10 Contoh Surat Somasi yang Sah untuk Berbagai Tujuan

Surat somasi

Anda mungkin pernah mendengar mengenai surat somasi. Surat somasi merupakan surat teguran atau peringatan pada pihak calon tergugat dalam proses hukum. Mengirimkan surat somasi bertujuan agar orang tersebut melaksanakan kewajiban dengan kurun waktu yang sudah ditentukan.

Surat somasi ini bisa dibuat dengan berbagai keperluan, bisa untuk menagih hutang, untuk memberi peringatan pada orang yang melakukan pencemaran nama baik dan lain sebagainya. Supaya lebih jelas, berikut 10 contoh surat somasi yang sah untuk berbagai tujuan.

1. Contoh Surat Somasi Pribadi 

SURAT SOMASI PRIBADI

28 Februari 2023

Perihal: Somasi Pertama 

Yth. Saudara Lucky Azhari 

Di tempat 

Perbuatan saudara yang sudah merusak kendaraan pribadi saya berupa mobil dengan nopol A 234543 dengan sengaja pada 25 Februari 2023 menimbulkan kerugian materiil untuk saya dan keluarga. 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Cika Swaqara 

Jenis Kelamin : Perempuan 

Alamat : Jln Sudirman No 22 

Pekerjaan : Pegawai BUMN 

Mengirimkan surat somasi pertama ini supaya Saudara Lucky segera meminta maaf dan mengganti kerugian materiil yang kami terima. Jika dalam 2 x 24 jam Saudara tidak melakukan apa yang diminta dalam surat ini maka saya akan melaporkan tindakan Saudara ini kepada polisi dengan bukti CCTV yang kami punya. 

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya, 

Cika Swaqara

2. Contoh Surat Somasi Tanpa Pengacara

SURAT SOMASI TANPA PENGACARA

Yogyakarta, 25 Februari 2021

Hal: Somasi 

Yth. Muflih Nur 

Jln Buah Batu 

Bandung 

Dengan hormat, 

Dengan diterimanya surat ini, kami melayangkan peringatan supaya Anda segera membayarkan kekurangan uang pohon jati sebesar Rp15.000.000 untuk toko bangunan milik Saudara sesuai perjanjian yang ditandatangani pada 22 Januari 2021. 

Berdasarkan kesepakatan seharusnya pembayaran dilakukan dalam tempo 20 hari yang jatuh pada tanggal 11 Februari 2021. Namun hingga saat ini pembayaran juga belum masuk ke kantong pribadi saya.

Saya beri waktu 5 x 24 jam untuk melakukan pelunasan pembayaran pohon jati sesuai kekurangan yang belum dibayarkan tertera di atas. Sebab jika lebih dari tenggat waktu yang diberikan kami tidak segan menempuh jalur hukum. Saya berharap ada itikad baik dari Saudara untuk segera melunasi pembayaran. Semoga bisa dimengerti. 

Hormat saya,

Ardi Syahreza

3. Contoh Surat Somasi Hutang

SURAT SOMASI HUTANG

Semarang, 2 Februari 2022

Hal: Somasi 

Yth. Badru Tamin 

Jln Merkuri

Semarang

Dengan hormat, 

Bersamaan dikirimnya surat ini, kami melayangkan peringatan supaya Anda segera membayarkan hutang sebesar Rp 50.000.000 yang seharusnya dibayarkan pada jatuh tempo 31 Desember 2021. 

Kami mengharapkan itikad baik Saudara untuk segera melunasi hutang tersebut sebelum tanggal 28 Februari 2022. Jika ada tanggal tersebut hutang belum dilunasi, maka kami akan segera menempuh jalur hukum.

Sekian surat somasi ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Abdul Aziz

4. Contoh Surat Somasi Sederhana 

SURAT SOMASI SEDERHANA

Jakarta, 20 Maret 2021

Hal: Surat Somasi 

Lampiran: 1 Bendel

Yth. Afif Udin 

Jln Baru 

Jakarta 

Dengan hormat, 

Berdasarkan surat perjanjian No 24 yang dibuat pada tangga 1 Januari 2021 yang kami lampirkan dalam somasi ini. Berdasarkan pasal 12, Anda berjanji akan segera menyerahkan aset berupa rumah setelah kami menyelesaikan pembayaran pada tanggal 25 Januari 2021. Namun hingga saat ini sertifikat belum kami terima. Kami beri waktu 3 x 24 jam untuk segera menyerahkan sertifikat rumah tersebut segera. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya, 

Akhiru Sanah

5. Contoh Surat Somasi Tanah 

SURAT SOMASI TANAH

Bandung,17 Agustus 2019

Perihal: Somasi Tanah 

Yth. Aldila Jelita

Di tempat 

Dengan hormat, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dzikir Djajuli 

Alamat: Kantor Hukum Putera Sejahtera

Sebagai advokat serta konsultan hukum pada kesempatan ini bertindak atas nama klien kami Adira Diba yang bertempat tinggal di Jalan Angkasa Raya, dengan ini menyampaikan surat somasi pertama kepada Saudara Aldila Jelita berdasarkan surat kuasa pada 10 Agustus 2019. 

Berkenaan dengan masalah perebutan hak guna atas tanah dengan detail berikut:

Kompleks: Ratu Sejagat

Lokasi: Jln Angkasa Biru 

Luas Tanah: 500 m2

Bahwa tanah tersebut adalah hak milik klien dengan nomor sertifikat 1234 5678 4533. Namun, saudara justru membangun bangunan permanen dengan luas 300 m2 di atas tanah tersebut tanpa izin pemilik. 

