Perbedaan Paraf dan Tanda Tangan, Jangan Salah Penggunaan 

Paraf dan tanda tangan

Sebagai pengesahan dokumen penting, Anda harus memberikan tanda tangan. Tanda tangan sering digunakan untuk menjadi pengesahan ijazah, kartu keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan dokumen penting lainnya.

Tanda tangan biasanya berbentuk unik dan masing-masing orang berbeda bentuknya. Eits tapi dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentu pernah juga diminta memberikan paraf. Paraf dan tanda tangan mungkin sekilas sama-sama coretan unik. Namun apa yang membedakan antara keduanya? Simak perbedaan paraf dan tanda tangan berikut ini, jangan sampai salah penggunaan ya!

Pengertian Paraf

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), paraf merupakan kependekan dari tanda tangan. Paraf adalah tanda identifikasi berupa coretan dari tangan orang dengan lebih sederhana.

Kegunaan paraf dalam sebuah dokumen adalah menunjukkan persetujuan pernyataan.

Contoh paraf

Misalnya, Anda diminta untuk memberikan paraf pada hasil ulangan anak. Artinya Anda telah mengetahui dan menyetujui nilai yang diperoleh oleh buah hati Anda. Dengan paraf, persetujuan menjadi lebih singkat. Jadi lebih hemat waktu saat melakukannya.

Pengertian Tanda Tangan 

Tanda tangan adalah coretan unik yang dihasilkan oleh seseorang untuk menjadi bukti serta pengesahan pada dokumen penting secara pribadi.

Penggunaan tanda tangan bisa membuat banyak perubahan, misalnya tanda tangan surat warisan artinya seseorang menyetujui pemindahan warisan.

Tanda tangan

Berbeda apabila seseorang menandatangani surat nikah, maka artinya seseorang tersebut meresmikan dirinya di mata negara bahwa ia telah dipersunting. Pemberian tanda tangan tidak boleh sembarangan, sebab jika jatuh ke tangan yang salah akan dengan mudah disalahgunakan. Banyak terjadi kasus penipuan hanya dengan bermodalkan tanda tangan saja. Jadi selalu waspada dan hati-hati dalam memberikan tanda tangan Anda. 

Perbedaan Paraf dan Tanda Tangan 

Nah, meskipun hampir sama, ternyata keduanya memiliki perbedaan lho, apa saja perbedaan antara paraf dan tanda tangan. Simak selengkapnya berikut ini!

1. Perbedaan bentuk 

Paraf dan tanda tangan memiliki perbedaan dalam bentuknya. Memang ini adalah salah satu cara yang masih cukup mudah membedakan antara keduanya karena bisa dilihat dengan sangat jelas. Jika Anda memperhatikannya, tentu akan segera menemukan perbedaan kedua nya.

Tanda tangan bentuknya cenderung lebih rumit, panjang dan susah ditiru. Tanda tangan biasa digunakan untuk mengesahkan dokumen, ketika ada tanda tangan disitulah dokumen kuat di mata hukum. Tujuan dibuat rumit supaya tidak mudah ditiru oleh orang lain, sehingga tidak mudah disalahgunakan.

Sedangkan paraf biasanya bentuknya lebih simpel, sederhana dan dibuat dengan waktu yang lebih singkat. Singkatnya, paraf merupakan kependekan dari tanda tangan. Oleh karena itu, tak heran apabila bentuk paraf atau pun tanda tangan seseorang mirip-mirip. 

2. Perbedaan fungsi

Beda paraf dan tanda tangan terletak pada fungsinya. Paraf berfungsi sebagai identitas diri yang sifatnya tidak resmi. Bisa digunakan untuk tanda mengetahui atau menyetujui. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, paraf digunakan untuk tanda bahwa seseorang mengetahui dokumen tersebut. Misalnya paraf pada hasil ulangan anak, paraf dosen untuk tugas mahasiswa, paraf peserta seminar dan lain sebagainya.

Sementara tanda tangan posisinya lebih kuat, tanda tangan menjadi identitas resmi seseorang yang sah di mata hukum. Jadi seperti yang sudah dijelaskan, tanda tangan bisa melakukan perubahan. Penggunaannya sangat hati-hati dan bertanggungjawab. 

3. Perbedaan jenis penulisan 

Perbedaan paraf dan tanda tangan terletak pada jenis penulisannya. Karena lebih sederhana, mudah dan simpel paraf biasanya ditulis tangan. Tanda tangan juga ditulis tangan, namun seiring berkembangnya teknologi yang pesat kini hadir tanda tangan digital yang memudahkan Anda.

Tanda tangan digital adalah suatu fenomena kriptografi yang memang dengan sengaja dibuat untuk mengamankan identitas digital melalui sertifikasi digital.

Apalagi saat ini kebanyakan dokumen berbentuk digital, seperti membuat rekening bank baru atau mendaftar kuliah kebanyakan dokumennya digital, sehingga tanda tangan digital ini adalah solusi kreatif yang bisa digunakan dengan mudah. 

Meskipun pembuatan tanda tangan digital dan manual terlihat berbeda namun tujuan utamanya adalah mengesahkan suatu dokumen. Sehingga sah-sah saja digunakan, lagipula teknologi memang bertujuan untuk memudahkan kehidupan sehari-hari.  

Nah, berikut di atas merupakan pengertian serta perbedaan paraf dan tanda tangan. Setelah mengerti perbedaan antara keduanya, kini Anda sudah bisa menggunakannya secara lebih efektif. Supaya tidak mudah disalahgunakan.

Tinggalkan Balasan