/6 Kepribadian Berdasarkan Bentuk Tanda Tangan

6 Kepribadian Berdasarkan Bentuk Tanda Tangan

Setiap orang pasti memiliki kepribadian yang berbeda antara satu sama lain. Ada banyak hal yang mampu menunjukkan kepribadian seseorang, mulai dari cara berpakaian, cara berbicara, hingga caranya menuliskan segala sesuatu. Tahukah Anda, ada sebuah ilmu psikologi yang mempelajari kepribadian dari bentuk tulisan tangan, khususnya tanda tangan seseorang?

Pada tahun 1875, seseorang berkebangsaan Perancis bernama Abbe J.H. Michon mengemukakan sebuah pengelompokan sifat-sifat manusia yang didasarkan pada berbagai ciri grafis tulisan. Ilmu ini kemudian disebut sebagai grafologi.

Ilmu grafologi mempercayai bahwa gerakan otot yang dilakukan seseorang saat menulis merupakan representasi dari pola sistem syaraf Ideo Motor Responses (IMR), di mana otot-otot yang bekerja saat menulis bergerak tanpa disadari sebagai reaksi atas stimulasi alam bawah sadar.

Ilmu grafologi juga menganggap tulisan tangan bisa mengungkap banyak elemen dari kepribadian serta karakter masing-masing individu. Respon emosional, intelektualitas, motivasi, energi, hingga motivasi seseorang bisa dilihat dari karakter tulisan tangannya.

Tentu saja, tanda tangan sebagai bagian dari tulisan tangan seseorang bisa juga dijadikan salah satu acuan untuk mengetahui kepribadian pemiliknya.

Sebagai perpanjangan identitas seseorang yang digunakan untuk melakukan berbagai perjanjian dan persetujuan formal, tanda tangan setiap orang pasti memiliki perbedaan bentuk dalam setiap coretannya. Berikut 5 kepribadian seseorang berdasarkan bentuk tanda tangannya:

6 Kepribadian Berdasarkan Tanda Tangan

kepribadian berdasar tanda tangan

  • Menjaga Privasi: Bentuk Inisial

Beberapa orang hanya menggoreskan inisial nama mereka sebagai bentuk tanda tangannya. Tanda tangan dengan inisial nama saja ini menyiratkan sebuah makna bahwa orang tersebut sangat menjaga privasi mereka. Selain itu, orang yang memiliki tanda tangan dengan inisial nama termasuk tipe orang yang tidak terlalu suka bertele-tele.

Inisial nama yang digoreskan agar terbaca dengan jelas dapat diartikan lebih lanjut sebagai kepemilikan sifat penuh percaya diri, ekspresi diri, dan harga diri yang cukup tinggi, apalagi bila nama depannya yang lebih ditonjolkan.

kepribadian berdasar tanda tangan

  • Penuh Keyakinan & Keberanian: Bergaris Bawah

Jika seseorang memiliki tanda tangan yang berakhir dengan garis bawah, orang tersebut bisa dibilang memiliki karakter yang penuh keyakinan dan keberanian. Hal tersebut ditandai dengan coretan akhir yang kembali ke awal tanda tangan.

Tanda tangan yang berakhir dengan garis bawah juga menandakan seseorang yang pantang menyerah, bahkan bila itu berarti ia harus memulai dari awal. Selain itu, tanda tangan bergaris bawah juga berarti orang tersebut memiliki jiwa kepemimpinan. Namun, hati-hati bila garis bawah tanda tangan terlalu pendek; hal ini menandakan karakter seseorang yang terlalu bossy.

Baca juga: Tanda Tangan Digital Tingkatkan Efisiensi Bisnis

kepribadian berdasar tanda tangan

  • Optimis: Cenderung Miring Ke Atas 

Lengkungan-lengkungan pada tanda tangan yang cenderung miring ke atas dianggap selalu dimiliki oleh orang-orang yang percaya diri akan masa depan cerah. Orang yang memiliki tanda tangan yang cenderung miring ke atas ini juga dipercaya memiliki semangat kerja dan inisiatif yang tinggi, sehingga pekerjaan yang diberikan selalu diselesaikan dengan cepat.

Hal lain yang bisa ditunjukkan oleh jenis tanda tangan ini adalah ambisi yang sangat tinggi dan sifat pantang menyerah dalam meraih kesuksesan. Dari sisi emosial, karakter seseorang yang memiliki tanda tangan seperti ini termasuk orang yang hangat, ramah dan memiliki rasa kepedulian.

kepribadian berdasar tanda tangan

  • Pendiam & Tertutup: Berukuran Kecil

Besar kecilnya ukuran tanda tangan bisa menjadi petunjuk dalam mengenai apakah seseorang tersebut bersifat terbuka atau tertutup.

Semakin kecil ukuran tanda tangan seseorang, semakin menunjukkan seberapa pendiam dan tertutupnya orang tersebut dalam berinteraksi. Biasanya seseorang yang memiliki ukuran tanda tangan kecil menyimpan banyak misteri atau rahasia. Oleh karena itu, terkadang orang tersebut bisa juga tampak cool.

Sebaliknya, ukuran tanda tangan yang lebih besar, menunjukkan bahwa pemiliknya mempunyai harapan, kebanggaan, dan keyakinan yang juga besar terhadap dirinya sendiri.

kepribadian berdasar tanda tangan

  • Menyukai Perhatian: Penuh Dekorasi

Beberapa orang juga memiliki tanda tangan yang penuh dengan dekorasi atau hiasan. Misalnya emotikon senyum, bentuk hati, bintang, garis-garis bahkan lingkaran.

