Cara Membuat Tanda Tangan Barcode dengan QR Code Generator

Tanda tangan barcode

Pesatnya perkembangan teknologi semakin memudahkan proses penandatanganan sebuah dokumen. Kini, seseorang tidak perlu lagi harus membubuhkan tanda tangan (TTd) basah di atas dokumen yang tercetak. Hanya melalui soft-file, seseorang sudah bisa langsung mencantumkan simbolnya di sana menggunakan TTd elektronik yang tersertifikasi.

Dalam penggunaannya, TTd digital juga ternyata kini bisa diubah menjadi bentuk barcode dengan QR code generator, loh! Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan teknologi tersebut yang memudahkan aktivitas transaksi di merchant atau toko-toko online lainnya.

Lalu, bagaimana QR code generator bisa digunakan untuk membuat TTd seseorang? Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini!

Apa itu Tanda Tangan Barcode?

Tanda tangan barcode adalah bentuk simbol yang direprentasikasikan menjadi bentuk kotak dengan titik-titik hitam dan spasi putih. Titik-titik dan tiap elemen dalam kotak tersebut berperan untuk menampilkan data yang terdapat di dalamnya.

Gambar yang muncul tersebut dibuat dari QR code generator yang merupakan aplikasi atau situs khusus untuk menghasilkan berbagai jenis QR. Dalam kasus TTd barcode, QR (quick response) code di sini adalah kode 2 dimensi yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang sesuatu ketika sudah dipindai.  

Selain itu, TTd barcode ini juga dapat digunakan sebagai bentuk tanda tangan elektronik pada dokumen digital atau online. Pada dasarnya, bentuk TTd ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan identitas seseorang dan menghindari risiko pemalsuan tanda tangan.

Dokumen yang diberikan TTd barcode sudah terintegrasi dengan sistem keamanan seperti enkripsi end-to-end. Fungsinya adalah untuk menghindari orang lain menggunakan tanda tangan Anda secara sembarangan. Informasi yang ada dalam barcode tersebut adalah data diri asli seseorang, seperti nama lengkap yang pastinya menjadikan dokumen tersebut valid. 

Seseorang bisa langsung memindai barcode tersebut dan akan langsung muncul informasi seputar pemilik tanda tangan. 

Jenis TTd ini juga bersifat lebih fleksibel karena tidak perlu lagi menggunakan alat tulis dan kertas untuk membubuhkan tanda tangan. Penggunaan waktu dapat menjadi lebih efisien pula karena bisa dilakukan dan diakses dari mana saja. 

Perbedaan Tanda Tangan Barcode dan Digital

Pada dasarnya, kedua jenis TTd ini memiliki fungsi sama, yaitu sebagai bentuk persetujuan resmi atas suatu dokumen atau perjanjian secara digital. Akan tetapi, terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan dalam penggunaannya.

Dari pihak yang menerbitkannya, TTd digital dikeluarkan oleh badan atau perusahaan resmi yang diakui oleh Kemenkominfo. Perusahaan ini memiliki CA (Certificate Authority) yang sudah teruji lulus dari segi keamanan dan kevalidan data. Sementara itu, TTd barcode diterbitkan oleh penyedia layanan IT yang tidak terintegrasi dengan lembaga resmi atau pemerintah. 

Beberapa perusahaan swasta seperti aplikasi Privy sudah bekerja sama dengan lembaga resmi dalam penerbitan TTd digital. Kendati demikian, aplikasi tersebut memungkinkan seseorang untuk membuat TTd barcode sehingga tidak perlu lagi menggunakan layanan pihak ketiga. 

Dalam proses verifikasinya, TTd digital memerlukan proses verifikasi yang cukup panjang untuk memastikan keaslian data. Di sisi lain, TTd barcode tidak perlu verifikasi panjang karena bisa dengan mudah dibuat oleh seseorang selama mampu mengisi data yang diperlukan dengan benar. 

Selain itu, dari sisi keabsahannya, TTd digital sudah diakui penggunaannya secara hukum dan memiliki kekuatan hukum. Dengan begitu, seseorang tidak bisa dengan mudah menggunakan TTd digital karena dapat dilacak penggunaannya. 

