Cara Membuat UMKM Go Digital & Keuntungannya

karakter baju magenta bergumam

Anda ingin bisnis Anda semakin dikenal oleh publik meskipun masih berskala mikro dan menengah? Tidak perlu khawatir! Yuk simak cara membuat UMKM Go digital berikut ini!

Kenapa Digitalisasi UMKM Perlu Dilakukan?

Lebih dari sekedar supaya tetap relevan dengan zaman, digitalisasi UMKM adalah hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jangkauan pasar UMKM tersebut. Misalnya apabila dengan membuka toko offline saja, maka pangsa pasar Anda adalah orang yang tinggal di sekitar toko tersebut, namun dengan membuka toko online, maka pangsa pasar toko Anda bisa berasal dari daerah lain di seluruh Indonesia. 

Selain itu, digitalisasi UMKM juga penting untuk meningkatkan efisiensi produksi. Contoh, perusahaan Anda bergerak di bidang usaha konveksi. Dengan teknologi digital, seperti tanda tangan digital Privy, perusahaan bisa meneken kontrak kerjasama dengan berbagai brand pakaian di seluruh Indonesia dengan lebih mudah tanpa harus mencetak kertas. 

Keuntungan UMKM Go Digital

1. Pangsa pasar lebih luas

Manfaat digitalisasi UMKM yang pertama dan paling utama adalah memperluas pangsa pasar. Seperti yang dijelaskan di atas, dengan membuat toko online atau memasarkan toko secara digital, jangkauan pasar produk Anda tidak hanya warga sekitar, tetapi juga seluruh daerah di Indonesia. 

2. Meningkatkan efisiensi produksi

Teknologi digital memiliki banyak manfaat dalam membuat produksi barang dan jasa menjadi lebih efektif dan efisien. Selain menggunakan tanda tangan digital untuk hal-hal terkait dokumen, dengan teknologi digital, Anda juga bisa membuat pembukuan keuangan dan mengakses supplier bahan baku dengan lebih mudah. 

3. Meningkatkan efisiensi pemasaran

Sudah bukan rahasia lagi jika digital marketing adalah strategi pemasaran yang efisien. Dengan Facebook ads atau Insta Ads misalnya, Anda bisa membuat iklan menargetkan target demografi tertentu dengan biaya terjangkau sesuai dengan anggaran yang telah Anda siapkan sebelumnya.

4. Tidak membutuhkan biaya besar

Untuk go digital, sebuah UMKM tidak membutuhkan biaya besar. Misalnya, hanya dengan Rp150.000 saja, perusahaan Anda sudah bisa beriklan di Facebook atau Instagram. Bahkan, untuk membuat toko online juga gratis. Apalagi saat ini alat untuk membuat konten pemasaran digital juga sudah banyak yang bisa digunakan secara gratis, seperti Canva atau Capcut. 

Cara Membuat UMKM Go Digital

Meskipun manfaat digitalisasi UMKM ada banyak, namun jumlah UMKM go digital masih relatif sedikit. Menurut pemberitaan dari Kompas, hanya 19 juta dari 65 juta UMKM di Indonesia yang sudah masuk ekosistem digital pada tahun 2022. Nah, jika perusahaan Anda ingin mulai melakukan digitalisasi, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Membuat email dan google maps untuk perusahaan

Langkah pertama adalah dengan membuat email dan Google Maps khusus untuk perusahaan atau toko Anda. Email berfungsi sebagai media komunikasi resmi antara perusahaan Anda dengan konsumen. Selain itu, email juga dibutuhkan untuk membuat pengaturan di Google My Business, Google Maps dan kanal pemasaran digital lainnya. 

Mengunggah alamat perusahaan atau toko Anda di Google Maps memiliki beberapa manfaat. Pertama, adanya informasi di Google Maps dapat membantu konsumen untuk menemukan lokasi perusahaan Anda. Kedua, hal ini juga dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan dimata konsumen. Ketiga, Anda dapat menautkan nomor handphone dan akun media sosial di Google Maps, sehingga konsumen yang mengetahui informasi perusahaan Anda melalui Google Maps dapat menghubungi secara langsung. 

