/4 Tips untuk Menekan Biaya Operasional Perusahaan

4 Tips untuk Menekan Biaya Operasional Perusahaan

Untuk mencetak keuntungan yang lebih besar, terkadang Anda perlu menekan biaya pengeluaran dan meningkatkan efisiensi bisnis perusahaan Anda. Meski terdengar sulit, nyatanya ada empat aksi nyata yang bisa Anda terapkan dengan cukup mudah dalam pekerjaan Anda sehari-hari. Meski terlihat sederhana, bila dilakukan secara konsisten, keempat tips berikut dapat memberikan dampak yang cukup besar bagi perusahaan tempat Anda bekerja.

 

Batasi penggunaan listrik
Listrik memang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita. Bayangkan jika tidak ada listrik, banyak kegiatan perkantoran yang terpaksa lumpuh. Namun, menggunakan listrik di kantor juga ada batasannya. Bila tidak, biaya operasional dan tagihan akan meningkat setiap bulanannya.

Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat energi. Contohnya seperti menggunakan lampu hemat energi di tiap ruangan. Kemudian matikan peralatan yang tidak terlalu dibutuhkan. Misalnya televisi, yang tidak efektif dan dapat mengganggu kinerja. Selain itu, sesuaikan pula suhu AC dengan pemakaian dan kapasitas ruangan. Terakhir, matikan semua peralatan elektronik yang tak diperlukan saat kantor tutup.

 

Pangkas anggaran rapat
Selain biaya tagihan listrik, biaya operasional terbesar lainnya berasal dari anggaran rapat. Terkadang Anda membutuhkan koordinasi antar kantor cabang di luar kota untuk sebuah proyek baru. Maka dari itu, Anda pun harus mengadakan meeting antar cabang di sebuah tempat tertentu.

Jelas hal ini akan memakan anggaran yang tak sedikit. Terutama menyangkut biaya sewa tempat jika menggunakan tempat seperti hotel dan hall. Belum lagi biaya perjalanan yang Anda dan karyawan gunakan selama menjalani rapat. Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya Anda mencoba mengandalkan teknologi tatap muka via internet. Dengan begitu, biaya sewa maupun biaya perjalanan akan terpangkas.

Baca juga: Empat Cara Mudah Tingkatkan Efisiensi Perusahaan

 

Tingkatkan kapasitas karyawan
Banyak orang mengatakan bahwa karyawan yang dapat diandalkan merupakan aset terbaik perusahaan. Tanpa bantuan karyawan yang bisa Anda percaya untuk mencapai hal-hal yang luar biasa, perusahaan Anda tidak akan mampu berkembang. Memiliki karyawan yang andal dan berdedikasi tidak lah mudah. Untuk mencapainya, Anda perlu mengadakan pelatihan agar dapat meningkatkan kapasitas mereka sekaligus membangun kesetiaan mereka terhadap perusahaan. Lagi-lagi, program pelatihan membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena harus mendatangkan pembicara, menyewa tempat hingga biaya perjalanan.

Mengapa tidak untuk melakukan pelatihan dari direksi atau karyawan senior yang lebih berpengalaman di kantor Anda? Pelatihan yang dilaksanakan oleh rekan internal kantor dapat membangun solidaritas antar departemen sekaligus meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, Anda juga bisa mengubah pola kerja karyawan untuk menjaga semangat kerja dalam tim, seperti memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah. Kebijakan ini dapat membantu karyawan Anda lebih nyaman dan semangat dalam bekerja, sekaligus meminimalisir biaya yang harus Anda keluarkan saat menampung banyak pekerja dalam suatu kantor.

Baca juga: 5 Cara Jitu Menjaga Semangat Kerja Tim

 

Evaluasi penggunaan inventaris kantor
Berikutnya adalah dengan mengevaluasi penggunaan peralatan atau inventaris kantor. Lakukanlah hal ini setiap satu bulan sekali. Anda bisa mengecek kembali benda apa saja yang masih dibutuhkan atau bahkan tidak lagi dibutuhkan untuk operasional perusahaan.

Penggunaan kertas dan mesin cetak, misalnya. Meski terlihat sederhana, nyatanya penggunaan kertas  dan mesin cetak bisa memakan biaya yang cukup besar. Mulai dari biaya servis mesin cetak, pembelian tinta, pembelian alat tulis, pembayaran listrik, hingga biaya yang habis untuk mengirimkan dokumen-dokumen cetak tersebut melalui kurir.

Untungnya, perkembangan teknologi yang ada saat ini sudah memungkinkan Anda untuk memangkas pengeluaran-pengeluaran tersebut. Teknologi tanda tangan digital misalnya, selain mampu memangkas biaya inventaris dan kurir yang kerap dihasilkan dokumen cetak, tanda tangan digital juga dapat mempercepat proses transaksi secara signifikan. Cara menggunakan tanda tangan digital pun tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan layanan tanda tangan digital yang sudah terpercaya seperti PrivyID.

Siapa bilang menekan biaya operisional perusahaan harus dilakukan dengan cara yang rumit? Sebaiknya segera Anda terapkan tips di atas demi bisa menghemat biaya operasional perusahaan secara maksimal.

Be Sociable, Share!