Pemerintah turut andil dalam penggunaan TTd digital dan sudah diatur penggunaannya dalam UU No. 11 Tahun 2008. Undang-undang tersebut membahas mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tentang pembuktian dari informasi, dokumen, dan TTd digital. 

Sementara TTd barcode belum bisa diakui keabsahannya secara hukum karena dikategorikan sebagai tanda tangan tidak tersertifikasi. Untuk itu, biasanya TTd jenis ini hanya digunakan untuk keperluan pribadi atau perusahaan saja. 

Cara Membuat Tanda Tangan Barcode

Kini saatnya bagi Anda untuk membuat TTd barcode. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu: 

1. Membuat tanda tangan barcode lewat Privy

Anda bisa membuat TTd digital barcode hanya dengan menggunakan smartphone atau gadget. Berikut adalah cara membuatnya: 

  • Buka aplikasi Privy atau unduh terlebih dahulu di Apple Store atau Google Play store
  • Setelah itu, buat akun Privy dengan memasukkan email, nomor telepon, dan mengunggah dokumen yang diperintahkan oleh aplikasi tersebut
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke ponsel Anda, lalu buat kata sandi untuk aplikasi. Setelah itu, tunggu sistem untuk memverifikasi data
  • Selanjutnya, pilih fitur tanda tangan untuk QR code di aplikasi
  • Masukkan data yang dibutuhkan pada QR code tersebut, seperti nama lengkap, nomor telepon, email, atau lain sebagainya.
  • Setelah semua informasi sudah dimasukkan, TTd barcode berbentuk QR Anda sudah siap digunakan. Unduh barcode tersebut dan gunakan pada dokumen Anda. 

2. Membuat tanda tangan barcode melalui situs

Selain melalui aplikasi, Anda juga dapat membuat TTd barcode melalui situs yang ada di internet. Situs ini dapat diakses melalui laptop, PC, atau perangkat lainnya yang terhubung dengan internet. Simak langkah-langkah di bawah ini untuk cara pembuatannya:

  • Kunjungi situs penyedia layanan QR code generator untuk TTd, seperti Online Signature, Approve Me Signature, Dray My Signature, QR Code Monkey, dan sebagainya
  • Setelah itu, masukkan informasi seputar data diri di kolom yang tersedia
  • Jika semua informasi sudah dimasukkan, klik opsi “Create Code”. Lalu, klik “Download PNG”
  • Tanda tangan sudah jadi dan siap digunakan untuk berbagai keperluan!

Contoh Tanda Tangan Barcode

Berikut adalah contoh gambar dan penggunaan TTd barcode yang bisa diaplikasikan pada sebuah dokumen: 

contoh tanda tangan barcode

Sumber: MA&P Lawyer. 

Tanda tangan barcode tersebut bisa digunakan pada berbagai jenis dokumen, seperti dokumen perjanjian, pembelian, surat edaran atau keputusan, dan masih banyak lagi. 

Pastikan Anda menggunakan QR code generator yang sudah tersertifikasi dan diakui oleh Kemenkominfo seperti Privy. Hal ini lantaran TTd barcode pada dasarnya tidak mengikat secara hukum sehingga perlu dipastikan bahwa TTd Anda adalah asli dan sah. 

Solusi Tanda Tangan Digital Privy

Untuk mengefisiensikan penandatanganan dokumen elektronik, Anda membutuhkan tanda tangan yang terenkripsi dan berbentuk QR Code dari Privy. 

Privy menawarkan fitur memindai QR Code tanda tangan Anda. TTD barcode akan muncul secara otomatis di bawah TTD basah atau elektronik di dokumen yang dituju. Cukup mudah, bukan? Hanya dengan memiliki akun dan membuat TTD barcode yang terenkripsi, proses transaksi dokumen elektronik pun dapat terselesaikan dengan cepat. Demikianlah pembahasan mengenai tanda tangan barcode beserta fungsi, cara pembuatan, hingga contoh bentuknya. Kini Anda bisa memaksimalkan penggunaan TTd barcode untuk berbagai keperluan penandatanganan dokumen.

Tinggalkan Balasan