Karakter seseorang dengan tanda tangan tersebutmenunjukkan keinginan untuk mendapatkan perhatian, bahkan bisa juga diartikan sebagai wujud kurangnya rasa percaya diri.

Orang yang memiliki tanda tangan dengan dekorasi atau hiasan juga biasanya pintar berbohong dan cenderung agresif.

Lebih lanjut, dekorasi-dekorasi yang terdapat pada sekeliling tanda tangan menandakan bahwa orang tersebut memiliki sifat yang menutup diri atau melakukan pembelaan terhadap diri sendiri karena ia  memiliki kecenderungan untuk pesimis.

  • Pengguna Digital Signature

Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak pula orang yang beralih menggunakan tanda tangan digital untuk melengkapi dokumen mereka. Selain mudah digunakan, tanda tangan digital juga memiliki validasi hukum yang kuat dan sama mengikatnya dengan tanda tangan manual.

Nah, seseorang yang menggunakan tanda tangan digital memiliki karakteristik yang praktis, efisien, juga sangat peduli terhadap kelestarian lingkungan. Pengguna tanda tangan digital tidak perlu repot-repot menulis, mencetak, ataupun memperbanyak dokumen yang ingin ia gunakan.

Penandatanganan bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja selama ia memiliki akses ke komputer atau telepon genggam yang tersambung dengan koneksi internet.  Dengan demikian, dokumen bisa langsung ditandatangani dalam waktu singkat dan pekerjaan selesai lebih cepat. Orang yang menggunakan tanda tangan digital dalam kehidupannya sehari-hari akan memiliki bisnis yang berjalan dengan lebih efisien.

Menggunakan tanda tangan digital juga berarti melakukan partisipasi aktif dalam menjaga kelestarian sumber daya alam dan kesehatan lingkungan, karena dokumen yang ditandatangani dengan tanda tangan digital tidak dilakukan pada kertas melainkan di dokumen elektronik.

Oleh karenanya, konsumsi kertas bisa dikurangi secara signifikan. Karena dokumen dikirim melalui internet dan tidak menggunakan sarana transportasi atau kurir apa pun, pengguna tanda tangan digital juga tidak perlu menghabiskan bahan bakar yang bukan hanya mahal namun juga menimbulkan polusi yang membahayakan lingkungan.

Seseorang yang menggunakan tanda tangan digital juga memiliki kepribadian yang sangat memperhatikan keamanan. Teknologi kriptografi asimetris yang ada dalam tanda tangan digital bisa menjaga dokumen elektronik agar hanya bisa dibuka oleh orang yang dituju melalui enkripsi yang dimiliki oleh dokumen tersebut.

Selain itu, segala perubahan yang terjadi pada dokumen setelah ditandatangani juga dapat diketahui dan akan tercantum di piranti lunak pembaca dokumen elektronik. Fitur-fitur ini lah yang membuat dokumen yang ditandatangani secara elektronik terbebas dari risiko penyangkalan atau pemalsuan.

Meski teknologi tanda tangan digital sudah jamak digunakan oleh berbagai kalangan di negara-negara maju, Indonesia sendiri sejauh ini baru memiliki satu lembaga non-pemerintahan yang terdaftar dan diakui secara resmi oleh pemerintah Indonesia untuk menerima pendaftaran dan menerbitkan sertifikat elektronik yang berisi tanda tangan elektronik bagi penggunanya.

Baca juga: 3 Cara Mudah Tanda Tangan Digital di Privy

Aplikasi Digital Signature Pertama di Indonesia

PT Privy Identitas Digital adalah perusahaan penyedia jasa tanda tangan digital yang didirikan di Jakarta pada tahun 2016. Melalui aplikasi tanda tangan digital miliknya yang bernama Privy, seluruh warga negara Indonesia yang memiliki e-KTP bisa mendapatkan tanda tangan digital secara gratis.

Pengguna cukup menyediakan alamat email, nomor telepon genggam, foto diri, dan foto KTP untuk mendapatkan tanda tangan digitalnya dalam hitungan menit. Pengguna Privy juga bisa langsung mengirimkan dan menandatangani dokumen melalui aplikasi tersebut.

Privy sudah memiliki sertifikat ISO/IEC 27001:2013, sehingga keamanan informasi data penggunanya sudah dipastikan terlindungi oleh sistem dan teknologi terbaik yang diaudit secara profesional oleh lembaga internasional. Privy juga terdaftar dan diakui oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), sehingga seluruh tanda tangan digital yang dibuat di aplikasi Privy dipastikan sudah mematuhi seluruh standar dan hukum yang berlaku di segala jenis industri di Indonesia.

Meski masih berusia relatif muda, Privy telah berhasil memperoleh berbagai penghargaan seperti Most Promising Fintech oleh Danamon Entrepeneur Awards 2017 dan Best Fintech di Finspire 2016 yang diorganisir oleh Mandiri Capital Indonesia. Privy juga telah dipercaya oleh berbagai perusahaan ternama untuk membantu meningkatkan efisiensi bisnis mereka. Mulai dari perusahaan perbankan besar seperti Bank Mandiri, BNI, dan Bank CIMB Niaga, hingga perusahaan perintis di bidang teknologi finansial seperti Awan Tunai dan Koinworks sudah menjalin kerjasama dengan Privy baik di proses e-KYC, verifikasi pendaftaran, hingga penandatanganan berbagai dokumen elektronik.

Jadi, tunggu apa lagi? Unduh aplikasi Privy di Google Play Store dan Apple Store untuk mendapatkan tanda tangan digital Anda sekarang juga.

Be Sociable, Share!