  

Penggunaan tanda tangan digital di aplikasi Privy.

Dengan demikian, tanda tangan digital membantu mengatasi masalah peniruan identitas dan gangguan dalam komunikasi digital. Tanda tangan digital juga menyediakan informasi tambahan seperti status pesan, asal pesan, dan persetujuan dari penanda tangan. 

Selain dianggap mengikat secara hukum dan memiliki nilai yang sama dengan tanda tangan dokumen tradisional, tanda tangan digital juga bisa menjadi solusi masalah lingkungan. Pikirkan tentang penebangan pohon untuk produksi kertas, yang perlahan bisa dikurangi jika kita beralih ke tanda tangan digital. 

Baca Juga: Kenali 3 Jenis Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital dengan Privy

Secara garis besar, tanda tangan digital yang beredar di pasaran saat ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu tanda tangan digital yang mengandung sertifikat digital dan tanda tangan digital tanpa sertifikat digital (contohnya foto tanda tangan yang di copy-paste ke dokumen online). Tanda tangan digital yang mengandung sertifikat digital lebih direkomendasikan karena lebih aman dan menawarkan beberapa keuntungan berikut: 

  • Menunjukkan identitas penanda tangan sesuai dengan identitas KTP yang terverifikasi. 
  • Menunjukkan jika ada perubahan dokumen elektronik setelah dokumen ditandatangani. 
  • Menunjukkan kapan, di mana, dan dengan device apa dokumen ditandatangani. 

Jika ingin mulai menggunakan tanda tangan digital, Anda bisa pakai jasa Privy, penyedia layanan tanda tangan digital bersertifikasi. Dilihat dari perspektif keamanan siber, risiko eksploitasi terhadap identitas digital yang tinggi membuat tanda tangan digital yang bersertifikasi menjadi sangat penting. Berikut beberapa keuntungan menggunakan tanda tangan digital Privy: 

  • Menurunkan fraud rate 
  • Mempercepat proses registrasi 
  • Menurunkan biaya administrasi dan kurir 
  • Menghemat penggunaan kertas sehingga lebih ramah lingkungan 

Nah, itu tadi informasi mengenai besarnya pengaruh identitas digital untuk keselamatan lingkungan alam. Setelah mengetahui manfaat tanda tangan digital, sekarang adalah saat yang tepat untuk segera menggunakan tanda tangan digital dalam kehidupan sehari-hari Anda.  

Jangan ragu untuk menggunakan PrivySign, tanda tangan digital untuk semua orang yang dapat menyelesaikan pekerjaan Anda lebih cepat dan mudah. Sebagai tanda tangan digital pertama dan terkemuka di Indonesia yang mengikat secara hukum, PrivySign menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang butuh menggunakan tanda tangan digital. Semoga bermanfaat! 

Tinggalkan Balasan