Contoh Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang dan Formatnya yang Benar

surat, box paket, dan karakter laki-laki

Bagi pebisnis yang menjalankan usaha penjualan barang, tentu sudah tidak asing dengan surat pemberitahuan pengiriman barang. Apalagi Anda yang menjual produk di marketplace, pengiriman barang ke berbagai daerah adalah sesuatu yang lumrah dilakukan. 

Surat pemberitahuan pengiriman barang bertujuan untuk memberikan informasi bahwa pesanan sudah dikirim dan sedang berada di perjalanan. Anda yang merupakan pebisnis pemula wajib memahami mengenai dokumen satu ini. Berikut contoh surat pemberitahuan barang dan formatnya yang benar!

Apa itu Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang?

Sebelum mencermati lebih lanjut mengenai dokumen satu ini, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu mengenai pengertiannya. Apa itu surat pemberitahuan pengiriman barang?

Surat pengiriman barang adalah dokumen yang menginformasikan penerima atau pihak yang berkepentingan tentang pengiriman barang. Surat ini bertujuan untuk memberikan informasi penting yang berkaitan dengan pengiriman barang, seperti tanggal pengiriman, alamat pengirim dan penerima, nomor resi dan rincian barang yang dikirim. 

Surat ini sangat penting dibuat supaya pihak yang memesan barang tau bahwa pesanannya sedang berada dalam perjalanan. Apalagi jika pesanannya dalam jumlah banyak yang diminta oleh perusahaan. 

Fungsi lain dari dokumen ini adalah mengantisipasi adanya kekeliruan pengiriman, misalnya barang yang dikirimkan kurang atau kelebihan. Sehingga ketika sampai bisa dicek kembali dan dipastikan. 

Format Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang

Kini Anda sudah mengetahui pengertian surat pemberitahuan pengiriman barang. Banyak orang mungkin bisa membuatnya, namun masih banyak yang formatnya kurang tepat. Berikut format surat pemberitahuan pengiriman barang untuk Anda ketahui. 

[Nama Perusahaan Pengirim]

[Alamat Perusahaan Pengirim]

[Nomor Telepon Perusahaan Pengirim]

[Tanggal]

[Alamat Penerima]

[Nama Penerima]

Perihal: Pemberitahuan Pengiriman Barang

Kepada Yth.,

[Nama Penerima],

Kami dengan ini memberitahukan bahwa barang Anda telah dikirimkan pada tanggal [tanggal pengiriman]. Berikut ini adalah rincian pengiriman:

Nomor Resi: [nomor resi]

Metode Pengiriman: [metode pengiriman]

Kami mengharapkan agar barang tersebut dapat sampai dengan aman dan tepat waktu. Kami telah bekerja sama dengan layanan pengiriman terpercaya untuk memastikan pengiriman yang efisien dan terjamin. 

Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Anda kepada perusahaan kami dan harap Anda puas dengan layanan kami. Kami akan terus berupaya memberikan pengalaman pengiriman yang baik dan memuaskan bagi pelanggan kami.

Hormat kami,

TTD 

[Nama Perusahaan Pengirim]

Contoh Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang

Format sudah dipahami, kini saatnya Anda mengetahui contoh surat pemberitahuan pengiriman barang supaya gambaran semakin jelas dan lebih mudah ketika hendak membuatnya untuk usaha Anda. Simak contohnya berikut ini.

1. Surat pemberitahuan pengiriman barang elektronik

contoh surat pemberitahuan pengiriman barang

2. Surat pemberitahuan pengiriman hijab 

contoh surat pengiriman barang reseller

3. Surat pemberitahuan pengiriman barang sederhana

contoh surat pengiriman barang sederhana

Tanda Tangan Digital di Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang

Pada surat pemberitahuan pengiriman barang yang menggunakan tanda tangan digital, Anda dapat menambahkan tanda tangan digital yang sah sebagai pengganti tanda tangan fisik. Hal ini lebih praktis dan lebih efisien apalagi biasanya dokumen ini dikirimkan melalui internet, jadi Anda tidak perlu repot-repot print dan scan ulang. Aktivitas tersebut hanya akan menghabiskan waktu Anda saja. 

Untuk tanda tangan secara digital Anda bisa gunakan Privy. Privy adalah sebuah platform yang menyediakan solusi untuk tanda tangan digital yang aman dan efisien. Dengan Privy, Anda dapat dengan mudah membuat, mengelola, dan mengirimkan dokumen yang memerlukan tanda tangan digital. Jangan khawatir soal keamanannya karena sudah dijamin dan dipastikan. 

Anda dapat menghemat waktu dan usaha dalam proses tanda tangan dokumen, mengurangi penggunaan kertas, dan menjaga keamanan serta keabsahan dokumen. Jadi, jika Anda mencari solusi yang andal untuk tanda tangan digital, Privy dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa dirasakan manfaatnya setelah memakainya. 

Nah, berikut di atas merupakan contoh surat pemberitahuan pengiriman barang dan formatnya. Kini Anda sudah bisa membuat format untuk perusahaan Anda sendiri, sehingga suatu saat ketika dibutuhkan bisa langsung digunakan saja.

Pentingnya dokumen satu ini membuat suatu usaha wajib memilikinya. Ini sebagai antisipasi apabila terjadi suatu masalah di kemudian hari mengenai pengiriman barang. Bukti yang kuat apabila ada konsumen yang mengajukan kritikan. Jadi mulai sekarang teliti dan disiplin dalam membuat surat pemberitahuan pengiriman barang jika ingin bisnis maju dan berkembang dengan pesat. 

Tinggalkan Balasan