Ingin Kantor Lebih Ramah Lingkungan? Lakukan 5 Hal Ini!

Wadah minuman berwarna kuning.

Memiliki kantor yang lebih ramah lingkungan menawarkan beragam manfaat. Salah satunya adalah untuk menghindari global warming yang semakin memburuk. Disadari atau tidak, global warming membuat kondisi bumi semakin sukar diprediksi. Misalnya, yang seharusnya saat ini masih musim kemarau, tapi hujan sudah mulai datang.

Oleh karena itu, membangun kantor yang lebih ramah lingkungan menjadi sebuah tuntunan. Lantas, apa yang harus Anda lakukan untuk memiliki kantor yang lebih ramah lingkungan? Simak lima tips berikut!

1. Jangan lupa bawa tumbler

Menciptakan kantor yang lebih ramah lingkungan sebenarnya sama sekali tidak sulit, yang Anda butuhkan hanyalah niat dan kedisiplinan. Misalnya dengan selalu membawa tumbler ke kantor.

Hal ini penting, khususnya bagi Anda yang sering membeli kopi di coffee shop untuk menambah semangat kerja. Anda tidak perlu menggunakan gelas plastik yang disediakan coffee shop jika Anda membawa tumbler.

Tanpa Anda sadari, kebiasaan yang terdengar sepele ini akan mengurangi pemakaian gelas plastik yang berdampak buruk bagi bumi.

2. Kurangi intensitas lembur

Wanita yang burn out dengan lembur.

Anda juga perlu mengurangi lembur untuk membuat kantor lebih ramah lingkungan. Dengan lebih produktif bekerja dan mengurangi jam lembur, secara tidak langsung Anda sudah meminimalkan penggunaan listrik.

Usahakan untuk tidak lembur kecuali memang ada pekerjaan mendesak yang tidak bisa ditunda. Ingat, ketika lembur Anda akan menggunakan asupan listrik yang tidak sedikit, misalnya penggunaan komputer dan AC.

Jika Anda mengurangi lembur, Anda telah berkontribusi terhadap pengurangan penggunaan listrik dengan menghentikan pemakaian AC dan komputer.

Baca Juga: Empat Cara Mudah Tingkatkan Efisiensi Perusahaan

Handphone dan colokan.

3. Perhatikan penggunaan listrik

Penggunaan listrik yang berlebihan akan membuat kantor Anda menjadi tidak ramah lingkungan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memerhatikan penggunaan listrik di kantor. Salah satu caranya adalah dengan rajin mencabut kabel dari colokan.

Pastikan semua peralatan elektronik yang Anda gunakan sudah dimatikan dan dicabut dari colokan listrik saat Anda pulang kerja. Kabel charger, TV, hingga komputer juga harus Anda cabut karena kabel yang tertancap pada colokan akan terus menyerap energi listrik meskipun peralatan elektronik dalam keadaan off.

Pekerja kantoran.

4. Minimalkan penggunaan barang elektronik

Zaman sekarang, rasanya susah untuk tidak menggunakan beragam barang elektronik di tempat kerja. Penggunaan AC, contohnya, kondisi cuaca yang panas menuntut semua kantor untuk menggunakannya. Namun, jika lokasi kantor Anda memungkinkan, mengganti penggunaan AC menjadi kipas angin bisa Anda pertimbangkan.

Manfaatkan juga area kerja kantor dengan jendela kaca dan duduklah membelakangi jendela. Anda bisa mematikan lampu dan membiarkan cahaya matahari menjadi penerang alami, lalu menggunakan kipas angin sebagai alat penyejuk ruangan.

5. Gunakan tanda tangan digital

Aplikasi Privy.

Go paperless adalah hal yang harus Anda lakukan jika ingin menciptakan kantor yang ramah lingkungan. Salah satunya caranya adalah dengan menggunakan tanda tangan digital. Hindari kebiasaan nge-print terlalu banyak di kantor.

Apalagi kini sudah ada teknologi tanda tangan digital dari Privy.ID yang memungkinkan Anda tidak perlu lagi mencetak dokumen penting untuk ditandatangani. Dengan kata lain, penggunaan tanda tangan digital dari Privy.ID yang berjenis advanced & qualified pun akan membuat penggunaan kertas berkurang sehingga kantor Anda bisa lebih ramah lingkungan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membuat kantor lebih ramah lingkungan. Usahakan untuk tidak menyepelekan sejumlah kebiasaan sederhana di atas karena dampaknya begitu besar bagi kondisi lingkungan yang lebih sehat dan nyaman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan