Tips Membuat Kombinasi Password yang Aman dan Mudah Diingat

tangan pegang hp gembok

Ketika hendak memanfaatkan media sosial, email, m-banking dan aplikasi lainnya biasanya seseorang akan diminta membuat akun. Memasukkan identitas diri dan diminta membuat password

Saat seseorang hendak membuat password ia pasti memilih yang sederhana agar lebih mudah diingat. Memang jadi lebih mudah mengakses akun pada aplikasi tersebut, tetapi itu berarti akun Anda lebih mudah untuk diretas. Berikut tips membuat kombinasi password yang aman dan tetap mudah untuk diingat. Simak selengkapnya!

Pentingnya Membuat Password yang Aman

Membuat kata sandi harus dipastikan keamanannya, mengapa demikian? Simak pentingnya membuat password yang aman berikut ini!

1. Memenuhi regulasi pembuatan akun  

Pentingnya membuat password yang aman yaitu sebagai syarat agar Anda memenuhi regulasi pembuatan akun, terutama untuk pelayanan dengan standar keamanan khusus seperti pembuatan akun m-banking dan kata sandi untuk transaksi.

Pihak penyedia layanan akan meminta Anda membuat kata sandi dengan beberapa syarat, misalnya harus menggunakan huruf kapital, menambahkan angka dan juga karakter tertentu. Kebijakan ini harus dipatuhi supaya Anda bisa mengakses aplikasi terkait.

2. Perlindungan terhadap informasi pribadi 

Pentingnya membuat password yang aman selanjutnya adalah perlindungan terhadap informasi pribadi demi mencegah phishing. Ketika Anda hendak menggunakan sebuah aplikasi, maka pastinya akan diminta mencantumkan informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, nomor identitas dan lain sebagainya. 

Maka dari itu, untuk melindunginya sebisa mungkin Anda harus membuat kata sandi dengan kombinasi yang aman namun tetap mudah untuk diingat ketika hendak masuk ke dalam sebuah aplikasi. 

3. Terhindar dari peretasan akun 

Maraknya peretasan akun membuat Anda harus membuat kata sandi yang kuat dan aman, apalagi di Indonesia sendiri marak terjadi kebocoran data. Pasalnya, peretasan akun bisa memberikan dampak negatif seperti pencurian sejumlah dana, penggunaan akun media sosial untuk kejahatan hingga penggunaan identitas Anda untuk aktivitas kriminal. 

4. Melawan serangan kata sandi 

Serangan kata sandi sering sekali didapatkan dengan berbagai tujuan, ketika Anda sudah membuat password yang aman maka tentu mereka lebih sulit untuk meretas akun Anda. berbeda jika Anda membuatnya sederhana dan mudah ditebak. 

Cara Membuat Password yang Aman dan Mudah Diingat

Setelah mengetahui pentingnya membuat kata sandi yang aman, kini saatnya Anda mengetahui cara membuat password yang aman dan tetap mudah diingat. Selengkapnya berikut ini!

1. Buat sandi yang panjang dan kompleks

Cara membuat password yang aman pertama adalah menyusun yang panjang dan kompleks. Semakin panjang sandi Anda maka akan semakin sulit ditebak, gunakan juga kata-kata yang kompleks namun tetap mudah untuk Anda ingat. 

Anda bisa membuat kata yang menggambarkan diri Anda atau akun yang hendak dibuat misalnya GadisseNjafebRuari89, daNceunDerthemOon56, DontGiveNuptoglory11, pemUdapeCintailmu55 dan lain sebagainya. Sandi semacam itu cukup panjang dan kompleks sehingga sulit ditebak. 

Tentunya tetap perhatikan syarat pembuatan kata sandi dari masing-masing layanan. Setiap layanan tentu memiliki peraturan yang berbeda terkait pembuatan password. Jadi Anda tetap harus mengikuti dan mematuhinya. 

2. Hindari memasukkan informasi pribadi 

Kebanyakan orang menyisipkan informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, nama anak, tanggal pernikahan, dan lain sebagainya untuk digunakan sebagai kata sandi. Faktanya, mencantumkan informasi pribadi pada password membuat peretas bisa lebih mudah menebaknya. 

Apalagi jika sebelumnya, mereka sudah mengumpulkan terlebih dahulu informasi soal Anda melalui media sosial. Bukan sesuatu yang sulit bagi mereka untuk mencoba kombinasi dari informasi pribadi Anda.

Hindari untuk memasukkan informasi pribadi dalam kata sandi misalnya ErikakArdina2602 dimana angka 26 merupakan tanggal lahir anda dan 02 adalah bulan lahir. Bagi peretas yang cerdas untuk membuka akun rekening dengan model kata sandi begini akan sangat mudah. Anda bisa gunakan huruf atau angka acak yang mudah diingat saja ketimbang harus mencantumkan informasi pribadi. 