Oleh karena itu, kami melayangkan somasi untuk saudara dengan merobohkan bangunan tersebut segera dalam waktu 1 minggu. Jika tidak dilakukan, maka kami akan melayangkan somasi kedua kepada pihak berwajib. 

Demikian surat somasi ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami, 

Kuasa Hukum

6. Contoh Surat Somasi Pencemaran Nama Baik 

SURAT SOMASI PENCEMARAN NAMA BAIK

Kalimantan Utara,1 Juni 2024

Perihal: Somasi Pencemaran Nama Baik

Yth. Syahril Abid

Di tempat 

Dengan hormat, 

Berdasarkan unggahan Instagram Anda pada 25 Mei 2024 yang isinya memuat penghinaan fisik dengan ujaran kebencian. Oleh karena itu, saya meminta ANda segera membuat klarifikasi dan permohonan maaf dalam waktu 2 x 24 jam di akun Instagram pribadi Anda. Jika sampai batas waktu yang saya berikan Anda tidak melakukan yang saya minta, maka saya akan menempuh jalur hukum. 

Terimakasih atas perhatiannya. 

Salam, 

Amarida Nira 

7. Contoh Surat Somasi Penipuan 

SURAT SOMASI PENIPUAN

Aceh, 15 Juli 2009

Perihal: Somasi Penipuan

Yth. Bahrun Wardhani

Di tempat 

Dengan hormat, 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Bahira Hilmira 

Alamat: Jln Karunia 

Pekerjaan: PNS 

Telah melayangkan somasi pertama pada tanggal 1 Juni 2009, namun tidak ada itikad baik. Oleh karena itu kami akan segera membawa masalah penipuan ini ke jalur hukum. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. 

Hormat saya, 

Bahira Himira 

8. Contoh Surat Somasi dengan Pengacara  

SURAT SOMASI DENGAN PENGACARA 

Kebumen, 22 Oktober 2017

Nomor: 112/SS/23/2017

Perihal: Somasi 

Yth. Abara Biru 

Di tempat 

Dengan hormat, 

Untuk dan atas nama klien Bapak Adriyanto Wijaya dengan ini dimohon perhatian saudara atas hal ini:

  1. Bahwa tindakan penggelapan yang dilakukan adalah tindak pidana yang telah diatur dalam pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman hingga 4 tahun penjara.
  2. Bahwa kami memberikan batas waktu selama 10 hari supaya Anda segera mengembalikan dana yang digelapkan sebesar Rp100.000.000.

Apabila dalam waktu tersebut tidak ada itikad baik, amaka kami akan mebawa masalah ini ke jalur hukum. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Hormat kami, 

Andriyanto Wijaya

9. Contoh Surat Somasi Ancaman Pidana 

SURAT SOMASI ANCAMAN PIDANA

Bandung, 17 Agustus 2019

Perihal: Somasi 

Yth. Aldila Jelita

Di tempat 

Dengan hormat, 

Berdasarkan unggahan Instagram Anda pada 25 Mei 2024 yang isinya memuat penghinaan fisik dengan ujaran kebencian. Oleh karena itu, saya meminta ANda segera membuat klarifikasi dan permohonan maaf dalam waktu 2 x 24 jam di akun Instagram pribadi Anda.

Jika sampai batas waktu yang saya berikan Anda tidak melakukan yang saya minta, maka saya akan menempuh jalur hukum dengan dugaan melanggar pasal 310 kuhp Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Terimakasih atas perhatiannya. 

Hormat Kami, 

Amarida Nira

10. Contoh Surat Somasi Wanprestasi 

SURAT SOMASI TANAH WANPRESTASI

Bandung,17 Agustus 2019

Perihal: Somasi Wanprestasi

Yth. Aldila Jelita

Di tempat 

Dengan hormat, Berdasarkan surat perjanjian No 24 yang dibuat pada tangga 1 Januari 2021 yang kami lampirkan dalam somasi ini. Berdasarkan pasal 12, Anda berjanji akan segera menyerahkan aset berupa rumah setelah kami menyelesaikan pembayaran pada tanggal 25 Januari 2021. Namun hingga saat ini sertifikat belum kami terima. Sehingga terjadi wanprestasi dan merugikan kami. Kami beri waktu 3 x 24 jam untuk segera menyerahkan sertifikat rumah tersebut segera. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya, 

Akhiru Sanah


Nah, berikut di atas merupakan 10 contoh surat somasi yang sah dan benar bisa Anda gunakan sesuai dengan tujuan. Sebagai catatan, selain menuliskan poin permasalahan atau gugatan, surat somasi biasanya juga memiliki tenggat waktu pemenuhan prestasi.

Di akhir, jangan lupa untuk menorehkan tanda tangan serta nama yang jelas. Jika Anda ingin menandatangani dokumen secara digital, Anda dapat menggunakan aplikasi tanda tangan online seperti Privy.

Sebagai platform Ttd digital yang telah diakui oleh Kominfo, Privy tidak hanya mempermudah Anda dalam menandatangani dokumen, namun juga memastikan keamanan serta keaslian tanda tangan digital tersebut. Tentunya, aspek legalitas seperti ini sangat penting diperhatikan dalam proses pembuatan surat resmi.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan