Contoh Surat Edaran Perusahaan Resmi untuk Berbagai Keperluan

pekerja duduk di atas kursi depan meja

Istilah surat edaran tentu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Biasanya surat edaran ini identik dengan perintah upacara bagi anak sekolah dan pegawai. Munculnya surat edaran ini sebagai perintah dari instansi pemerintah untuk masyarakat. 

Eits, tetapi ternyata tak hanya instansi pemerintah yang bisa membuat surat edaran. Dalam bisnis pun, perusahaan juga memiliki wewenang membuat surat edaran. Berikut contoh surat edaran perusahaan resmi untuk berbagai keperluan. Simak selengkapnya berikut ini!

Pengertian Surat Edaran

Surat edaran adalah dokumen tertulis yang bertujuan memberikan arahan, kebijakan, informasi atau pun pemberitahuan oleh pihak berwenang kepada pihak terkait. Pihak yang berwenang mengeluarkan surat edaran sangat beragam, bisa pemerintah, perusahaan, institusi pendidikan dan lain sebagainya.

Surat edaran bertujuan untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan benar-benar dijalankan dengan sebaik-baiknya. Hal ini sangat penting supaya dapat mencapai tujuan perusahaan, organisasi, maupun instansi pemerintah.

Surat edaran sendiri dapat digunakan pada berbagai keperluan. Bisa untuk mengumumkan kebijakan, pemberitahuan acara, pemberitahuan promosi atau pemecatan karyawan, pengumuman terkait keamanan serta pengumuman terkait proyek. Anda bisa membuatnya sesuai dengan keperluan. 

Contoh Surat Edaran Perusahaan Resmi

Setelah mengetahui pengertian surat edaran, saatnya Anda mengamati contoh surat edaran agar gambaran Anda semakin jelas, juga bisa dijadikan sebagai referensi. Simak selengkapnya!

1. Contoh surat edaran singkat

surat edaran karyawan untuk pertemuan

2. Contoh surat edaran pemberitahuan

surat edaran regulasi Worf from Home (WFH)

3. Contoh surat edaran pemecatan karyawan

surat edaran pemberitahuan pemecatan karyawan

4. Contoh surat edaran kenaikan upah karyawan 

surat edaran pemberitahuan kenaikan gaji

5. Contoh surat edaran kebijakan cuti bersama

surat edaran pemberitahuan cuti bersama perayaan natal

Format Surat Edaran Resmi

Memang banyak sekali tujuan pembuatan surat edaran dalam perusahaan, sehingga formatnya berubah-ubah. Tetapi berikut format surat edaran resmi secara umum. 

[Logo Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]

[Alamat Tanggal]

Nomor: [Nomor Surat]

Perihal: [Isi Pemberitahuan]

Kepada Seluruh Karyawan,

Dengan hormat,

[Isi Pemberitahuan, berisi informasi atau pengumuman yang perlu disampaikan]

[Detail tambahan atau poin-poin penting jika diperlukan.]

Terima kasih atas perhatian dan kerjasama dari seluruh karyawan.

Hormat kami,

[Tanda Tangan]

[Nama]

[Jabatan]

[Perusahaan]

Nah, berikut di atas merupakan pengertian, contoh surat edaran perusahaan resmi untuk berbagai keperluan dan format umumnya. Kini, Anda tidak perlu lagi repot membuat surat edaran berulang kali, sebab Privy, selain menyediakan tanda tangan digital dan e-materai untuk keperluan dokumen perusahaan, juga menyediakan pembuatan dokumen template untuk berbagai keperluan. Sehingga Anda tidak perlu repot membuat berulang kali.

Fitur dokumen template ini bisa Anda dapatkan apabila Anda telah membuat akun enterprise di Privy. Tentu Anda juga akan mendapatkan keuntungan lainnya apabila mendaftar akun enterprise di Privy. Jadi tunggu apalagi? Yuk buat akun enterprise untuk perusahaan Anda dan dapatkan banyak manfaatnya!

Tinggalkan Balasan