Membubuhkan meterai di sebuah dokumen kini bisa dilakukan secara digital menggunakan e-meterai. Tidak ada perbedaan antara penggunaan keduanya karena masih berfungsi sama sebagai pemberi kekuatan hukum sebuah dokumen. Hanya saja, e-meterai lebih praktis dan simple karena bisa diakses melalui perangkat, seperti komputer, laptop, atau bahkan smartphone. Namun, dalam kenyataannya, masih banyak masyarakat yang belum paham […]
Risiko Menggunakan Tanda Tangan Elektronik Tidak Tersertifikasi pada Dokumen
Tanda tangan (signature) adalah tanda unik yang diberikan oleh seseorang sebagai bukti bahwa orang tersebut telah membaca dan menyetujui isi dokumen terkait. Adanya bukti ini sekaligus menyatakan bahwa dokumen tersebut sah adanya. Menyetujui sebuah dokumen menggunakan cara ini sudah ada sejak zaman romawi kuno dan dibawa oleh bangsa Belanda ke Indonesia dan terus dipertahankan hingga […]
Cara Verifikasi Tanda Tangan Digital, Simak Langkahnya!
Penandatangan dokumen sekarang semakin mudah dengan adanya fitur tanda tangan digital (TTd digital). Seseorang tidak perlu lagi mencetak dan mengirim dokumen untuk diproses lebih lanjut. Akan tetapi, dalam penerapannya, tanda tangan digital tidak bisa digunakan sembarangan, loh! Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena maraknya kasus penipuan dan pengambilan identitas pribadi yang menggunakan TTd digital orang […]
Pentingnya Digital Identity untuk Mempercepat Akuisisi Pelanggan
Teknologi identitas digital mempermudah perusahaan menjalankan aktivitas bisnisnya, terutama untuk mempercepat akuisisi pelanggan. Identitas digital memastikan perusahaan dapat menarik pelanggan yang benar sesuai target pasarnya, sebab di dalamnya berisi data atau informasi penting para konsumen. Apabila implementasi digital identity berjalan baik, akan mempermudah perusahaan bersaing di era kecanggihan teknologi modern saat ini. Oleh karena itu […]
Ini Caranya Membeli E-Meterai, Tidak Perlu ke Kantor Pos
Seiring berkembangnya teknologi, meterai kini tidak lagi harus ditempelkan secara konvensional di atas kertas. Sudah tersedia meterai elektronik atau dikenal juga dengan e-meterai. Pada dasarnya, fungsi dan kegunaannya pun tetap sama dengan yang dibeli secara offline. Meterai elektronik bisa digunakan untuk transaksi dokumen berharga, seperti surat pernyataan, kontrak berjangka, dan masih banyak lagi sesuai Undang-Undang […]
Mengapa Tanda Tangan Digital Tersertifikasi Sulit Dipalsukan?
Meskipun tampak sederhana, namun tanda tangan merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah dokumen resmi. Adanya coretan ini menunjukkan bahwa orang yang membubuhkan coretan tersebut telah membaca dokumen itu dan menyetujuinya. Ini artinya, keberadaan tanda tangan seseorang secara tidak langsung dapat meningkatkan “kredibilitas” dokumen tersebut di mata pembaca lainnya. Namun sayangnya, sesulit apapun tanda tangan […]
5+ Contoh Surat Rekomendasi Atasan untuk Berbagai Keperluan
Bagi Anda yang sudah malang melintang di dunia kerja, tentu sudah asing dengan surat resmi bernama surat rekomendasi. Surat rekomendasi biasa diperlukan ketika Anda hendak melamar ke perusahaan yang besar atau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bagaimana sih format surat rekomendasi atasan yang baik dan benar? Berikan 5+ contoh surat rekomendasi atasan untuk […]
Peran Verifikasi Biometrik dalam Efisiensi Pendaftaran Rekening Online
Verifikasi biometrik adalah salah satu teknologi know your customer (KYC) terkini yang banyak diterapkan dalam berbagai sektor industri di Indonesia. Salah satu industri yang mempopulerkan teknologi ini adalah industri keuangan, khususnya perbankan. Pasalnya, saat ini industri perbankan di Indonesia sedang diramaikan dengan semakin banyaknya bank digital. Secara umum, bank digital ini tidak menawarkan produk yang […]
Mengenal Konsep Cyber Notary dan Keabsahan Dokumennya
Sebelum memahami apa itu cyber notary, sebaiknya Anda memahami siapa itu notaris. Menurut Undang-Undang, notaris adalah pejabat umum yang diberi kewenangan untuk membuat akta otentik dan beberapa kewenangan lainnya. Akta otentik sendiri adalah dokumen atau surat yang dibuat sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku dan disaksikan oleh pejabat umum, notaris adalah salah satu jenis pejabat umum […]
Apa itu Letter of Credit? Pengertian, Fungsi & Contohnya
Ada banyak produk dan layanan perbankan, selain kredit biasa yang didesain secara khusus untuk membantu nasabah mereka. Salah satunya adalah penerbitan dokumen letter of credit untuk nasabah yang ingin mengimpor barang dari luar negeri. Apa itu Letter of Credit? Letter of credit (L/C) adalah surat yang diterbitkan oleh bank yang berisi jaminan bahwa importir sebuah […]