3. Jangan gunakan kata yang umum digunakan sebagai sandi 

Dikutip dari data indonesia.id, ada beberapa kata yang umum digunakan sebagai kata sandi. Delapan kata sandi terbanyak di  tahun 2023 masih hampir sama dengan 2022, yaitu 123456, admin, 12345678, 12345, 123456789, user, password dan bismillah. 

Oleh karena itu, cara buat password yang aman adalah menghindari kata-kata umum di atas dan kata umum lainnya yang terlintas dibenak banyak orang. Memang yang di atas mudah diingat tetapi rawan diretas jadi sebaiknya tidak digunakan. 

4. Ganti vokal dengan angka yang mirip 

Salah satu tips membuat kombinasi password yang aman dan mudah diingat adalah mengganti vokal dengan angka yang mirip. Misalnya huruf e diganti 3, huruf a diganti 4, atau huruf i diganti 1.

Contoh password misalnya r4h4rj4s3l4m4ny4, k3mar1nb3rs4m4, dan w4ktub3rs4m4mu. memang agak sulit ketika sedang  mengetiknya dan memasukkannya saat login namun ini juga  dilakukan dengan kebaikan Anda. 

5. Menggunakan frasa atau akronim pribadi 

Cara membuat kata sandi selanjutnya bisa gunakan frasa atau akronim pribadi. Ini mungkin juga lebih rumit dari tips yang sebelumnya, namun tentu lebih sulit tertebak dan diretas. 

Contoh kata sandi dengan frasa atau akronim pribadi adalah sebagai berikut:

1. Frasa Pribadi: “Liburan di Bali Tahun 2019”

   Kata Sandi: LdB@li’19Vac@

2. Frasa Pribadi: “Hobi Saya Memasak dan Makan Enak”

   Kata Sandi: H0b!C@k3&M@k3n!

3. Akronim Pribadi: “Nama Anak-anak Saya”

   Kata Sandi: N@S_1st2nd3rd

4. Akronim Pribadi: “Tempat Kelahiran dan Tanggal Lahir Saya”

   Kata Sandi: T!m@B@l1!982

5. Frasa Pribadi: “Hari Jadi Pasangan Bahagia”

   Kata Sandi: HJP@!G@ndH@ppy

6. Jangan membuat kata sandi yang sama untuk semua aplikasi 

Cara bikin password yang aman yaitu dengan tidak menggunakan satu kata sandi untuk seluruh aplikasi yang Anda gunakan. Jangan samakan sandi media sosial, dengan email, atau rekening online. Sebab ketika Anda melakukan hal tersebut, peretas bisa membuka semua akun Anda dan itu bisa membahayakan diri. 

Lebih baik membedakannya meski sedikit repot saat mengingatnya. Jika Anda pelupa, bisa catat password yang berbeda tersebut di handphone, memori atau catatan lainnya. Jadi tetap aman dan tidak akan terlupa saat hendak masuk ke aplikasi terkait. 

7. Gunakan password manager

Penggunaan password manager menjadi semakin penting dalam mengelola keamanan digital pribadi. Dengan meningkatnya kompleksitas dan jumlah akun online yang dimiliki setiap orang, seringkali sulit untuk menciptakan dan mengingat kata sandi yang kuat untuk setiap layanan. 

Password manager memberikan solusi efektif dengan menyimpan dan menghasilkan kata sandi yang kompleks secara otomatis, mengurangi risiko penggunaan kata sandi yang lemah atau penggunaan kata sandi yang sama di berbagai platform. Selain itu, fitur otomatisasi pengisian formulir login dan integrasi browser menjadikan pengalaman pengguna lebih nyaman dan efisien.

Privy menyediakan pengelolaan kata sandi yang canggih hanya untuk Anda. PrivyPass, dengan kecanggihan identitas digitalnya, tidak hanya menyediakan pengalaman pendaftaran yang bebas gesekan, tetapi juga memperkenalkan fitur pengelolaan kata sandi yang efektif. 

Dengan menggunakan PrivyPass, pengguna tidak perlu lagi mengkhawatirkan kesulitan mengenai kata sandi yang sulit diingat atau berisiko keamanan. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengelola dan menyimpan kata sandi mereka dengan aman, menghilangkan kebutuhan untuk mengingat sejumlah kata sandi yang berbeda. 

Dengan PrivyPass, pengalaman pengguna menjadi lebih praktis dan keamanan informasi terjaga, membuktikan bahwa PrivyPass bukan hanya sekadar solusi pendaftaran, tetapi juga alat efisien untuk manajemen keamanan dan kata sandi yang dapat diandalkan. Nah, berikut di atas merupakan tips membuat kombinasi password yang aman dan mudah diingat. Terapkan tips atau cara yang disebutkan supaya akun tidak mudah diretas, menghindarkan Anda dari kejahatan dan penipuan.

Tinggalkan Balasan