/Dukung Kelestarian Lingkungan, Privy selenggarakan CSR Penanaman 500 Pohon Mangrove

Dukung Kelestarian Lingkungan, Privy selenggarakan CSR Penanaman 500 Pohon Mangrove

Jakarta (18/10), Privy sebagai pelopor penyedia layanan tanda tangan digital dan identitas digital di Indonesia menyelenggarakan kegiatan CSR dalam bentuk Penanaman 500 Pohon Mangrove di Hutan Mangrove Angke Kapuk, Jakarta Utara. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen perusahaan yang telah menciptakan teknologi yang mendukung kelestarian lingkungan serta sebagai simbol perayaan Hari Ulang Tahun Ke-5.

Dalam kegiatan penanaman, Privy bekerja sama dengan Yayasan LindungiHutan yang merupakan platform penggalangan dana, donasi, dan kolaborasi penghijauan hutan di Indonesia. Yayasan LindungiHutan sendiri telah terdaftar secara resmi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Program Choose Privy, Choose To Save Trees

Ratu Rima Novia Rahma selaku Marketing & Content Manager Privy menjelaskan bahwa pelaksanaan penanaman ini merupakan salah satu implementasi Program Privy Initiative Campaign Plan #ChooseRight yaitu “Choose Privy, Choose To Save Trees” yang memiliki misi untuk mendorong masyarakat agar mengurangi konsumsi kertas, baik pada lingkup bisnis atau lingkungan kerja.

Dengan adanya Program ini, diharapkan dapat mewujudkan kesadaran bagi masyarakat dan industri untuk melestarikan lingkungan. Termasuk salah satunya adalah jejak karbon atau emisi gas yang dihasilkan dari aktivitas manusia. Pengaruh tersebut dapat dicegah melalui berbagai tindakan seperti mengurangi penggunaan kertas, mencetak dokumen, faktur, atau bahan sejenis lainnya.​

Proses Penanaman Pohon Mangrove

Kegiatan penanaman dimulai dengan sesi seremonial sambutan dari Tim Privy yang diwakili oleh Bapak Marshall Pribadi selaku Founder & CEO. Selanjutnya, dilanjutkan dengan sesi Foto Bersama dan penyerahan secara simbolis Bibit Tanaman Mangrove serta Sertifikat Penanaman dari Tim Yayasan LindungiHutan yang diwakili oleh Bapak Aminul Ichsan selaku Business Development Manager.

Dalam kesempatan lain, Kevin Sugiarto (SVP Product Privy) yang turut serta dalam kegiatan penanaman menyampaikan bahwa partisipasi masyarakat dan industri sangatlah penting dalam mendukung kelestarian lingkungan. “Kegiatan penanaman pohon mangrove ini mengingatkan kita akan pentingnya melestarikan lingkungan. Kita sering kali tidak sadar bahwa kita hanya melakukan praktik consumption without regeneration”, jelas Bapak Kevin. Beliau juga berharap, dimasa yang akan datang, Privy dapat berkontribusi secara rutin untuk melakukan kegiatan yang mendukung kelestarian lingkungan ini.

500 Pohon Mangrove untuk Hutan Mangrove Angke Kapuk

Hutan Mangrove Angke Kapuk yang berlokasi di Jakarta Utara dipilih sebagai lokasi penanaman karena kondisinya yang rawan banjir. Kondisi ini diakibatkan oleh penyerapan air yang buruk dan naiknya permukaan air laut. Kawasan wisata hutan Mangrove ini memiliki luas mencapai 99 hektar, 40% lahan di kawasan hutan tersebut digunakan untuk konservasi hutan bakau yang asri dan alami.

Hingga artikel ini ditulis, penanaman 500 pohon dengan jenis Mangrove Rhizophora yang telah diinisasi oleh Privy menghasilkan pengurangan emisi sebesar 0,48kg CO2. Hasil ini akan terus bertambah dan memberikan pengaruh positif pada lingkungan, seiring dengan pembaharuan dari monitoring dari Tim LindungiHutan, seperti meliputi ketinggian pohon, jumlah daun, lingkar batang dan fraksi karbon. Informasi lebih lanjut mengenai update penanaman dapat diakses melalui laman berikut https://lindungihutan.com/u/Privy.

Choose Privy, Choose To Save Trees.

Referensi : 

  1. https://zerowaste.id/knowledge/apa-itu-jejak-karbon/
  2. https://lindungihutan.com/privyid
Be Sociable, Share!