2. Membuat toko online

Setelah email dan Google Maps, Anda bisa membuat toko online di aplikasi marketplace, seperti Shopee maupun Tokopedia. Namun karena saat ini ada banyak marketplace yang bisa Anda pilih, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai basis pengguna aplikasi marketplace tersebut dan besaran biaya aplikasi yang dibebankan. 

Selain riset soal aplikasi, Anda juga perlu mempersiapkan beberapa “bahan” untuk membuka toko online ini. Bahan tersebut, seperti foto dan berat produk Anda, serta harga yang akan Anda gunakan untuk menjual produk tersebut secara online. 

Umumnya, pemilik toko online akan menerapkan biaya yang berbeda antara pembelian secara online dan offline karena adanya biaya administrasi. Akan tetapi, pastikan harga yang Anda gunakan tetap kompetitif, supaya bisa berkompetisi dengan produk serupa di marketplace yang sama. 

3. Membuat media sosial khusus perusahaan

Email dan google maps sudah, maka kini saatnya membuat media sosial khusus untuk perusahaan. Media sosial adalah kanal pemasaran digital yang penting. Sebab tidak hanya bisa digunakan untuk beriklan sebagaimana pembahasan di atas, media sosial juga bisa digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan calon pembeli. 

Hal ini berarti, di media sosial seperti Instagram maupun Facebook, Anda bisa menginformasikan diskon, produk dan layanan baru, hingga feedback atau tanggapan langsung dari pembeli untuk produk Anda. Tanggapan langsung ini penting untuk mengukur kesuksesan strategi pemasaran dan kualitas produk perusahaan secara keseluruhan. 

4. Melatih SDM perusahaan untuk go digital

Hal yang tidak kalah penting dalam membuat UMKM go online adalah memberikan pelatihan berbagai keahlian digital untuk SDM UMKM tersebut. Beberapa keahlian digital yang patut untuk dilatih adalah:

  1. Edit foto dan video. Meskipun saat ini Anda bisa menggunakan tools seperti Canva maupun Capcut, namun kreativitas dibalik penggunaan dua aplikasi tersebut juga penting, sehingga karyawan perlu dilatih untuk menggunakan dua aplikasi ini. 
  2. Skill penulisan digital. Skill ini termasuk penulisan konten di sosial media (content writing), penulisan deskripsi produk dan konten iklan (copywriting), dan penulisan skenario konten (scriptwriting) jika Anda juga menggunakan konten dalam bentuk video.  
  3. Skill pelayanan pelanggan dan administrasi. Skill ini dibutuhkan untuk menanggapi pesanan pelanggan via sosial media maupun marketplace. 
  4. Skill presentasi. Skill ini dibutuhkan untuk UMKM yang ingin memasarkan produknya dalam bentuk video. 

Anda tidak perlu khawatir! Saat ini banyak pelatihan gratis maupun berbayar yang disediakan oleh pemerintah dan pihak swasta untuk melatih berbagai keahlian di atas. Memberikan pelatihan untuk karyawan tidak hanya dapat membuat karyawan tersebut betah bekerja di perusahaan Anda, tetapi juga bisa meningkatkan produktivitas perusahaan dalam jangka panjang. 

Contoh UMKM Go Online

Untuk go online, sebuah UMKM tidak membutuhkan biaya besar. Salah satu bisnis skala mikro yang sudah melakukan pemasaran digital adalah produsen susu kambing etawa dengan merk “Zada” dari Tanjungsari, Blitar, Jawa Timur. 

Dengan konsep sehat dan fresh tanpa pengawet, pengusaha susu kambing ini sudah menawarkan produknya melalui Google Maps, Instagram, Facebook dan ojek online. Akibatnya, pesanan yang pada awalnya hanya berasal dari desa yang sama, kini merambah hingga seluruh desa di Kabupaten Blitar, sehingga pendapatan bisnisnya juga meningkat. 

Ingin perusahaan Anda go online? Gunakan Privy for Business! Dengan Privy for Business, Anda bisa menyimpan dan menandatangani sejumlah besar dokumen bisnis hanya dengan satu klik saja.

Eits! Privy juga menyediakan template gratis yang bisa Anda pakai untuk berbagai keperluan loh! Jadi, tunggu apa lagi?! Buat bisnis Anda stand out dengan Privy for Business!

Tinggalkan Balasan