PrivyID Writing Workshop: Membangun Minat Menulis Di Media Sosial

PrivyID Writing Workshop
PrivyID Writing Workshop
Dian Farida Ismyama- Pemateri (Doc. PrivyID)

Jumat 9 Maret 2018, PrivyID kembali menggelar acara workshop untuk tim internal PrivyID. Bila di waktu sebelumnya workshop memiliki tema fotografi, workshop kali ini membahas tentang teknik penulisan di media sosial. Bertempat di Bilik Kayu Heritage Resto di Yogyakarta, acara dipandu oleh Ibu Dian Farida Ismyama yang merupakan seorang lifestyle blogger, travel writer, book author, sekaligus mompreneur.

Acara diawali dengan pemberian informasi data terkini mengenai presentase pengguna media sosial di Indonesia per bulan Januari 2018. Setelahnya, Ibu Dian melanjutkan workshop dengan menjelaskan alasan-alasan mengapa kita sebaiknya menulis di media sosial. Media sosial dapat digunakan untuk banyak hal, seperti sarana media informasi (to inform), sarana menyampaikan pesan atau ide (to transfer meaning or idea), dan juga sarana untuk mendapatkan kesempatan baru (new opportunity).

Ibu Dian juga menyampaikan kita kita perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing platform media sosial sebelum kita mulai menulis agar hasil karya penulisan yang kita buat dapat membidik audiens yang tepat. Lebih lanjut,  Ibu DIan juga menyatakan kita juga harus menentukan terlebih dahulu topik dari tulisan yang akan dibuat, baik itu hal yang kita kuasai, hal yang kita minati, atau hal-hal lain yang menarik perhatian pembaca. Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan tujuan tulisan yang akan kita buat. Misalnya saja, apakah tujuannya personal seperti memotivasi, dokumentasi pribadi, atau self-branding? Tulisan juga bisa ditujukan untuk orang lain seperti teman/followers, pembaca khusus, atau justru digunakan untuk kebutuhan kerja.

Selain informasi mengenai hal-hal yang perlu dilakukan sebelum memulai menulis di media sosial, Ibu Dian juga membagikan banyak tips dan informasi khusus tentang penulisan di media sosial, seperti kapan waktu yang tepat (prime time) untuk mempublikasikan tulisan kita, etika menulis, hingga self-editing yang meliputi deteksi salah ketik serta penggunaan diksi dan kalimat yang bervariatif.

Antusiasme Peserta saat Sesi Tanya Jawab
Antusiasme Peserta saat Sesi Tanya Jawab – (Doc. PrivyID)

Antusiasme tim PrivyID dalam acara workshop ini sangat terlihat ketika  mereka diminta untuk melakukan praktek menulis di media sosial masing-masing. Beberapa dari mereka yang telah mempublikasikan hasil tulisan di media sosial diminta untuk menceritakan apa maksud dari post tersebut. Selanjutnya, mereka diminta untuk membagikan pengalaman mereka kepada seluruh peserta workshop terkait apa yang meraka post di media sosial mereka. Acara pun kemudian berkembang menjadi sesi tanya jawab dan diskusi yang membahas berbagai isu yang terjadi media sosial belakangan ini.

Rangkaian acara workshop yang berjalan kurang lebih tiga jam ini ditutup dengan sesi foto bersama para peserta dan Ibu Dian Farida Imsyama. Adanya acara ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan ilmu baru sekaligus menjadi sarana bertukar pikiran untuk para peserta. Terakhir, ibu Dian memberikan motivasi kepada para peserta untuk terus berkarya dengan membuat tulisan yang beretika, seperti tidak menyebarkan hoax, tidak membuat tulisan yang mengandung unsur SARA, namun tetap dapat diminati oleh para pembaca.

Tim PrivyID dan Dian Farida Ismyama
Tim PrivyID dan Dian Farida Ismyama (Pemateri)- (Doc. PrivyID)

Tinggalkan Balasan