Contoh Surat Perkenalan Perusahaan, Produk dan Jasa

Contoh Surat Perkenalan Perusahaan

Bagi Anda yang sedang merintis usaha baru, tentu membutuhkan perjuangan untuk mengenalkan perusahaan, produk ataupun jasa yang dimiliki. Salah satu yang perlu disiapkan untuk mengenalkan produk, jasa atau perusahaan bisa menggunakan surat. Surat perkenalan bertujuan memperoleh klien baru.

Surat perkenalan biasanya berisi informasi mengenai perusahaan yang akan sangat berguna bagi calon konsumen, supplier atau pun calon investor Anda. Sehingga keberadaannya cukup penting menopang sebuah perusahaan. Nah, tak perlu bingung lagi bagaimana cara membuatnya, berikut contoh surat perkenalan perusahaan, produk dan jasa bisa Anda gunakan sebagai referensi. 

Contoh Surat Perkenalan Perusahaan

Pada artikel kali ini akan diberikan contoh surat perkenalan perusahaan yang bergerak di bidang tour dan travel yang menemani perjalanan Anda. Untuk memperkenalkan perusahaan travel cukup menjadi tantangan karena harus menarik namun juga informatif.

Pada surat perkenalan perusahaan travel Anda bisa menawarkan kepada calon konsumen dengan memberikan fasilitas terbaik menemani perjalanan mulai dari armada, penginapan, akomodasi masuk tempat wisata hingga kulineran.

Berikut contoh surat perkenalan perusahaan travel yang bisa Anda contoh untuk perusahaan Anda sendiri. 


PT CAHAYA SAMUDERA TRAVEL

Jln. Manthous KM 1,5 Wonosari

Telp. 0234-345622, email: cahayasamudera@gmail.com

Website: cahay-samudera.com

Nomor: 1/CST/23/2023

Lampiran: 2 lembar

Perihal: Perkenalan Perusahaan Travel 

Kepada Yth, 

Pimpinan PT. Antariksa Jaya 

Jln. Baru No. 55 

Wonosari 

Salam hormat, 

Dengan sampainya surat ini, kami ingin memperkenalkan perusahaan kami  PT. CAHAYA SAMUDERA  kepada perusahaan Anda. Perusahaan travel dan akomodasi kami bisa melayani perjalanan dalam kota serta perjalanan piknik domestic. 

Dengan fasilitas terbaik, kami selalu mengutamakan kenyamanan dari para klien kami dengan keunggulan berikut ini:

  1. Kursi yang nyaman dan ergonomis 
  2. Armada yang dilengkapi dengan AC 
  3. GPS Tracking System 
  4. Sajian musik menghibur dan safety belt
  5. Snack lezat pengganjal perut 

Selain keunggulan yang kami sebutkan, perusahaan kami memiliki keunggulan harga yang lebih terjangkau daripada perusahaan lainnya. Jika Bapak/ Ibu berkenan, perusahaan kami telah menyiapkan fasilitas terbaik untuk kerjasama dengan perusahaan Bapak/ Ibu Pimpinan PT. Antariksa Jaya. 

Demikian surat perkenalan ini, atas perhatian yang telah diberikan kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Cika Ainun 

(Direktur Utama)


Contoh Surat Perkenalan Produk

Surat perkenalan tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan perusahaan, melainkan juga bisa digunakan untuk mengenalkan produk yang Anda miliki. Ini berlaku untuk produk awal maupun produk baru, jadi klien mengerti apa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. sebagai contoh berikut surat perkenalan produk minyak goreng untuk rumah makan atau restaurant


PT SAWIT MATAHARI UTAMA

PRODUSEN MINYAK GORENG DENGAN KUALITAS TERBAIK

Alamat: Jln Mayjen S, Parman Kalimantan Selatan

Telp: 083765874675

Kalimantan Selatan, 26 Februari 2023

Nomor: 3/SWU/PMGDKT02

Lampiran: 3 Bendel 

Perihal: Perkenalan Produk

Yth. PT Fast Food Indonesia Tbk

Dengan hormat

PT Sawit Matahari Utama merupakan sebuah perusahaan yang bergerak menyediakan minyak goreng dengan kualitas terbaik yang hadir sejak tahun 2015. Distributor kami berada hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Tak hanya itu saja, produk kami telah memperoleh sertifikat resmi dan penghargaan karena diolah dengan prosedur standar terbaik. 

