7 Aplikasi Scan Dokumen yang Gratis dan Praktis Digunakan

icon file

Pernahkah Anda kesulitan untuk memindai dokumen tercetak ke perangkat tertentu? Biasanya, kesulitan ini diakibatkan karena tidak memiliki mesin print untuk memindai dokumen dan harus pergi ke tempat fotokopi yang tentu akan mengeluarkan biaya. Namun, sekarang Anda tidak perlu repot lagi karena memindai (scan) file bisa dilakukan dari mana saja melalui aplikasi!

Aplikasi ini kebanyakan bisa diakses dari smartphone, gadget, atau perangkat lainnya. Selama memiliki perangkat memadai, Anda tidak lagi harus mengeluarkan biaya untuk scan karena aplikasi tersedia secara gratis. 

Daripada penasaran, berikut ada rekomendasi 7 aplikasi scan dokumen gratis dan praktis untuk digunakan. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

7 Aplikasi Scan Dokumen yang Gratis dan Praktis Digunakan

Berikut adalah 7 aplikasi scan dokumen gratis yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau App Store:

1. CamScanner

Aplikasi buatan CamSoft Information ini adalah aplikasi scanner dokumen yang menyediakan fitur memindai dokumen dengan mudah menggunakan kamera perangkat. 

Tidak hanya file tercetak saja yang bisa dipindai, tetapi juga foto tercetak pun bisa di-scan menggunakan aplikasi ini. Selain itu, CamScanner juga menawarkan fitur memindai tulisan dari dokumen yang dipindai menjadi teks ketik. 

Dengan kata lain, Anda tidak perlu lagi harus menuliskan ulang kalimat yang ada di file karena bisa diterjemahkan langsung oleh aplikasi tersebut. Sangat praktis, bukan? Jadi, Anda tidak harus mengunduh aplikasi lain karena sudah bisa dilakukan melalui satu tempat saja. 

Dokumen yang sudah dipindai di CamScanner bisa langsung disimpan di media penyimpanan perangkat atau penyimpanan online seperti OneDrive, Google Drive, Box, dan lain sebagainya. 

2. Handy Scanner

Aplikasi scan dokumen di HP berikutnya ada Hand Scanner yang juga memanfaatkan fitur kamera perangkat untuk memindai file Anda. Dokumen ini bisa berupa kartu identitas, dokumen perjanjian, atau segala jenis file yang ingin dipindai. 

Keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk memindahkan dokumen sekaligus dalam jumlah banyak. Ada fitur bernama “Batch Scan” yang bisa pengguna optimalkan untuk efisiensi waktu pemindahan file

3. Turbo Scan

Sesuai dengan namanya, Turbo Scan menawarkan kecepatan dalam memindai file ke perangkat yang dituju. Fitur unggulan dari aplikasi ini adalah SureScan3x. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menge-scan 3 gambar dari satu halam dengan kualitas scan yang tinggi. 

Jadi, pengguna bisa terus memindai gambar sampai mendapatkan kualitas file yang diinginkan. Selain itu, dokumen yang sudah dipindai bisa dibentuk ke dalam berbagai format, seperti PDF, JPG, JPEG, dan PNG. Pengguna tidak perlu lagi harus menggunakan situs atau aplikasi lain untuk mengkonversi file ke bentuk tertentu. 

4. Adobe Scan

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar aplikasi Adobe. Aplikasi yang banyak mengeluarkan layanan komputasi seperti Adobe Photoshop, Acrobat Pro, Lightroom, dan masih banyak lagi. 

Adobe juga menyediakan aplikasi scan dokumen gratis dan praktis yang bisa digunakan oleh siapa pun. Selain memindai, pengguna bisa mengedit file yang sudah dipindai, menambah informasi atau keterangan lain, dan bahkan membubuhkan tanda tangan. 

5. Simple Scan

Seperti namanya, simple berarti sederhana dan aplikasi ini juga menerapkan konsep kesederhanaan serupa. Konsep sederhana pada Simple Scan ditunjukkan dari ringannya program ketika digunakan di segala perangkat. 

Ukuran Simple Scan ini hanya sebesar 152,6 MB sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan perangkat. Simple Scan bisa jadi solusi jika Anda ingin memindai dokumen tetapi terkendala memori yang penuh. 

Simple Scan juga sangat praktis karena dapat menentukan jenis format dokumen yang ingin diekspor, seperti file ZIP atau PDF. 

6. Genius Scan

Aplikasi scan dokumen android berikutnya yaitu Genius Scan yang bisa memindai dokumen menjadi bentuk JPG atau PDF. Selain itu, Anda juga dapat memisahkan atau menggabungkan file PDF.

Tentunya fitur ini bisa digunakan untuk mengefisiensikan waktu pembuatan dokumen menjadi lebih cepat dan praktis. Jadi, Anda tidak lagi harus menggabungkan dokumen secara manual menggunakan aplikasi lain. 

Ada beragam fitur lainnya yang disediakan oleh Genius Scan, seperti PDF Maker yang berfungsi untuk mengubah file dokumen menjadi bentuk PDF. Ada juga fitur OCR (Optical Character Recognition) yang berperan untuk mengekstrak tulisan dari gambar berbentuk GIF, JPG, PNG, dan TIFF.

7. Microsoft Office Lens

Rekomendasi aplikasi terakhir ini dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft yang dapat memindai dan menyimpan dokumen cetak Anda secara praktis. Sama seperti aplikasi lainnya, Microsoft Office Lens bisa mengubah format file menjadi bentuk Microsoft Words, PDF, dan bahkan Microsoft Power Point. 

Anda juga bisa mengedit dan menyalin dokumen yang sudah dipindai melalui satu aplikasi saja. 

Cara Menandatangani Dokumen yang Sudah Di-scan

Terkadang, kebutuhan untuk menandatangani dokumen sangat diperlukan untuk menambah keabsahan dan formalitas sebuah file. Biasanya, seseorang bisa langsung membubuhkan tanda tangan menggunakan pena di atas dokumen yang dituju. Namun, bagaimana jadinya kalau dokumen tersebut sudah dipindai?

Ada beberapa cara menandatangani dokumen yang sudah dipindai yang bisa Anda coba, yaitu: 

1. Tanda tangan langsung di aplikasi scanner

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa aplikasi yang sudah menyediakan fitur tanda tangan atau mengedit dokumen. Anda dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk membubuhkan tanda tangan secara online

Caranya bisa dengan memasukkan tanda tangan digital yang sudah dimiliki atau memakai fitur pena/brush pada aplikasi untuk membuat tanda tangan langsung. 

2. Gunakan aplikasi tanda tangan digital

Selain menandatangani langsung di aplikasi scanner, Anda juga dapat menggunakan aplikasi e-signature resmi seperti Privy. Melalui aplikasi tersebut, Anda dapat membuat tanda tangan digital yang tersertifikasi karena Privy sudah diakui oleh KOMINFO.

Caranya pun sangat mudah. Anda hanya tinggal mengunduh aplikasi tersebut, membuat akun, mengunggah dokumen yang sudah dipindai, lalu masukkan tanda tangan digital yang sudah dibuat. Cukup praktis, bukan? 

Demikianlah rekomendasi 7 aplikasi scan dokumen yang gratis dan praktis digunakan khusus untuk Anda. Dari 7 aplikasi tersebut, Anda bisa mengefisiensikan proses dokumen transaksi atau perjanjian membubuhkan tanda tangan di akhir file. Penandatanganan tersebut juga akan semakin praktis dengan menggunakan aplikasi tanda tangan digital seperti Privy

Tinggalkan Balasan