/Ajukan 4 Pertanyaan Ini Sebelum Memilih Layanan Tanda Tangan Digital

Ajukan 4 Pertanyaan Ini Sebelum Memilih Layanan Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital memang merupakan hal yang masih baru di Indonesia, tetapi sekaligus menjadi tren yang sangat positif bagi iklim bisnis. Tanda tangan digital mampu meningkatkan efisiensi bisnis sekaligus meningkatkan keamanan bagi penggunanya. Kedua hal ini tentu akan membawa keuntungan yang lebih tinggi. Jika Anda sudah sadar akan manfaat tanda tangan elektronik dan bahkan menemukan platform yang cocok, sebaiknya jangan terburu-buru. Sebelum Anda bekerja sama dengan platform tersebut, pastikan empat pertanyaan ini terjawab.

Apakah tanda tangan digital ini sudah memenuhi persyaratan hukum?
Pertanyaan pertama yang bisa Anda tanyakan adalah apakah platform tanda tangan digital ini Sudah memenuhi ketentuan hukum yang berlaku. Penggunaan tanda tangan digital memang sudah diakui oleh pemerintah Indonesia, namun hanya bila penyedia layanan tanda tangan digital mampu memenuhi beberapa persyaratan khusus. Penyedia layanan tanda tangan digital yang sudah diakui oleh pemerintah tidak akan segan menunjukkan sertifikasi legalitasyang ia miliki.

Baca juga: Pentingnya Menggunakan Tanda Tangan Digital yang Sah

Apakah tanda tangan digital ini aman?
Tanda tangan konvensional memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah kemudahannya untuk ditiru dan digandakan tanpa sepengetahuan Anda. Tanda tangan digital yang baik mampu melindungi Anda dari risiko tersebut. Penyedia layanan tanda tangan digital dengan tingkat keamanan yang tinggi harus dapat menjamin keamanan produk yang ia tawarkan. Sebelum Anda menjatuhkan pilihan Anda ke salah satu perusahaan penyedia layanan, tidak ada salahnya Anda menanyakan seberapa aman platform tanda tangan digital yang mereka miliki.

Baca juga: Raih ISO27001, PrivyID Jadi Startup Langka yang Fokus ke Keamanan Data

Apakah ada sertifikasi dari pemerintah setempat?
Tanda tangan digital tidak bisa sembarangan dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. Memilih penyedia layanan tanda tangan digital yang belum diakui oleh pemerintah bisa mengakibatkan hilangnya kekuatan hukum dokumen elektronik perusahaan Anda. Sebelum Anda menjalin kerja sama dengan suatu perusahaan penyedia layanan tanda tangan digital, pastikan terlebih dahulu apakah mereka sudah mempunyai sertifikasi dari pemerintah setempat. Misalnya apakah mereka sudah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika? Atau jika lini bisnis Anda akan berurusan dengan keuangan, apakah platform tersebut sudah diakui oleh regulator terkait?

Baca juga: Kominfo Lebih Ketat Awasi Perusahaan Penyedia Layanan Tanda Tangan Digital

Apakah ada studi kasus yang terpercaya?
Salah satu pertanyaan yang tidak kalah pentingnya adalah apakah platform tersebut mempunyai studi kasus atau klien yang terpercaya sebelumnya. Anda Perlu lebih berhati-hati terhadap penyedia layanan tanda tangan digital yang belum berpengalaman. Pasalnya, penyedia layanan tanda tangan digital akan memiliki andil yang penting pada kelancaran proses administrasi perusahaan Anda. Ada baiknya Anda telusuri terlebih dahulu track record suatu perusahaan penyedia layanan tanda tangan digital. Penyedia layanan tanda tangan digital yang telah memiliki pengalaman bekerja sama dengan perusahaan dari berbagai skala berarti memiliki tingkat kesiapan yang tinggi dan sudah teruji keandalannya.

Baca juga: 3 Cara Tanda Tangan Digital PrivyID Tingkatkan Efisiensi Bisnis

Apakah Anda sudah siap untuk mengajukan keempat pertanyaan di atas? Bila penyedia layanan tanda tangan digital pilihan Anda berhasil menjawab seluruh pertanyaan Anda dengan baik, selamat! Dalam waktu singkat, Anda sudah bisa duduk dengan tenang dan menikmati kemudahan tanda tangan digital dalam bisnis Anda. Bila ternyata perusahaan yang Anda tuju tidak mampu menjawab pertanyaan Anda dengan baik, ada baiknya Anda memilih penyedia layanan tanda tangan digital yang sudah terbukti bisa dipercaya seperti PrivyID. Pelajari lebih lanjut mengenai layanan PrivyID dengan mengunjungi www.privy.id atau download aplikasinya di smartphone Anda.

Be Sociable, Share!