/PrivyID Mengadakan Seminar Blockchain di Yogyakarta: Pengertian, Sistem, dan Keuntungan Blockchain

PrivyID Mengadakan Seminar Blockchain di Yogyakarta: Pengertian, Sistem, dan Keuntungan Blockchain

Seminar Blockchain yang dipandu oleh Bapak B. Noviansyah – (Doc. PrivyID)

PrivyID kembali mengadakan program seminar bagi timnya. Pada hari Sabtu dan Minggu, 10-11 Maret 2018 lalu di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, PrivyID menggelar seminar yang membahas tentang dasar-dasar ilmu dan cara kerja teknologi Public Key Infrastructure, asymmetric cryptography, dan blockchain. Acara yang dipandu oleh Bapak B. Noviansyah selaku pakar di bidang keamanan teknologi informasi ini diikuti oleh segenap keluarga besar PrivyID. Seminar diadakan dengan tujuan memberikan tim PrivyID pemahaman yang cukup mengenai teknologi yang melandasi platform PrivyID.

Sesi pertama acara dimulai dengan pemberian penjelasan umum mengenai apa itu asymmetric cryptography dan Public Key Infrastructure. Kedua teknologi ini merupakan sistem yang mendasari cara kerja PrivyID selaku penyedia jasa tanda tangan digital yang menjamin validitas identitas penggunanya. Melalui asymmetric cryptography, segala perubahan yang terjadi setelah dokumen ditandatangani secara elektronik melalui platform PrivyID dapat diketahui. Identitas pribadi penandatangan juga melekat pada tanda tangan elektroniknya, sehingga isi kesepakatan yang terdapat dalam dokumen elektronik tersebut tidak bisa disangkal.

Baca juga: Membangun Identitas Digital Indonesia

Public Key Infrastructure sendiri merupakan sebuah sistem infrastruktur yang mengatur kewenangan lembaga-lembaga untuk menerbitkan sertifikat elektronik yang berisi identitas elektronik pemiliknya. Dengan menganut sistem infrastruktur ini, sebuah lembaga sertifikasi induk (Root Certification Authority) dapat menunjuk lembaga-lembaga lainnya untuk menjadi  salah satu lembaga sertifikasi (Certification Authority) atau lembaga registrasi (Registration Authority). Dengan demikian, siapapun yang melakukan perjanjian ataupun bertransaksi secara elektronik dapat menjalankan aktivitasnya dengan rasa aman karena identitas pihak-pihak yang terlibat sudah terverifikasi dan dinilai valid.

Seminar Hari Kedua Dipandu oleh Bapak Marshall Pribadi (CEO PrivyID) – (Doc. PrivyID)

Sesi kedua acara merupakan sesi yang secara khusus membahas tentang sistem teknologi blockchain. Bapak Noviansyah menjelaskan, kehadiran teknologi Blockchain tidak serta merta dapat diterima dengan baik oleh seluruh kalangan. Ada yang menganggap bahwa blockchain akan menjadi teknologi pesaing yang lebih unggul sehingga membahayakan eksistensi industri yang sudah ada saat ini. Namun, ada juga yang menganggap bahwa adanya blockchain dapat membantu meringankan beban sekaligus meningkatkan keamanan berbagai kegiatan bisnis. Lebih lanjut, Bapak Noviansyah menjelaskan bahwa blockchain Itus endiri merupakan teknologi penyimpanan data yang juga dapat digunakan untuk bertransaksi. Salah satu kelebihan utama dari bertransaksi menggunakan teknologi blockchain adalah kita tidak perlu lagi menggunakan perantara untuk melakukan transfer uang ataupun data pribadi antara satu sama lain. Hal ini dikarenakan teknologi blockchain mengizinkan kita untuk melakukan pertukaran informasi maupun sumber daya secara langsung antara satu sama lain (Peer-to-peer). Blockchain membuat sebuah pengalihan kepercayaan terhadap keamanan sistem; bila pada transaksi konvensional kita mempercayai pihak ketiga, maka pada blockchain yang kita percayai adalah kode matematis yang ada pada sistem.

Menghilangkan perantara dalam proses transaksi membuka peluang keuntungan lainnya, seperti:

  • Transaksi lebih cepat. Penggunaan teknologi blockchain yang mengedepankan kepercayaan terhadap jaringan akan mempercepat proses transaksi. Dengan blockchain, kita tidak lagi memerlukan waktu yang panjang untuk mencapai suatu kesepakatan dalam berbisnis.
  • Transaksi lebih murah. Proses transaksi yang dilakukan secara langsung antara pihak-pihak yang bersangkutkan akan memangkas berbagai macam biaya, mulai dari konversi kurs mata uang hingga pembayaran komisi.
  • Lebih aman. Setiap data yang tersimpan pada jaringan Blockchain akan tersimpan dengan aman, transparan, dan runut, sehingga modifikasi informasi dan transaksi menjadi tidak memungkinkan.

Baca juga: Transformasi Industri Perbankan Jawaban Terhadap Revolusi Teknologi Digital

Baca juga: Persiapkan Diri Anda Untuk beralih ke Tanda Tangan Digital

Dengan adanya berbagai kelebihan tersebut, tentunya pengimplementasian teknologi blockchain pada platform tanda tangan digital di PrivyID merupakan sesuatu yang diharapkan akan terjadi. Lalu, bagaimana PrivyID akan menjalankan rencana tersebut? Ikuti terus blog kami untuk mengetahui kabar selanjutnya.

Seluruh Keluarga Besar PrivyID Foto Bersama dengan Bapak B. Noviansyah – (Doc. PrivyID)

Jangan lupa untuk mulai mengunduh aplikasi PrivyID untuk mulai menggunakan layanan tanda tangan digital yang terverifikasi dan terpercaya!

Be Sociable, Share!