/5 Cara Jitu Menjaga Semangat Kerja Tim

5 Cara Jitu Menjaga Semangat Kerja Tim

Karyawan adalah aset perusahaan. Pastinya Anda sering mendengar pernyataan tersebut. Terlepas setuju atau tidaknya dengan pernyataan tersebut, setidaknya pemimpin tetap memperhatikan karyawannya agar semangat kerja tim tetap terjaga. Karena seperti bisnis lainnya, sebuah startup dapat mengalami masa naik dan turun tanpa diduga. Dengan kepemimpinan yang tepat, Anda dapat membangun sebuah tim yang produktif dan solid dalam perusahaan.

Berikut beberapa tips produktivitas kerja yang dapat dicontoh dalam menjaga semangat tim di sebuah startup atau bisnis lain yang tengah Anda jalankan.

Luangkan Waktu Untuk Merayakan Keberhasilan Secara Kreatif

Ketika Anda berhasil mencapai target dalam bekerja, itu semua tak lepas dari hasil kerja tim Anda. Luangkan sedikit waktu untuk merenungkan apa yang sudah tercapai dan apresiasikan kepada tim Anda sebagai penghargaan atas apa yang sudah mereka lakukan dalam mencapai tujuan perusaan Anda.

Contohnya, berikan reward kepada tim anda layaknya pemberian penghargaan kepada karyawan terajin atau karyawan terbaik dan penghargaan-penghargaan kreatif lainnya. Hal-hal kreatif tersebut dapat memicu semangat kerja tim dan produktivitas.

Selalu Ingatkan Visi yang Ingin Dicapai Bersama Tim

Sebuah startup pastilah memiliki visi yang ingin dicapai, oleh karena itu, ingatkan selalu kepada tim Anda bahwa perusahaan memiliki visi yang harus dicapai bersama dengan tim. Ingatkan selalu kepada tim secara rutin, sehingga tim akan merasa termotivasi dan terus ingat bahwa ada visi yang harus dicapai.

Namun sebagai pemimpin, Anda juga harus memahami kesulitan-kesulitan yang dialami oleh tim Anda. Berikan penghargaan kepada tim Anda saat bersama-sama berhasil mencapai visi perusahaan.

Adakan Acara Rutin Internal

Mengadakan acara rutin internal dengan tim Anda di kantor dapat meningkatkan kedekatan serta semangat produktivitas kerja. Contohnya, sebulan sekali Anda bisa mengajak tim Anda untuk menonton film di akhir pekan. Atau mengadakan turnamen olahraga (futsal, bulutangkis, basket, dll) secara rutin.

Berjalan Beriringan dan Sama-Sama Ingin Melangkah Maju

Sebagai pemimpin yang baik, jangan hanya sekedar berada di belakang tim dan memberi perintah apa saja yang harus dilakukan. Cara terbaik adalah berjalan bersama dan memotivasi tim secara bersamaan. Hal tersebut akan meningkatkan kerja tim dengan baik. Pemimpin memang memiliki beban tanggung jawab lebih berat, namun dengan berjalan beriringan dan melangkah maju bersama, pekerjaan akan lebih menyenangkan untuk mencapai kesuksesan bersama.

Selalu Sediakan Kopi dan Cemilan

Salah satu faktor lain pendukung semangat kerja tim adalah minuman berkafein, yaitu kopi dan teh. Selalu sediakan minuman-minuman ini di kantor agar tim Anda mendapatkan energi tambahan ketika sedang mengantuk atau bosan. Tak boleh ketinggalan juga cemilan-cemilan kecil untuk tim Anda sebagai teman bekerja. Hal ini akan menambah semangat tim Anda dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.

Be Sociable, Share!