/3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Tanda Tangan Digital

3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Tanda Tangan Digital

Tanda tangan diperlukan sebagai tolok ukur keabsahan sebuah dokumen. Namun, tanda tangan dengan cara konvensional menggunakan kertas terkadang bisa dipalsukan atau disalahgunakan. Untungnya, di era digital ini sudah hadir teknologi tanda tangan digital yang mampu menghindarkan kita dari risiko pemalsuan tanda tangan dan modifikasi isi dokumen elektronik.

Penggunaan tanda tangan digital di Indonesia juga sudah diatur dalam beberapa regulasi pemerintah, antara lain Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Namun, sebelum menggunakan tanda tangan digital, ada tiga hal penting yang perlu Anda perhatikan. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Kenali 3 Jenis Tanda Tangan Digital

Pastikan penyedia layanan memverifikasi data pribadi Anda

Data pribadi yang Anda masukkan saat akan mendaftarkan diri ke penyedia layanan tanda tangan digital harus valid dan masih berlaku. Penyedia layanan digital yang baik tidak akan menerbitkan tanda tangan digital tanpa adanya bukti identitas yang valid. Hal ini dikarenakan penyedia layanan tanda tangan digital juga perlu menerbitkan sertifikat digital yang bisa Anda gunakan sebagai identitas terverifikasi Anda dalam bertransaksi di dunia digital.

Jika dokumen ataupun data yang Anda serahkan pada masa pendaftaran tidak valid, tanda tangan digital akan berkurang keabsahannya. Bukan tidak mungkin perjanjian yang terkandung dalam dokumen yang ditanda tangani dengan tanda tangan digital yang tidak sah tersebut dinilai tidak memiliki kekuatan hukum.

Baca juga: 5 Prinsip Sistem Identitas Digital

 

Cek sistem keamanan perusahaan penyedia layanan tanda tangan digital

Penyedia layanan tanda tangan digital memikul tanggung jawab yang besar dalam menyimpan dan mengelola data pribadi penggunanya. Salah satu ciri-ciri penyedia layanan tanda tangan digital memiliki sistem keamanan yang mumpuni adalah perusahaan tersebut beroperasi dengan standar keamanan internasional. Seperti PrivyID misalnya, startup penyedia layanan tanda tangan digital pertama di Indonesia ini sudah memiliki sertifikasi ISO 27001 semenjak bulan Januari lalu.

Sertifikat jenis ini merupakan standar keamanan informasi yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization (ISO) dan International Elecrotechnical Commission (IEC) pada September 2013 lalu. Dua lembaga ini menetapkan standar sistem manajemen keamanan informasi atau Information Security Management System (ISMS).

Bila penyedia layanan tanda digital memiliki sertifikat seperti ini, maka Anda tak perlu khawatir lagi tentang data Anda. Bisa dipastikan data-data yang tersimpan terlindungi dengan baik dan aman. Data yang ada tersebut kemudian tersimpan secara otomatis dan bisa Anda gunakan ketika diperlukan.

 

Apakah penyedia layanan tanda tangan digital menggunakan sistem kriptografi asimetris?

Banyak orang berasumsi bahwa tanda tangan digital adalah tanda tangan basah yang dipotret kemudian diunggah ke perangkat elektronik. Ada juga yang berpendapat bahwa tanda tangan digital bisa dimiliki hanya dengan menggoreskan bentuk tanda tangan pada layar perangkat. Kedua anggapan ini merupakan salah kaprah yang besar.

Tanda tangan digital baru bisa dianggap benar ketika sudah menggunakan sistem kriptografi asimetris dan instrastruktur kunci publik. Sistem kriptografi ini yang mengakibatkan tanda tangan digital bersifat nir-sangkal serta memiliki kekuatan dan akibat hukum yang sah. Tanda tangan digital yang dibuat dengan teknologi ini mampu mendeteksi perubahan sekecil apa pun yang terjadi setelah dokumen elektronik ditanda tangani, juga mampu menunjukkan informasi identitas resmi penandatangan.

Meski terdengar sederhana, nyatanya tidak semua penyedia layanan tanda tangan digital mampu memenuhi ketiga hal di atas. Untuk itu, pastikan Anda tidak salah memilih penyedia layanan tanda tangan digital. Hanya pilih penyedia layanan tanda tangan digital yang sudah memiliki kredibilitas.

Be Sociable, Share!