Adapun produk minyak goreng yang kami miliki adalah sebagai berikut:

  1. Cahaya Minyak 
    Keunggulan:
    Untuk menggoreng matangnya lebih cepat dan merata, warna minyak jernih dan saat panas tidak cepat menguap.
  2. Bintang Minyak Kita
    Keunggulan:
    Terbuat dari kelapa sawit terbaik sehingga rendah kolesterol. Hasil renyah dan matang secara merata.
  3. Bulan Minyak
    Keunggulan:
    Minyak kelapa sawit yang diperkaya dengan omega 9 namun tetap dengan harga terjangkau.

Berikut merupakan perkenalan produk-produk dari perusahaan kami. Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami, 

Bagian Pemasaran PT Sawit Matahari Dua 


Contoh Surat Perkenalan Jasa  

Anda yang bergerak di bidang jasa tidak perlu risau, meski tidak berbentuk barang namun produk yang dihasilkan oleh perusahaan bisa tetap dipasarkan dengan surat perkenalan. Sehingga bisa dengan mudah menghimpun lebih banyak lagi klien.

Pada artikel kali ini akan dicontohkan perusahaan jasa yang bergerak pada pengiriman barang. Perusahaan jasa pengiriman laris manis pada zaman sekarang. Hal Ini karena kenaikan permintaan pengiriman barang karena kebiasaan masyarakat berbelanja online. Berikut contoh surat perkenalan jasa pengiriman.


PT CEPAT SAMPAI EXPRESS

JASA PENGIRIMAN BARANG HANDAL DAN TERPERCAYA

Alamat kantor pusat: Jl. Sudirman, Jakarta

Jakarta, 26 Februari 2024

Nomor: 12/CPE/BGTF22

Lampiran: 1 lembar 

Perihal: Perkenalan Jasa 

Dengan hormat, 

Saya yang betanda tangan di bawah ini:

Nama: Akhiru Salam 

Jabatan: Direktur Utama PT Cepat Sampai Express 

Alamat: Jln Menteng No 5 Jakarta 

Dengan datangnya surat ini ke perusahaan Anda, kami memberitahukan bahwa perusahaan kami PT Cepat Sampai Express di Jln Sudirman bergerak di bidang pengiriman barang untuk seluruh wilayah di Indonesia. Perusahaan kami sanggup mengirimkan barang ke seluruh wilayah di Indonesia hingga daerah yang sulit dijangkau. Dijamin sampai dengan selamat dan profesional. 

Oleh karena itu, dengan fasilitas dan layanan yang kami miliki kami berharap dapat melakukan kerjasama dengan perusahaan yang Bapak pimpin. Kami telah bekerjasama dengan lebih dari 10 perusahaan untuk mengirimkan produk mereka ke konsumen, bisa lihat testimoninya di media sosial kami @cepatsampai official. 

Jika Bapak/ Ibu berkenan bisa segera menghubungi perusahaan kami untuk melakukan kerja sama kontrak. Demikian surat perkenalan ini, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. 

Hormat kami, 

PT Cepat Sampai Express 

Akhiru Salam 

Direktur Utama 


Nah, berikut diatas merupakan contoh surat perkenalan perusahaan, produk dan jasa. Tentu setiap perusahaan yang hendak diajak kerjasama Anda mungkin perlu menyesuaikan formatnya. Perusahaan startup yang digandrungi anak muda biasanya akan lebih santai menerima surat perkenalan, jadi Anda bisa gunakan format non-formal dan menarik. 

Namun tentu untuk melakukan hal tersebut Anda harus meriset terlebih dahulu perusahaan yang hendak dijadikan sebagai konsumen atau investor. Sehingga tidak salah informasi dan perkenalan tetap dilakukan dengan baik.

Anda bisa menggunakan meterai elektronik dan tanda tangan elektronik menggunakan PrivySign agar lebih aman.

Surat perkenalan tersebut bisa Anda bawa ketika melakukan meeting pertama kali, atau sedang berlomba untuk menjadi vendor perusahaan besar. Pastikan dalam pembuatannya, Anda memperhatikan ejaannya, kesesuaian kontak yang dicantumkan, dan penulisan perusahaan yang hendak menjadi klien.

Salah satu yang penting diperhatikan adalah saat memberikan kontak di surat perkenalan harus benar karena dari kontak tersebut Anda bisa dihubungi. Jika terjadi kesalahan pengetikan, perusahaan yang tertarik tidak akan sampai menghubungi Anda. 

Surat perkenalan yang rapi perusahaan akan terlihat lebih profesional, sehingga yang menerima surat tersebut bisa mempercayai Anda untuk melakukan kerjasama atau memberikan suntikan dana. Pembuatannya memang mudah, namun perlu ketelitian yang ekstra supaya surat perkenalan tersebut benar-benar efektif dan dapat mendatangkan klien.

Tinggalkan Balasan