/3 Cara Mudah Tanda Tangan Digital di Privy

3 Cara Mudah Tanda Tangan Digital di Privy

Penggunaan tanda tangan digital (digital signature) mengalami kenaikan di masa pandemi seperti saat ini. Kebijakan tentang pembatasan aktivitas dalam skala mikro (PPKM) membuat mobilitas terbatas sehingga pekerjaan yang dulunya dilakukan dengan cara konvensional dipaksa beralih ke digital. Tidak terkecuali dengan proses krusial seperti pengiriman berkas atau dokumen dan tanda tangan. 

Selain mempermudah akses untuk saling berkirim dokumen serta proses tanda tangan yang hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik, tanda tangan digital juga dapat memastikan bahwa pesan yang diterima oleh penerima adalah pesan asli yang tidak dapat diubah, dan juga dapat mencegah pengirim untuk menyangkal pesan yang mereka kirim, atau dikenal juga dengan non-repudiasi. 

Tanda tangan digital ini sekarang bisa dilakukan dengan mudah di Privy, sebuah aplikasi penyedia layanan tanda tangan digital yang telah diakui oleh Kominfo untuk memverifikasi dan menerbitkan sertifikat elektronik dan tanda tangan digital bagi seluruh warga negara Indonesia. Ada beberapa jenis tanda tangan serta alur dokumen yang terdapat di Aplikasi ataupun Web app Privy. Berikut merupakan 3 jenis alur penandatanganan secara digital yang dapat Anda lakukan di Privy.

  1. Self Sign (Tandatangani Sendiri) 

Dengan Self Sign Anda tidak perlu lagi untuk menyimpan banyak kertas dan mengirimkannya kembali. Anda dapat menyimpan, mengunduh, dan mengirimkan dokumen tersebut melalui email, cloud storage dan sebagainya. Caranya tentu sangat mudah. 

Pertama, Anda harus login ke aplikasi atau web app Privy dengan menggunakan PrivyID serta kata sandi. Setelah masuk ke dalam papan menu, klik “Unggah Dokumen” dan pilih menu “Tandatangani sendiri”.  

Jika Anda mengakses dari web app Privy, Anda hanya perlu mengunggah dokumen yang diinginkan dengan menggeser dan menyematkannya pada area putih yang telah disediakan, atau Anda dapat mencari file anda dengan klik tombol “cari”. 

 

Kemudian Anda hanya perlu klik tombol “Tambah Tanda Tangan” dan atur posisi gambar tanda tangan sesuai dengan keinginan Anda. Klik tombol “Selesai”, lalu pilihlah metode OTP sesuai yang Anda inginkan. Jika Anda mengaksesnya dari aplikasi Privy, Anda hanya perlu mengotentikasi diri Anda menggunakan Biometric ID seperti fingerprint.

Dokumen Anda berhasil ditandatangani tanpa harus menyita waktu yang cukup lama dan tanpa melalui kontak langsung.

  1. Multiple Signing (Multi Tandatangan) 

Jenis tandatangan ini memungkinkan penerima dokumen untuk membubuhkan banyak tandatangan jika pemilik dokumen mengaktifkan fitur Multi tanda tangan saat membagikan dokumen pada penerima. Batas maksimal penandatanganan jenis ini adalah sepuluh tanda tangan tiap dokumen. 

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu klik “Tambah Tanda Tangan” untuk menampilkan tanda tangan. Kemudian tempatkan tanda tangan pada titik yang Anda inginkan.

Setelah Anda yakin dengan jumlah tanda tangan yang dibubuhkan di dalam dokumen tersebut, Anda dapat konfirmasi dengan klik “Konfirmasi Tanda Tangan”. Kemudian pilihlah metode OTP yang digunakan untuk melakukan otentikasi penandatanganan dokumen. 

  1. Bulk Signing 

Jika fitur multi tanda tangan memungkinkan Anda untuk membubuhkan tanda tangan dengan jumlah maksimal sepulut tanda tangan dalam satu dokumen, fitur bulk sign ini memungkinkan Anda untuk dapat menandatangani lebih dari satu dokumen dalam satu waktu. Fitur bulk signing ini hanya dapat digunakan melalui web apps Privy. Fitur ini hanya dapat digunakan pada dokumen yang dibagikan oleh akun dalam EnterpriseID yang sama.

Itu lah beberapa jenis tanda tangan digital yang tersedia di Privy. Privy menjamin keamanan data Anda yang disimpan lewat aplikasinya karena seluruh aktivitas terlindungi di server dengan enskripsi dan keamanan tinggi berstandar internasional. Tunggu apalagi? Segera ambil tindakan nyata untuk menjadi bagian dari perkembangan tanda tangan digital di Indonesia. Anda dapat unduh aplikasi Privy di Google Play Store dan iOS App Store atau kunjungi situsnya untuk tahu lebih banyak lagi tentang privy di www.privy.id. 

Be Sociable, Share!