10 Contoh Lembar Pengesahan Untuk Berbagai Keperluan

contoh lembar pengesahan

Ada banyak dokumen yang dibutuhkan dalam dunia akademis. Salah satunya adalah lembar pengesahan. Dokumen pengesahan ini biasanya terdapat di bagian depan skripsi, tesis, proposal studi dan perlombaan dan masih banyak lainnya. 

Surat ini menunjukkan bahwa otoritas yang telah memberikan tanda tangan di surat tersebut telah menyetujui dan mengakui keabsahan isi surat tersebut. Selain rincian penelitian terkait, surat ini biasanya juga tidak termasuk ke dalam halaman karya tulis tersebut. Sebaliknya, bagian ini, halaman judul, daftar isi dan pendahuluan biasanya diberi tanda “i” di bagian kanan atau tengah bawah untuk menggantikan nomor halaman. 

Supaya Anda tidak bingung, berikut ini 10 contoh lembar pengesahan untuk berbagai keperluan:

Lembar Pengesahan Proposal

Proposal adalah dokumen yang digunakan untuk mengajukan usulan atau kerjasama bisnis dan usulan penelitian. Dalam konteks dunia akademis, dokumen ini biasanya diajukan untuk mengajukan ide skripsi, tesis maupun untuk mengajukan ide bisnis demi dijalankan di sebuah perlombaan. Berikut ini contoh dokumen pengesahan proposal untuk keperluan pengajuan bisnis.

lembar pengesahan proposal bisnis

Sumber: Academia

Lembar Pengesahan Skripsi

Sebagai tugas akhir, skripsi dan tesis wajib memiliki lembar pengesahan yang ditandatangani oleh dosen yang bersangkutan. Dalam contoh di bawah ini misalnya, dokumen penting ini ditandatangani oleh 3 orang dosen penguji dan satu orang dosen yang memiliki posisi administratif di kampus.

lembar pengesahan skripsi

Sumber: lib.ugm.ac.id

Lembar Pengesahan Laporan PKL

Hampir mirip dengan KKN pada mahasiswa, siswa siswi SMK juga memiliki kewajiban untuk praktek kerja lapangan (PKL). Bedanya adalah PKL tidak hanya bisa dilakukan di masyarakat umum, tetapi juga di perusahaan. Para siswa siswi SMK yang telah menyelesaikan PKL wajib menyusun laporan PKL. Dalam laporan ini terdapat lembar pengesahan yang harus ditandatangani oleh pemimpin tempat PKL dan pihak sekolah. Berikut ini contohnya:

lembar pengesahan praktek kerja lapangan

Sumber: dokumen.tips

Lembar Pengesahan Makalah

Selain skripsi dan laporan PKL, mahasiswa seringkali juga diberikan tugas untuk menyusun karya tulis ilmiah di pertengahan semester atau dalam proses pembelajaran. Biasanya, tugas ini lebih ringan dan tidak setebal skripsi, sebab tujuannya adalah untuk melatih mahasiswa berpikir kritis dan menguji kemampuan mereka dalam meneliti. 

Meskipun demikian, beberapa kampus meminta hasil penelitian tengah semester ini untuk diberi pengesahan oleh dosen yang bersangkutan. Berikut ini contohnya:

lembar pengesahan makalah

Sumber: Nesaba Media

Lembar Pengesahan Karya Tulis Ilmiah

Ada banyak perlombaan karya tulis ilmiah (KTI) yang ada di Indonesia, baik itu tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Meskipun mengikuti perlombaan ini atas nama dan menggunakan dana pribadi, namun tidak jarang salah satu syarat perlombaan ini adalah adanya bukti pengesahan dari instansi pendidikan tempat peserta menempuh pendidikannya, baik itu sekolah menengah maupun universitas. 

lembar pengesahan karya tulis ilmiah

Sumber: Penerbit Deepublish

Lembar Pengesahan Laporan Praktikum

Siswa SMA dan mahasiswa jurusan tertentu memiliki mata kuliah praktikum di laboratorium dan di lapangan. Frekuensi praktikum ini bervariasi mulai dari seminggu sekali hingga sekali di akhir periode pembelajaran saja. Dalam laporan ini, peserta didik terkait harus menjabarkan hal-hal apa saja yang telah dilakukannya selama proses praktik berlangsung. 

