/Sejauh Mana Perkembangan Identitas Digital di Indonesia?

Sejauh Mana Perkembangan Identitas Digital di Indonesia?

Identitas digital merupakan sistem identifikasi penduduk dalam format digital yang dapat mewakili individu secara unik dan andal. Identitas digital dapat berupa nama, tanggal lahir, kewarganegaraan, domisili, nomor tempat tinggal, hingga nomor identitas kependudukan (NIK). 

Anda mungkin tidak menyadarinya, namun identitas digital banyak digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Mulai dari pergi bekerja, memulai dan menyelesaikan aktivitas rutin seperti transaksi perbankan digital, belanja online, pengajuan pinjaman online, pengecekan hasil swab, penggunaan tanda tangan digital saat WFH, hingga mengakses layanan online. Lantas, sejauh mana perkembangan identitas digital di Indonesia? Berikut informasinya. 

Identitas digital di Indonesia dapat meningkatkan transaksi ekonomi digital.
Seberapa pesat perkembangan identitas digital di Indonesia?

Identitas digital di Indonesia 

Kehadiran identitas digital untuk Indonesia sangat penting. Sebab, identitas digital memungkinkan setiap orang yang beraktivitas di ruang digital bisa teridentifikasi. Sebagai representasi digital untuk membedakan seorang pengguna dari pengguna lain di ruang digital, identitas digital memiliki banyak manfaat, seperti melakukan pembelian barang secara online, membuka akun bank, atau membuka akun di berbagai layanan lain. Identitas digital juga berguna untuk memberikan efisiensi saat beraktivitas di ruang digital karena membuat proses pendaftaran menjadi lebih mudah. 

Di Indonesia, perkembangan identitas digital semakin meningkat. Kini, semua syarat penggunaan sistem identitas digital sudah hampir lengkap, namun masih ada kendala pada belum adanya identity authentication (proses untuk memastikan keaslian data seseorang). Di samping itu, ada pula beberapa tantangan pengembangan sistem identitas digital nasional, seperti banyak masyarakat di daerah yang masih belum melek teknologi. Butuh dorongan pemerintah dan kesadaran masyarakat untuk penerapan identitas digital yang optimal.  

Di era yang serba digital, adopsi identitas digital mengalami peningkatan

Kebutuhan akan identitas digital yang semakin meningkat 

Kebutuhan akan identitas digital semakin meningkat seiring dengan pesatnya pertumbuhan transformasi digital. Kini, perusahaan teknologi dituntut untuk menciptakan kepercayaan digital di kalangan konsumen karena apabila kepercayaan konsumen meningkat, maka konsumen akan nyaman untuk terus menggunakan jasa perusahaan teknologi. 

Jadi, penting untuk meningkatkan kepercayaan digital karena perkembangan teknologi digital sangat bergantung pada kepercayaan publik dan konsumen dalam hal keamanan. Apalagi, isu keamanan digital seperti pencurian data di dunia digital masih menjadi ancaman di tengah akselerasi transformasi digital yang sedang berlangsung. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Identitas Digital Penting

Langkah Kominfo terkait pengembangan identitas digital 

Pengembangan identitas digital perlu didukung karena adanya peningkatan pemanfaatan ruang digital, khususnya selama masa pandemi. Sejalan dengan dinamika ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun mulai membuat layanan digital dengan inovasi yang lebih baik. Terkait pengembangan identitas digital ini, berikut tiga langkah yang dilakukan Kominfo:

  1. Membentuk Regulasi

    Merealisasikan identitas digital adalah sebuah keniscayaan. Oleh karena itu, Kominfo melakukan pengembangan melalui beberapa kerangka, salah satunya regulasi. Indonesia sendiri sudah mempunyai Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik. 

    Kerangka regulasi ini menekankan kewajiban penggunaan tanda tangan elektronik tersertifikasi. Anda bisa menggunakan layanan autorisasi ini dari Penyelenggara Sertifikasi Elektronik seperti Privy. Perusahaan identitas digital asal Indonesia yang mendapat izin untuk membuat tanda tangan digital di tanah air ini dapat mencegah pemalsuan tanda tangan yang mungkin saja dilakukan. Untuk menggunakan layanan tanda tangan digital Privy, pengguna hanya perlu menggunakan smartphone dan proses verifikasi identitas selama 15 menit setelah registrasi.

  2. Membangun Ekosistem Teknologi

    Langkah lain Kominfo terkait pengembangan identitas digital adalah membangun infrastruktur teknologi yang terpaku pada digital trust. Salah satu layanan digital yang mendukung digital trust adalah sertifikat elektronik. Sertifikat elektronik menjadi motor penggerak kemajuan ekosistem digital nasional karena fungsinya sebagai bukti keabsahan layanan digital seperti penandatanganan dokumen digital, transaksi keuangan online, atau penandaan dan validasi identitas digital.

  3. Memperkuat Talenta Digital

    Guna mengenal konsep dan manfaat identitas digital, Kominfo juga memperkuat talenta digital. Kominfo gencar memberikan sosialisasi mengenai literasi digital kepada masyarakat dan pentingnya melindungi data pribadi. Identitas digital diharapkan dapat digunakan dalam berbagai transaksi, seperti pembelian barang secara online maupun membuka akun bank. Penerapan identitas digital sangat penting karena ke depannya besar harapan agar setiap orang yang beraktivitas di ruang digital bisa teridentifikasi.

     

Itulah informasi tentang perkembangan identitas digital di Indonesia. Jangan ragu untuk menggunakan Privy, solusi identitas digital dan tanda tangan digital untuk semua orang yang dapat menyelesaikan pekerjaan Anda lebih cepat dan aman. Sebagai tanda tangan digital pertama dan terkemuka di Indonesia yang mengikat secara hukum, Privy menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang butuh menggunakan tanda tangan digital.

 

 

Be Sociable, Share!