Untuk laporan praktikum mingguan, biasanya tidak membutuhkan laporan pengesahan. Lain halnya dengan praktikum yang hanya dilaksanakan sekali dalam 1 semester atau 1 kali dalam satu tahun. Berikut ini contoh lembar pengesahan untuk laporan praktikum:

lembar pengesahan laporan praktikum

Sumber: Nesaba Media

Lembar Pengesahan Laporan Magang

Magang (internship) adalah salah satu cara peserta didik baik itu mahasiswa maupun siswa sekolah menengah untuk mendapatkan pengalaman kerja dan eksposur di dunia industri. Terlepas dari kontroversinya, pihak kampus atau sekolah berharap dengan magang, peserta didik di lembaga mereka akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan, kelak setelah lulus. 

Magang bisa diinisiasi oleh mahasiswa itu sendiri, tetapi juga bisa diinisiasi oleh pihak kampus. Beberapa kampus bahkan menjadikan magang sebagai salah satu prasyarat lulus. Apabila program magang ini diinisiasi oleh pihak kampus, maka biasanya mahasiswa wajib menyetorkan laporan magang sebagai bukti. Sama seperti halnya laporan PKL, laporan magang ini juga berisi jabaran kinerja mahasiswa tersebut selama di perusahaan atau instansi terkait dan membutuhkan lembar pengesahan. Berikut ini contoh penulisan dokumen ini untuk program magang:

lembar pengesahan laporan magang

Sumber: Digilib Esa Unggul

Lembar Pengesahan Laporan Kegiatan

Selain hal-hal yang sifatnya akademis, mahasiswa dan siswa sekolah menengah umumnya juga mengelola berbagai kegiatan atas nama sekolah atau kampus menggunakan dana dari instansi tersebut. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah supaya peserta didik terkait dapat mengembangkan soft skill yang mereka miliki di bidang leadership, event management, komunikasi dan public speaking. 

Namun demikian sebagai konsekuensinya, peserta didik wajib membuat laporan kegiatan begitu kegiatan tersebut selesai. Laporan kegiatan ini harus dipertanggungjawabkan kepada dosen atau guru pembina dan dewan sekolah. Dengan demikian ada check and balance antar warga sekolah. Jika pertanggungjawaban tersebut dinilai tidak ada masalah, maka otoritas terkait wajib menyatakannya dalam bagian pengesahan laporan kegiatan ini. Berikut ini contohnya:

lembar pengesahan laporan kegiatan

Sumber: Penerbit Deepublish

Lembar Pengesahan Program Kerja

Adanya program kerja atau proker dalam sebuah organisasi tentu merupakan hal yang penting. Sebab, program kerja ini menjadi patokan kinerja organisasi tersebut dalam 1 periode kepengurusan kedepan. Selain itu, proposal proker juga dapat menjadi bahan evaluasi kinerja setelah 1 periode kepengurusan berakhir.

Program kerja harus disusun dalam sebuah proposal yang terstruktur. Proposal ini kemudian dimusyawarahkan dengan para pemangku kepentingan dalam instansi tersebut. Baru setelah para pemangku kepentingan tersebut setuju, proposal tersebut disahkan menggunakan lembar pengesahan program kerja sebagaimana contoh berikut:

lembar pengesahan program kerja

Sumber: MTS Wachid Hasyim Surabaya

Lembar Pengesahan Perusahaan Perseroan Terbatas

Perseroan Terbatas atau PT adalah salah satu jenis badan hukum yang banyak ditemukan di Indonesia. Perusahaan yang berbadan hukum PT bisa memiliki keleluasaan untuk menambah modal dengan menerbitkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan memiliki banyak keleluasaan yang tidak dimiliki oleh badan hukum lainnya. 

Namun demikian, untuk mendapatkan status PT juga tidak mudah. Sebuah perusahaan harus melakukan serangkaian proses administratif di notaris dan instansi lainnya serta mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KEMENKUMHAM). Berikut ini contoh lembar pengesahan atau surat keterangan dari KEMENKUMHAM untuk pendirian perusahaan dengan status perseroan terbatas:

laporan pengesahan perusahaan PT

Sumber: Hukum Indonesia

Nah, itulah beberapa contoh lembar pengesahan untuk berbagai keperluan. Setelah menulis formatnya, jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan di akhir. Jika ingin menandatangani dokumen secara digital, aplikasi tanda tangan online seperti Privy bisa jadi pilihan yang tepat.

Selain mempermudah proses penandatanganan, Privy juga memastikan keamanan serta keaslian tanda tangan digital tersebut. Dengan begitu, legalitas dokumen dan tanda tangan pun dapat dipertanggung jawabkan.

Tinggalkan Balasan